Analisis Ketertarikan Bermain Gamelan dengan Perangkat Lunak E-Gamelanku pada Remaja Menggunakan Metode Wilcoxon’s Sign Rank Test
Authors
Andika Budhi Wisdiantoro
Fatoni Kurniawan
Abstract
"> Gamelan merupakan suatu alat musik tradisional yang berasal dari Indonesia dimana cara memainkannya adalah denganmengetuk secara bersama-sama sehingga membentuk suara harmoni yang indah. Saat ini banyak remaja yang tidak mengenaldan mengerti alat musik tradisional Gamelan, kebanyakan dari mereka lebih mengenal alat musik dari budaya asing sepertiguitar, biola, dan piano. Diusulkan sosialisasi yang dilakukan dibeberapa SMA di kota yang berbeda-beda sebagai wujudpengabdian dan upaya meningkatkan kecintaan remaja dalam bermain gamelan. Dengan melakukan uji tingkat (Wilcoxon’sSign Rank Test) dalam tertarikan remaja terhadap memainkan gamelan sebelum dan sesudah melalui pelatihan dengan eGamelanKU. E-GamelanKU adalah sebuah perangkat lunak yang diadaptasi dari alat musik gamelan asli serta dapatdimainkan secara bersamaan. E-GamelanKU tidak berbeda dengan gamelan aslinya karena suara, cara memainkan, dandesainnya sama.Kata kunci: Gamelan, Ketertarikan, Remaja, Sosialisasi, E-GamelanKU