ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP MINAT BELI PADA PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA

Authors

  • Yolla Margaretha Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Maranatha, Bandung 40164

Abstract

Dewasa ini persaingan sangat ketat dalam penyelenggaraan jasa pendidikan, hal itu merupakan bentuk respon timbal balik menanggapi jumlah kebutuhan akan jasa yang selalu meningkat. Magister Manajemen (MM) Universitas Kristen Maranatha (UKM) sebagai salah satu sekolah bisnis ternama di Indonesia hadir untuk menjawab kebutuhan akan pendidikan strata S2 (Program Pasca Sarjana), yang tentunya siap untukbersaing di tengah ketatnya persaingan jasa pendidikan. Salah satunya dengan mengupayakan strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang merupakan sebagai salah satu faktor dalam mempengaruhi minat beli (intense to buy) konsumen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 177 responden. Pengolahan data dengan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 14 dengan analisis deskriptif dan verifikatif, dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda. Koefisien determinasi (Adjusted R Square) adalah sebesar 0,339. Hal ini menunjukkan bahwa variable-variabel bebas yang diteliti mampu menjelaskan 33,9% pengaruh bauran pemasaran terhadap minat beli pada Program MM UKM, sementarasisanya 66,1% dijelaskan oleh variable-variabel bebas lain yang tidak diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat variabel dari bauran pemasaran jasa yaitu Product, Price, Physical Evidence, dan Process mempunyai pengaruh terhadap minat beli pada Program MM UKM. Sedangkan tiga variabellainnya yaitu Place, People, dan Promotion, ternyata tidak mempunyai pengaruh terhadap minat beli padaPogram MM UKM.Kata kunci: Bauran Pemasaran, Minat Beli, Magister Manajemen.

Downloads

Published

2011-04-16