HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI MAHASISWA TENTANG MUTU PELAYANAN POLIKLINIK DIAN NUSWANTORO DENGAN KEPUTUSAN PEMANFAATAN ULANG DI UPT POLIKLINIK DIAN NUSWANTORO SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.33633/visikes.v14i2.1201Abstract
UPT Poliklinik Dian Nuswantoro didirikan untuk memberikan fasilitas pelayanan kesehatankepada mahasiswa. Berdasarkan survei awal di dapatkan sebesar 46,7% mahasiswamenyatakan puas dan 53,4% mahasiswa menyatakan tidak puas oleh pelayanan yang adadi Poliklinik Dian Nuswantoro. Tujuan penelitian untuk menggambarkan hubungan antarapersepsi mahasiswa tentang mutu pelayanan poliklinik dian nuswantoro dengan keputusanpemanfaatan ulang di UPT poliklinik dian nuswantoro Semarang.Jenis penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampelsebanyak 95 responden dengan cara pengambilan sampel secara kebetulan yang bertemudengan peneliti. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data denganmenggunakan uji korelasi Rank Spearman. Sebagian besar persepsi mahasiswa tentang fasilitas buruk (69,5%), tentang pelayanan buruk(50,5%), tentang tenaga medis dan tenaga non medis buruk (56,8%), mahasiswa tidakmemanfaatkan ulang pelayanan di Poliklinik (73,7%), tidak ada hubungan antara Persepsimahasiswa tentang fasilitas di Poliklinik Ï-value 0,501 > 0,05, tidak ada hubungan antaraPersepsi mahasiswa tentang pelayanan di Poliklinik dengan Keputusan Pemanfaatan UlangPelayanan Kesehatan di UPT Poliklinik Dian Nuswantoro dengan Ï-value 0,301 > 0,05 danada hubungan antara persepsi mahasiswa tentang tenaga medis dan tenaga non medis diPoliklinik Ï-value 0,043 < 0,05 dengan Keputusan Pemanfaatan Ulang Pelayanan Kesehatandi UPT Poliklinik Dian Nuswantoro.Kata Kunci : Persepsi, Poliklinik, Mutu Pelayanan, Pemanfaatan UlangDownloads
Published
2016-07-14
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License