Analisis Pengaruh Sales Growth Dan Firm Size Terhadap Nilai Perusahaan Pada PT.Primarindo Asia Infrastruktur Tbk

Elfan Muhamad Alfarizi, Aris Munandar, Aliah Pratiwi

Abstract


This study aims to examine the effect of sales growth and firm size on firm value. This type of research includes quantitative research using secondary data obtained from the analysis of financial statements on the website www.idx.co.id. The population in this research is the financial statements of PT. Primarindo Asia Infrastructure Tbk for 12 years (2013-2023). The method used in selecting the sample was purposive sampling and determining the sample based on the criteria set by the researcher with a 10-year sample. Based on secondary results of data processing using multiple linear regression analysis, F test, t test, it is known that sales growth and firm size simultaneously have a significant effect on firm value. Partially, the results of this study indicate that the sales growth variable has no positive and significant effect on firm value. Meanwhile, firm size has a negative and significant effect on firm value. Sales growth and company size have a positive and significant effect on firm value.


Full Text:

PDF

References


Aditama, F. 2015. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Institusional Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Hutang Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. Skripsi. http://lib.unnes.ac.id/22289/1/7211411063-s.pdf. Diakses tanggal 25 Maret 2019

Abdul Muid, Moch. Ronni Noerirawan, (2012). Pengaruh faktor internal dan eksternal perusahaan terhadap nilai perusahaan. Jurnal Akuntansi Vol.1 No.2, hal.4

Asmawi, Almas Rizqy Ghassani. 2018. “Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening.” Universitas Islam Indonesia.

Bursa Efek Indonesia. Laporan Keuangan Dan Tahunan. https://www.idx.co.id/perusahaan-tercatat/laporankeuangan-dan-tahunan/.

Brigham, Eugene F. dan Houston, Joel F. 2011. Dasar-dasar Manajemen KeuanganTerjemahan. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Claudia Meygriza Dolontelide, Anneke Wangkar (2019). Pengaruh Sales Growth Dan Firm Size Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. jurnal EMBA Vol.7 No.3 Juli 2019, Hal. 3039 – 3048

Dewi, I. A. P. T., dan Sujana, I. K. 2019. Pengaruh Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan, dan Risiko Bisnis Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.26.1. Januari(2019):85-110.

Dewi, Ayu Sri Mahatma, and Ary Wirajaya. 2013. “Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Pada Nilai Perusahaan.” E-Jurnal Akuntansi 4 (2): 358–72.

Fau, N.R. 2015. “Pengaruh Struktur Modal Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.”

Fajriah, A. L., Idris, A., & Nadhiroh, U. (2022). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. JurnalIlmiah Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.38043/jimb.v7i1.3218

Harahap, sofyan, syafitri (2015). Analisis Kritis Laporan Keuangan, Cetakan keduabelas. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Haryadi (2016) Pengaruh size perusahaan, keputusan pendanaan, profitabilitas dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan. Jurnal Akuntansi, Universitas Serang Raya. Vol.3 (No.2), hal 84 – 100.

Kusna, I., dan Setijani, E. 2018. Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan, Growth Opportunity Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Dan Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol.6, No.1,2018:93-102. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jmdk/article/download/2155/1532.

Kasmir. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Pantow, M. S. R., Murni, S. dan Trang, I. 2015. Analisa Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Return on Asset, dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan yang Tercatat di Indeks LQ 45. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi Vol.3, No.1(2015). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/7801.

Tamsil, R M, and M A Esra. 2020. “Analisis Pengaruh Asset Growth, Return on Assets, Dan Debt to Equity Ratio Terhadap Dividend Payout Ratio Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 5 (1): 44–59.

Prasetyantoko, A. (2008). Bencana Finansial, Stabilitas Sebagai Barang Publik. Jakarta: Kompas Media Nusantara.

Raharja, K. A. H., dan Putra, I. M. P. D. (2016). Risiko kredit sebagai pemoderasi pengaruh leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. E-Jurnal AkuntansiUniversitas Udayana, 645-674.

Rosalia, Jayanti; Utami, Wikan Budi; Pratiwi, D. N. (2022). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Kebijakan Deviden, Sales GROWTH, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 22(2), 988–995.

Seviando, Y. 2014. Pengaruh Return on Asset dan Return on Equity Terhadap Nilai Perusahaan Studi Pada Perusahaan Pertambangan yang Listing di Bursa Efek IndonesiaPeriode 2009 -2012.

Sofyaningsih, Sri dan Hardiningsih. 2011. Struktur Kepemilikan, Kebijakan Dividen, Kebijakan Utang dan Nilai Perusahaan. Dinamika Keuangan dan Perbankan Vol. 3, No. 1 ISSN :1979- 4878. Hlm. 68 – 87.

Sujoko dan Ugy Soebiantoro. 2007. Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Interen dan Faktor Eksteren terhadap Nilai Perusahan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol 9, No. 1. Sumodiningrat, Gunawan. 2006. Ekonometrika Pengantar. BPFE. Yogyakarta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Sukaenah. (2015). Pengaruh earning per share (EPS), ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan industri makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesiatahun 2008-2013. Jurnal Ilmiah Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pandanaran, 1-18.

Sari, P I, and N Abundanti. 2014. “Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan Dan Leverage Terhadap Profitabilitas Dan Nilai Perusahaan. E-Journal Universitas Manajemen Universitas Udayana, 3 (5), 1427-1441.” E-Jurnal Manajemen Unud 3 (5): 1427–41.

Wijaya, B. I., dan Sedana, I. B. 2015. “Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Kebijakan Dividen Dan Kesempatan Investasi Sebagai Variabel Mediasi).” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4 (12).

Yasin, M., Rimawan, M., & Huda, N. (2022). Pengaruh Sales Growth Dan Firm Size Terhadap Nilai Perusahaan Pada Pt Mayora Indah Tbk. Journal Transformation of Mandalika, 3(2), 5–18. https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jtm/issue/view/65




DOI: https://doi.org/10.56696/jaka.v4i1.8387

Article Metrics

Abstract view : 142 times
PDF - 144 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.