GAMBARAN PENERIMAAN PASIEN TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI PUSTAKA DENGAN METODE UTAUT 2 DI PUSKESMAS TERAKREDITASI PARIPURNA KOTA SEMARANG

Muhammad Iqbal, Haikal Haikal, Bayu Yoni Setyo Nugroho, Lutfiyah Rizqulloh, Adelia Puspitasari

Abstract


Puskesmas menjadi ujung tombak dalam upaya mengurangi mobilitas penyebaran Covid-19. Permasalahan yang sering terjadi pada pelayanan rawat jalan di Puskesmas terkait dengan waktu tunggu yang lama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan. Dinas Kesehatan Kota Semarang memanfaatkan teknologi informasi dengan membuat PUSTAKA (Puskesmas Tanpa Tanya Di Kota Semarang). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sebaran penerimaan pengunjung Puskesmas Terakreditasi Paripurna (Gayamsari dan Halmahera) dalam pemanfaatan PUSTAKA di kota Semarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional dengan menggunakan pendekatan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2). Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2021 sampai Januari 2022 di Puskesmas Gayamsari dan Puskesmas Halmahera Kota Semarang. Sampel penelitian sebanyak 125 responden. Pengolahan data menggunakan Analisis Univariat. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa pasien memiliki harapan kinerja tinggi sebanyak 70 responden (56%), harapan usaha rendah sebanyak 63 responden (50,4%), pengaruh sosial rendah sebanyak 66 responden ( 52,8%, kondisi fasilitasi tinggi sebanyak 64 responden (51,2%), motivasi hedonis tinggi sebanyak 70 responden (56%), dan kebiasaan tinggi sebanyak 72 responden (57,6%).

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/visikes.v21i2Supp.6314

Article Metrics

Abstract view : 222 times
PDF - 189 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.site
stats View My Stats

 

Supporting Professional Organizations

iakmiahla