PERBEDAAN KUALITAS PELAYANAN ANTARA PASIEN DINAS DAN PASIEN UMUM DI BAGIAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN DI DETASEMEN KESEHATAN PANGKALAN LANUMAD AHMAD YANI SEMARANG

Lutfatila Masitoh Masitoh, Eti Rimawati

Abstract


Permasalahan kualitas pelayanan pada pasien dibagian pendaftaran rawat jalan diDENKESLAN adalah karyawan yang kurang peduli terhadap pasien yang berobat keDENKESLAN, hal ini terlihat sebesar 70% pasien merasa tidak puas terhadap pelayananrawat jalan di DENKESLAN. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaankualitas pelayanan antara pasien dinas dan pasien umum dibagian pendaftaran DENKESLAN.Penelitian ini merupakan jenis penelitian analitik, dengan pendekatan cross sectional. Jumlahsampel penelitian adalah 30 pasien dinas dan 30 pasien umum, yang diambil secara accidentalsampling dengan kriteria inklusi pasien sudah melakukan pelayanan. Analisis yangdigunakan adalah uji beda (uji t).Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan antara emphaty pasien dinas dengan pasienumum (p value 0,001 < 0,05) dan ada perbedaan assurance pasien dinas dan pasien umum(p value 0.0001 < 0,05). Peningkatan kualitas pelayanan antara pasien dinas dan pasien umum, meningkatkan kualitaspelayanan kepada pasien yang difokuskan kepada petugas bagian pendaftaran dalam upayauntuk meningkatkan kualitas layanan pasien dinas dan pasien umum, meningkatkan kapabilitasdan komitmen petugas bagian pendaftaran dan meningkatkan kepercayaan dan kepuasanpasien.

Kata kunci :Empaty, Assurance, Kepuasan Pasien.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/visikes.v14i2.1199

Article Metrics

Abstract view : 420 times
PDF - 171 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.site
stats View My Stats

 

Supporting Professional Organizations

iakmiahla