RANCANG BANGUN SOFTWARE SIMULASI PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ANT COLONY SYSTEM PADA KASUS TRAVELING SALESMAN PROBLEM

Rindra Yusianto, Budi Setyo Utomo

Abstract


Abstrak Dalam kehidupan sehari-hari seringkali manajer atau pengambil keputusan dihadapkan pada suatu permasalahan yang membutuhkan metode tertentu untuk memecahkannya. Salah satu permasalahan tersebut adalah Traveling Salesman Problem (TSP). TSP secara alami muncul sebagai sub masalah dalam berbagai aplikasi transportasi, sebagai contoh masalah dalam menyusun rute kota yang harus dilalui oleh seorang kurir (salesman) agar tidak terlalu jauh jarak yang ditempuh. Adapun algoritma yang digunakan untuk memecahkan permasalahan TSP tersebut adalah Ant Colony System. Dimana algoritma tersebut akan dibandingkan dengan beberapa algoritma lain yaitu algoritma simple insertion, local search, nearest neighbor with local search. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah software simulasi yang dapat membantu manajer atau pengambil keputusan untuk memecahkan permasalahan TSP. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa algoritma Ant Colony System mampu menghasilkan solusi yang lebih optimum dibandingkan dengan algoritma lainnya untuk jumlah kota yang lebih banyak.

Keywords : Traveling Salesman Problem, Algoritma Ant Colony System


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 284 times
PDF - 272 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.