Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Dr. Oen SOBAtku Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs) Di Rumah Sakit Dr. Oen Solo Baru

Wihamara Elvando Swastara, Eti Rimawati, Haikal Faqih, Muhammad Iqbal

Abstract


Aplikasi Dr.oen SOBAtku adalah salah satu fitur pelayanan pendaftaran poliklinik yang dapat dilakukan secara online bagi para pengguna melalui smartphone maupun komputer yang terhubung ke internet di Rumah Sakit Dr. Oen Solo Baru. Tujuan keseluruhan dari penelitian skripsi ini yaitu untuk menganalisis sejauh mana  tingkat kepuasan pengguna sistem aplikasi pada sistem pendaftaran online di Rumah Sakit Dr. Oen Solo Baru menggunakan metode End User Computing Satisfaction.

 Desain penelitian ini adalah bersifat kuantitatif dengan menggunakan metode pendekatan Cross Sectional. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yang dilakukan dengan non probability sampling menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel sebesar 100 pengguna aplikasi Dr. Oen SOBAtku . Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui data primer dengan kuosioner yang disebatkan kepada responden kemudian diolah menjadi data statistic.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa paling banyak responden berjenis kelamin perempuan sebesar 52 orang, 52 responden memiliki usia lebih dari 33 tahun, 40 responden memiliki tingkat pendidikan D3, 35 responden memilih pekerjaan lainnya, serta kelima variabel End User Computing Satisfaction memiliki hubungan yang signifian terhadap kepuasan pengguna (satisfaction) aplikasi Dr. Oen SOBAtku di Rumah Sakit Dr. Oen Solo Baru. Hasil kepuasan pengguna pada variabel EUCS menunjukkan hasil yang sangat puas dengan skala interpretasi 3,26-40.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/visikes.v21i2Supp.6289

Article Metrics

Abstract view : 379 times
PDF - 285 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.site
stats View My Stats

 

Supporting Professional Organizations

iakmiahla