KAJIAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) PUSKESMAS MIROTO KECAMATAN SEMARANG TENGAH KOTA SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.33633/visikes.v22i1Supp.7852Abstract
Latar Belakang : Indek Pembagunan Manusia (IPM) merupakan patokan penting dalam menentukan posisi daya saing suatu bangsa yang bisa dipengaruhi oleh bidang Kesehatan. Peningkatan IPM memerlukan peningkatan mutu layanan sarana kesehatan, sehingga Pemerintah menerapkan dasar acuan dalam mengevaluasi mutu layanan publik khususnya bidang kesehatan menggunakan Indek Kepuasan masyarakat. Penelitian ini untuk mengetahui indek kepuasan masyarakat atas layanan kesehatan pada wilayah kerja Puskesmas Miroto Kota Semarang.Metode : Penelitian kuantitatif secara cross sectional dengan sampel 286 responden dipilih secara acak. Penilaian terhadap 9 unsur layanan berdasar Permenpan & RB dikumpulkan melalui kuesioner skala linkert yang dibagikan pada bulan Oktober 2021. Analisis deskriptif untuk menghitung Nilai Persepsi, Nilai Interval Konversi, Mutu Pelayanan dan Kinerja Unit Pelayanan.Hasil : Hasil penelitian menunjukkan nilai indek rata-rata sebesar 2,84, nilai skor 71,56 dengan mutu pelayanan B dan Kinerja Unit Pelayanan kategori Baik.Simpulan : Dari Sembilan unsur penilaian, nilai terendah terdapat pada pelayanan yang tersedia dan berkesinambungan, keinginan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas. Pihak manajemen puskesmas miroto harus melakukan pembenahan khususnya secara internalDownloads
Published
2023-05-10
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License