Edugames Ular Tangga Electronik untuk Peningkatan Pengetahuan dan Literasi Tuberculosis Siswa Kelas 5 SDN Bangunharjo Semarang

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33633/visikes.v19i2.3982

Abstract

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Semarang, persentase penderita TB anak meningkat dari 20% di tahun 2018 menjadi 23% di tahun 2019. Perilaku pencegahan penularan ke populasi yang lebih luas perlu didorong dengan pengetahuan dan literasi yang adekuat. Media permainan edukasi perlu dikembangkan sesuai karakteristik dan minat anak dalam bentuk elektronik edugames agar dapat lebih mudah diakses secara luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas media terhadap peningkatan pengetahuan dan literasi TB. Jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre Eksperimen One Grup Pre Test Post Test dilakukan terhadap 66 siswa kelas 5 SDN Bangunharjo Semarang. Karena penelitian dilaksanakan dalam situasi pandemi, paparan media dan penilaian variabel sebelum dan setelah paparan media dilakukan secara online menggunakan google form. Uji statistik menggunakan Wilcoxon dan Uji Paired Sampe T-test. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan pengetahuan (p-value 0,001) dan literasi TB (p-Value 0,03) sebelum dan sesudah paparan media. Media edugames ular tangga electronik dapat digunakan dan diterapkan untuk siswa kelas 5 sekolah dasar lainnya dengan karakteristik sasaran yang relatif sama.Kata Kunci : Tuberkulosis, Pengetahuan, Literacy, Media, Ular TanggaKepustakaan: 40, 2006-2020

Downloads

Published

2020-11-03

Issue

Section

Articles