MUTU PELAYANAN RAWAT JALAN DI BALAI PENGOBATAN PUSKESMAS BULU LOR SEMARANG TAHUN 2012
DOI:
https://doi.org/10.33633/visikes.v12i1.624Abstract
Dari survei awal yang dilakukan untuk 20 responden, 75 % dari mereka menyatakan bahwamereka tidak puas dengan layanan rawat jalan yang disebabkan oleh durasi menunggu,antrian panjang, dan hampir tidak ada pemeriksaan oleh dokter. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui korelasi antara layanan dengan keunggulan pelayanan kesehatan rawat jalan diBulu Lor Pusat Kesehatan (Puskesmas) Semarang pada tahun 2012.Penelitian ini merupakan penelitian explanatory dengan pendekatan cross sectional. Sampeldiambil berdasarkan metode accidental sampling untuk 94 responden. Data primer diperolehmelalui wawancara dengan pasien dan dianalisis menggunakan Uji Rank Spearman.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pelayanan administrasi dilakukan denganbaik (50 %), dokter melayani dengan baik (60,6 %) dan kualitas obat baik (69,1 %). Adakorelasi antara pelayanan administrasi, pelayanan dokter dan pelayanan pengobatan dengankepuasan pasien.Berdasarkan hasil yang ditampilkan, supervisi dan evaluasi perlu dilakukan secara teraturmelalui survei kepuasan konsumen, tindak lanjut dari survei kepuasan konsumen diterapkandan peningkatan keterampilan petugas dalam memberikan perawatan kepada pasien melaluilayanan pelatihan keunggulan dibuat.Keywords : Layanan keunggulan, kepuasan pasien rawat jalanDownloads
Published
2013-04-13
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License