ANALISIS IMPLEMENTASI VERIFIKASI DIGITAL KLAIM (VEDIKA) DENGAN KEJADIAN TERTUNDANYA KLAIM BPJS KESEHATAN PADA BULAN JANUARI, FEBRUARI DAN MARET 2019 DI RS PANTI RAHAYU PURWODADI

Yatmi Wahyuni, Suharyo Suharyo

Abstract


Kecepatan verifikasi klaim merupakan hal penting dalam layanan kesehatan yang efektif dan efisien. BPJS Kesehatan mengambil kebijakan untuk mengganti sistem verifikasi klaim manual menjadi sistem elektronik. Perubahan tersebut dibutuhkan sistem verifikasi klaim transisi untuk memfasilitasi penyedia layanan kesehatan yang disebut vedika BPJS Kesehatan. 2 dari 6 rumah sakit di Purwodadi Grobogan telah menerapkan sistem vedika pada akhir tahun 2018, dan Rumah Sakit Panti Rahayu Purwodadi telah menerapkan sistem vedika pada bulan Oktober 2018. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan sistem vedika dengan kejadian tertundanya klaim BPJS Kesehatan pada bulan Januari, februari dan Maret tahun 2019. Metode kualitatif melalui wawancara mendalam digunakan pada penelitian ini. Informan kunci adalah pemegang kebijakan di Rumah Sakit Panti Rahayu dan sebagai triangulasi adalah informan karyawan casemix dengan berdasarkan petunjuk teknis verifikasi klaim dari Ditjen Pelayanan BPJS Nomor 18 Tahun 2017. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sistem vedika belum efektif karena masih terdapat pengembalian berkas klaim serta keterlambatan pembayaran klaim. Hal tersebut disebabkan tulisan dokter tidak jelas, kelengkapan persyaratan klaim yang kurang, perawatan satu episode rawat jalan dan rawat inap, severity level 3, jumlah petugas casemix yang terbatas, pemahaman DPJP tentang koding dan diagnose masih kurang, serta tidak ada pemantauan dan evaluasi implementasi sistem vedika. Jumlah kasus klaim yang bertambah banyak setiap bulan menyebabkan pengajuan klaim terlambat yang menyebabkan keterlambatan pembayaran klaim. Kesalahan yang sama masih terulang karena tidak adanya pemantauan dan evaluasi. Klaim dikatakan berhasil jika dibayar tepat https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/visikes 76 VISIKES Vol. 18 No.2 Februari 2020 (Edisi Supplement) waktu 100%. Oleh karena itu perlu diadakan pelatihan tentang pengembangan kapasitas petugas.

 

Kata kunci : BPJS Kesehatan, Vedika, pembayaran klaim


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/visikes.v18i2.3689

Article Metrics

Abstract view : 916 times
PDF - 1248 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.site
stats View My Stats

 

Supporting Professional Organizations

iakmiahla