DASHBOARD MONITORING SYSTEM PENJUALAN DAN REWARD MOBILE KIOS PT. TELEKOMUNIKASI SELULER
Abstract
Paper ini membahas pengembangan dashboard monitoring system (DMS) pada penjualan dan reward di PT.Telekomunikasi Seluler (Telkomsel). DSM dikembangkan sebagai solusi atas permasalahan pada sistem pengolahan data transaksional penjualan di MKios (mobile kios) PT. Telkomsel yang masih menggunakan exell, berbentuk tabel, angka, dan ribuan kolom transaksi. Tahapan pengolahannya terdiri dari short, vlookup dan filter data. Pengolahan data tersebut membutuhkan waktu yang lama, dan rentan terhadap adanya kesalahan. Untuk memecahkan permasalahan ini,dilakukan pengembangan DMS dengan metode data URL (uniform resource located). Melalui metode data URL, visualisasi informasi pada DMS cukup dilakukan dengan cara membrowse file yang akan diimport, dan data akan ditampilkan secara visual dalam bentuk dashboar penjualan dan reward MKios PT. Telkomsel. Setelah dilakukan pengujian dan analisa, diketahui bahwa penerapan DSM dapat memudahkan manajer PT. Telkomsel dalam mengolahdata, memonitor transaksi detail penjualan, mendukung pengklasifikasian dan pemberian reward secara cermat, memaksimalkan pencapaian nilai KPI (key performance indicator), mendukung pengambilan keputusan, serta mampu menerapkan prinsip dan cara kerja increase wrench time.Kata kunci : Dashboard, Monitoring, Reward, Increase Wrench TimeDownloads
Published
2012-06-23
Issue
Section
INFORMATIC