Peningkatan Hard Skills dan Soft Skills Mahasiswa Melalui Metode Pembelajaran Menulis Teks Bahasa Inggris Berbasis Genre
Authors
Sri Mulatsih
Universitas Dian Nuswantoro
Abstract
Proses pembelajaran di perguruan tinggi seharusnya mampu membentuk mahasiswa memiliki kemampuan teknis berkenaan dengan bidang ilmu yang mereka pelajari (hard skills) dan kemampuan non-teknis di luar bidang ilmu yang mereka perlukan di dunia kerja atau kehidupan bermasyarakat (soft skills). Namun, kenyataanya sebagian besar proses dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan dosen saat ini masih menekankan pada pencapaian kompetensi hard skills, dan kurang memperhatikan pencapaian kompetensi soft skills. Dalam rangka menyeimbangkan pencapaian hard skills dan soft skills mahasiswa setelah mengikuti proses pembelajaran maka pengembangan suatu model pembelajaran yang memungkinkan dosen dan mahasiswa mencapai kedua jenis skills tersebut sangat diperlukan. Berdasarkan hal tersebut tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran menulis teks Bahasa Inggris berbasis genre akan meningkatkan hard skills dan soft skills mahasiswa.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan 3 siklus yang masing-masing siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan pengamatan. Objek penelitian ini adalah 25 mahasiswa semester 4 program studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Dian Nuswantoro yang  mengambil mata kuliah Advanced Genre-Based Writing. Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks bahasa Inggris berbasis genre dapat meningkatkan hard skills dan soft skills mahasiswa. Peningkatan hard skills mahasiswa dapat dilihat dari kenaikan rata-rata masing-  masing siklus, sedangkan soft skills mahasiswa dapat dilihat dari perilaku mahasiswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas misalnya kemampuan mereka dalam bekerja sama dengan temannya, kemampuan berbicara di depan umum, menghargai orang lain, dan lain-lain.