Implementasi Augmented Reality Pada Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Fotosintesis Untuk Siswa Kelas 5 SD Budi Luhur Pondok Aren

Authors

  • Fenty E.M.A,MKom
  • Rayi Pradono I.,MSc
  • Dewi Nurochmah

Abstract

Pemanfaatan Augmented Reality pada media pembelajaran yang bersifat interaktif bertujuan untuk menarik minatbelajar siswa dan membantunya memperoleh pengalaman yang berbeda dalam mendapatkan informasi mengenaivisualisasi proses fotosintesist. Aplikasi ini diberi nama PlantAR dan dikembangkan menggunakan metodepengembangan aplikasi menggunakan IMSDD (Interactive multimedia system design and development) yangmempunyai empat tahapan, yaitu (1) system requirement, yaitu mengumpulkan kebutuhan system yang akandikembangkan; (2) design consideration, yaitu membuat desain interaktif dari aplikasi PlantAR; (3) implementation,yaitu membuat antarmuka interaktif menggunakan Adobe Flash CS3 dan pembuatan Augmented Reality menggunakansoftware 3DMax serta stage editor Openspace3D; (4) evaluation, ditinjau dari aspek interaksi manusia dan komputer,kualitas perangkat lunak dan aspek manfaat pembelajaran. Berdasarkan hasil evaluasi, aplikasi pembelajaranfotosintesis ini dapat membantu siswa dalam mendapatkan visualisasi proses fotosintesis dengan pengalaman baru danmenarik, serta membantu guru dan siswa dalam menciptakan proses pembelajaran fotosintesis secara berbeda danlebih menarik. Dari hasil kuisioner kepada 60 responden yang terdiri dari siswa kelas 5 SD Budi Luhur disimpulkanbahwa 83% siswa menyatakan bahwa desain animasi 3D pada media pembelajaran PlantAR ini mudah digunakandan menarik minat belajar.Kata Kunci: 3D, Visualisasi, Fotosintesis, Augmented Reality

Downloads

Published

2015-05-29

Issue

Section

INFORMATIC