Hubungan perilaku hidup sehat orang tua balita dengan literasi KMS (Kartu Menuju Sehat) sebagai sumber informasi tumbuh kembang balita

Dyah Ernawati, Faik Agiwahyuanto

Abstract


Masa tumbuh kembang anak adalah suatu masa dimana anak tersebut mencapai tinggi badan, berat badan, dan perkembangan dari sisi motorik kasar serta halus secara optimal. Masa tumbuh kembang anak ada di usia 0-5 tahun, usia keemasan (the golden ages period). Hal ini penting, karena termasuk dalam 1000 hari kehidupan pertama. Dalam rangka pemenuhan gizi balita, maka dibentuklah Posyandu sebagai sarana untuk memantau tumbuh kembang anak serta tempat untuk memberikan pemberian makanan tambahan dan pemberian vitamin. Untuk itu  maka penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan literasi KMS dengan perilaku sehat orang tua balita.

Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif yaitu menggunakan kuesioner untuk mengetahui budaya perilaku hidup sehat orang tua, dan literasi buku KMS. Selanjutnya dilakukan dilakukan pelatihan literasi buku KMS dan perilaku hidup sehat. Hasil kuesioner dianalisis secara kuantitatif.

Hasil penelitian bahwa Sig literasi KMS pada perilaku hidup sehat orang tua = 0,000 < 0,05 dan Sig perilaku hidup sehat orang tua pada literasi KMS =0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak artinya Ada korelasi/ hubungan antara Literasi KMS dan Perilaku hidup sehat orang tua.

Ibu dengan balita dianjurkan untuk memperbarui data di KMS setiap bulan dengan membawa balita ke posyandu untuk ditimbang. Dengan memantau pertumbuhan anak melalui KMS ini, dokter dapat menentukan apakah seorang anak tumbuh normal, atau mengalami gangguan pertumbuhan sehingga dapat didagnosis dan ditangani lebih dini.

 

Kata Kunci: KMS, Perilaku Sehat Orang Tua, Balita, Posyandu


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/visikes.v18i2.3672

Article Metrics

Abstract view : 452 times
PDF - 423 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.site
stats View My Stats

 

Supporting Professional Organizations

iakmiahla