GANGGUAN POLA TIDUR PADA REMAJA GAMING DISORDER

Authors

  • Rendi Ariyanto Sinanto Universitas Ahmad Dahlan
  • Fatwa Tentama Universitas Ahmad Dahlan
  • Sitti Nur Djannah Universitas Ahmad Dahlan
  • Astry Axmalia Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.33633/visikes.v20i2.4917

Abstract

Addiction to online games can alter sleep patterns, which can put your health at risk. This study aims to determine how the sleep patterns of gaming disorder students. This study uses a qualitative design with a phenomenological approach, involving six participants with a purposive sampling technique and collecting data using interviews and observation. The credibility of data using member check and triangulation method, then using phenomenological analysis. While playing online games, all participants often stayed up late to be exhausted due to lack of sleep, then slept only during the day, felt dizzy, and disturbed concentration. Then all participants did not want to leave the game because they were not satisfied and could not control themselves. All participants experienced game addiction in the high category (100%) and a hobby of playing games. There are disturbances in sleep patterns due to playing online games, such as staying up late. Participants are expected to prioritize physical needs such as sleep rest and limit the hours of playing games to a maximum of two hours a day to reduce the risk of harmful health effects.Keywords: Sleep Pattern Disorder, Gaming Disorder, Student

Author Biographies

Rendi Ariyanto Sinanto, Universitas Ahmad Dahlan

Rendi Ariyanto Sinanto, penulis lahir pada tanggal 31 Maret 1994 di Fakfak. Memperoleh gelar Ahli Madya Keperawatan dari Poltekkes Kementerian Kesehatan Sorong pada tahun 2015. Pernah menjabat sebagai perawat pelaksana di Instalasi Gawat Darurat dan Ruang Operasi RSUD Fakfak, dan sebagai perawat di Klinik Fatima Fakfak dari 2015-2017. Kemudian memperoleh gelar Sarjana Keperawatan dari STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta pada tahun 2019. Kemudian memperoleh gelar Magister Kesehatan Masyarakat dengan peminatan Promosi Kesehatan di Universitas Ahmad Dahlan pada tahun 2021.

Fatwa Tentama, Universitas Ahmad Dahlan

Fatwa Tentama, penulis lahir pada tanggal 1 Oktober 1984 di Yogyakarta. Psikologi dengan konsentrasi di Psikologi Industri dan Organisasi, dan Psikologi Pendidikan. Memperoleh gelar Sarjana Psikologi dari Universitas Ahmad Dahlan pada tahun 2003. Kemudian memperoleh gelar Magister Psikologi dari Universitas Gadjah Mada dan Universitas Mercu Buana pada tahun 2008 dan 2009. Kemudian memperoleh gelar Doktor Psikologi pada tahun 2013 dari Universitas Persada Indonesia, Administrasi Indonesia. Dasar. Penulis adalah dosen aktif Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan hingga saat ini.

Sitti Nur Djannah, Universitas Ahmad Dahlan

Sitti Nur Djannah, penulis lahir pada tanggal 28 Mei 1964 di Pamekasan. Bidang keilmuan Kesehatan Masyarakat dengan konsentrasi Promosi Kesehatan. Memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Biologi dari IKIP Negeri Surabaya pada tahun 1988, kemudian memperoleh gelar Magister Kesehatan dari Universitas Airlangga pada tahun 1996, dan memperoleh gelar Doktor dari Universitas Sebelas Maret pada tahun 2017. Penulis merupakan PNS yang aktif mengajar di Universitas Ahmad Dahlan Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat hingga saat ini dengan jabatan fungsional sebagai Dosen Kepala, dan jabatan struktural sebagai Ketua Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan.

Astry Axmalia, Universitas Ahmad Dahlan

Astry Axmalia, penulis lahir pada tanggal 24 Desember 1993. Memperoleh gelar Ahli Madya Kebidanan dari STIKES Hang Tuah Pekanbaru pada tahun 2014. Kemudian meraih gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat dari STIKES Hang Tuah Pekanbaru pada tahun 2016. Penulis pernah bekerja di RS Sansani Pekanbaru dari 2017-2019. Kemudian memperoleh gelar Magister Kesehatan Masyarakat di Universitas Ahmad Dahlan pada tahun 2021.

Downloads

Published

2021-10-12

Issue

Section

Articles