ANALISA DAN MANAJEMEN STRATEGIS DALAM MEMBANGUN B2C E-COMMERCE : (STUDI KASUS UKM GRABAH PLERED PURWAKARTA)

Authors

  • Taqwa Hari Guna Jurusan Teknik Informatika, STMIK AMIKOM Purwokerto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah perusahaan e-commerce, produk yang akan dijual adalah kerajinan grabah milik ukm-ukm yang ada di kecamatan Plered, kabupaten Purwakarta Jawa Barat, untuk peningkatan penjualan kerajinan grabah serta memperluas market share yang akan dipasarkan melalui media online. Metode penelitian yang di pakai adalah manajemen strategis J. David Hunger & Thomas L. Wheelen. Teknik analisis yang digunakan ada dua, 1. Analisa Eksternal: Teknik yang dipakai PEST untuk lingkungan social dan Porter Five Force untuk lingkungan tugas, 2. Analisa Internal: Teknik yang dipakai adalah Value Chain.. Hasil yang di dapat dari penelitian adalah sebuah kerangka kerja dalam pembangunan ecommerce dengan pendekatan B2C yang akan digunakan pada ukm-ukm kerajinan grabah di kecamatan Plered dan website e-commerce sebagai media transaksi pembelian.Kata kunci : E-Commerce, Manajemen, Strategis, UKM

Downloads

Published

2011-04-16