KEPUASAN PESERTA ASURANSI KESEHATAN TERHADAP PELAYANAN DOKTER KELUARGA DI KABUPATEN SEMARANG

Authors

  • Ardiana Indah Puspita Staf Rumah Sakit Kesdam IV/Diponegoro Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33633/visikes.v13i1.1116

Abstract

Pelayanan dokter keluarga bertujuan untuk memperluas dan memberikan pelayanan yanglebih baik bagi peserta Asuransi Kesehatan. Program Dokter Keluarga di Kabupaten Semarangsudah dilaksanakan sejak tahun 2005. Jumlah peserta Askes yang terdaftar 39.169 dari total55.795. Survey awal terhadap peserta Askes dokter keluarga terdapat ketidakpuasan tentangfasilitas pelayanan di dokter keluarga. Tujuan Penelitian adalah mengetahui tingkat kepuasanpeserta asuransi kesehatan sosial terhadap dimensi tangible di pelayanan dokter keluarga.Penelitian ini termasuk jenis deskriptif analitik menggunakan rancangan cross sectional.Instrumen penelitian menggunakan kuesioner untuk mengukur tangible. Data dianalisamenggunakan Importance-Performance Analysis (IPA) dimasukkan dalam diagram kartesius.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pelaksanaan dimensi tangible adalah 3,69 danrata-rata kepentingan menurut pasien adalah 3,87. Dimana skor pelaksanaan terendah adalahkebersihan di lingkungan praktek dokter keluarga (359) dengan skor kepentingan 368, sehinggamasuk ke dalam kuadran A.Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Dokter Keluarga, Asuransi Kesehatan

Downloads

Published

2016-06-05

Issue

Section

Articles