ANALISIS SISTEM PEMBELAJARAN DETEKSI DAN KOREKSI KESALAHAN BIT PADA KOMUNIKASI DATA DENGAN PENDEKATAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

MY. Teguh Sulistyono

Abstract


Free Discovery Learning adalah metode pembelajaran akan berjalan dengan baik dan kreatif jika pendidik memberi kesempatan kepada siswa untuk menemukan suatu aturan (termasuk konsep, teori, definisi, dsb.) melalui contoh-contoh yang menggambarkan (mewakili) aturan yang menjadi sumbernya. Siswa dibimbing secara induktif untuk memahami suatu kebenaran umum hingga dapat mendefinisikan sendiri. Deteksi dan koreksi kesalahan bit dalam komunikasi data adalah salah satu materi yang diajarkan pada mahasiswa disebuah Perguruan Tinggi dengan sifat materi yang diajarkan adalah abstrak, dengan kata lain materi yang diajarkan tidak bisa dilihat melalui panca indra. Dengan tidak adanya dukungan media pembelajaran berbasis komputer (multimedia) pada materi deteksidan koreksi kesalahan pada komunikasi data, maka menimbulkan beberapa kesulitan yang dialami pengajar misalnya bagaimana menggambarkan deteksi dan koreksi kesalahan bit pada saat komunikasi data. Hal ini sulit bagi pengajar untuk menggambarkan proses tersebut dengan mengandalkan media pembelajaran yang ada dalam pelajaran teori, dan juga sulitnya menggambarkan ketika proses tersebut dipraktekkan dalam dunia nyata. Hal diatas juga dirasakan oleh mahasiswa yang memiliki keragaman tingkat pemahaman yang berbeda menjadikan hubungan emosional mahasiswa dengan mata pelajaran yang dipelajari menjadi rendah. Media pembelajaran yang dibuat untuk tujuan membantu pengajar dalam prosesbelajar mengajar dan bagi mahasiswa untuk membantu mempercepat proses pemahaman sehingga tujuan pembelajaran akan mudah dicapai.

Kata kunci : Free Discovery Learning, Komunikasi Data, Deteksi Dan Koreksi Kesalahan Bit, Multimedia, Media Pembelajaran


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 429 times
PDF - 307 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.