RANCANG BANGUN RESPON DUA AGEN OTONOM DALAM AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN METODE LOGIKA FUZZY

Authors

  • Dani Widinugroho Jurusan Teknik Elektro ITS, Surabaya 60111
  • Moch. Hariadi Jurusan Teknik Elektro ITS, Surabaya 60111

Abstract

Perkembangan penelitian kecerdasan buatan dapat dimanfaatkan untuk melakukan penelitian mengenai kecerdasan dalam permainan termasuk dalam augmented reality (AR). Respon dua agen otonom akan disimulasikan dengan menggunakan pendekatan metode logika fuzzy. Penelitian ini tentang bagaimana membangun respon dua agen otonom sehingga mampu merespon gerakan satu dengan lainnya menggunakan logika fuzzy. Dalam penelitian ini akan ditetapkan dua perilaku agen otonom. Pertama adalah perilaku mengejar yang diterapkan pada agen pertama. Dan kedua adalah perilaku menghindar yang akan diterapkan pada agen kedua.Untuk membangun respon kedua agen otonom menggunakan logika fuzzy metode Mamdani. Agen pertama mempunyai dua variabel input yaitu jarak dan kekuatan sertasatu output berupa ketangkasan agen pertama. Didapat 9 aturan fuzzy untuk agen pertama dengan harapan keberhasilan 0,9 %. Agen kedua mempunyai dua variabel input yaitu ketangkasan agen pertama dan kewaspadaan agen kedua, serta satu output berupa ketangkasan agen kedua ketika menghindari agen pertama. Didapat 6 aturan fuzzy untuk agen kedua dengan kemungkinan keberhasilan 0,6%.Kata kunci : agen otonom, respon agen, logika fuzzy, augmented reality (AR).

Downloads

Published

2011-04-16