Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Untuk Mengidentifikasi Pemanfaatan Internet Usaha Kecil dan Menengah Sumatera Selatan

Authors

  • Wiwin Agustian
  • Rusmin Syafari

Abstract

ne"> Usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia secara umum telah mampu membuktikan diri menjadi salah satu pilarperekonomian nasional. Beberapa perusahaan penyedia layanan internet kelas dunia bahkan telah berani untuk memberikanjasa mereka membantu UKM Indonesia agar dapat melakukan penetrasi pasar yang lebih besar bagi produk UKM. Googlesebagai salah satu penyedia layanan internet bagi UKM Indonesia, pada tahun 2012 telah meluncurkan program “Bisnis LokalGo On-Line†dengan menyediakan domain dan hosting gratis selama setahun, dan mencapai target hingga 100.000 bisnisIndonesia yang sudah online. Kajian untuk menghasilkan data yang spesifik mengenai pemanfaatan internet oleh pelaku UKMSumatera selatan, dan untuk memperbarui data permasalahan yang dihadapai UKM Sumatera Selatan, serta untuk mengetahuikemampuan UKM Sumatera Selatan dalam mengadopsi teknologi berbasis internet merupakan tujuan yang akan dicapaidalam penelitian ini. Untuk itu, peneliti akan mengadopsi pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dengan ujistatistik menggunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM). Dalam pengumpulan data dilakukan dengan tekniksampling pada tiga lokasi yaitu Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, dan Kota Prabumulih dengan sasaran pada UKMyang menghasilkan komoditi unggulan daerah masing-masing. Dengan adanya hasil kajian tersebut, pemerintah SumateraSelatan dan institusi ataupun lembaga yang terkait serta perusahaan besar yang memperdulikan keberadaan UKM Indonesia,akan dapat memetakan strategi yang tepat bagi peningkatan pendapatan UKM khususnya di wilayah Provinsi SumateraSelatan.

Downloads

Published

2014-11-15

Issue

Section

INFORMATIC