TINGKAT KEMATANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI (IT GOVERNANCE) PADA LAYANAN DAN DUKUNGAN TEKNOLOGI INFORMASI (KASUS : PERGURUAN TINGGI SWASTA DI KOTA SEMARANG)

Authors

  • Bambang Supradono FakultasTeknik, Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang 50254

Abstract

Layanan dan dukungan (service and support) teknologi informasi (TI) pada tata kelola teknologi informasimerupakan bagian yang strategis dalam menjamin ketersediaan dan keberlanjutan penerapan proyek teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kematangan (maturity) atas prosesproses layanan dan dukungan TI pada berbagai institusi perguruan tinggi swasta di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metodologi kerangka kerja COBIT yang dikembangkan IT Governance Institute (ITGI) yang berbasis di Amerika Serikat untuk kontrol dan audit TI dengan fokus pada domain “delivery and support (DS)â€. Hasil dari penelitian yang menggunakan sampel 10 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Terbaik di Kota Semarang menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kematangan (maturitylevel) Perguruan Tinggi Swasta di Kota Semarang sebagian besar sudah cukup baik yaitu di atas skala 3 (defined). Dengan distibusi tingkat kematangan pada Perguruan Tinggi Swasta di Kota Semarang dapat diklasifikasikan dalam 3 kelompok tingkat kematangan layanan teknologi informasi, yaitu tingkat maturity â€Rendah†sebanyak 2 PTS, tingkat maturity “Sedang†sebanyak 5 PTS dan tingkat maturity “Tinggi†sebanyak 3 PTS.Kata Kunci : Layanan dan dukungan, Tingkat kematangan, COBIT

Downloads

Published

2011-04-16