REDESAIN WEBSITE VISIT JAWA TENGAH

Authors

  • Wiem Khalifa Zahra Universitas Dian Nuswantoro
  • Auria Farantika Yogananti Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v2i2.4896

Abstract

Sektor Pariwisata Jawa Tengah mempunyai website pemasaranwisata untuk menarik banyak wisatawan berkunjung ke JawaTengah, yaitu visitjawatengah.jatengprov.go.id yang dikelolaoleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi JawaTengah, namun website ini tidak optimal, membuatnya tidakmuncul di halaman pertama pencarian Google dengan kata kunci“Pariwisata Jawa Tengah” sejak 2018. Hal ini didukung denganpernyataan Bapak Ganjar Pranowo sebagai Gubernur JawaTengah bahwa website tersebut terlihat kurang informatif, kurangkomunikatif, dan kaku, sehingga dapat disimpulkan perlu adanyadesain ulang untuk website Visit Jawa Tengah untuk menariklebih banyak pengunjung website. Pengumpulan data melaluimetode kuantitatif dengan beberapa responden untuk mencarifrekuensi dan presentase tanggapan mereka, juga melalui metodekualitatif dengan wawancara beberapa staff dinas terkait, lalu datatersebut dianalisis dengan teori 5W1H. Dari pengumpulan datatersebut, didapatkan kesimpulan bahwa website Visit JawaTengah perlu memperbaiki user interface website dan beberapaelemen, yaitu tata letak konten foto, penambahan tampilan artikelterpopuler, Google Maps, jumlah pengunjung website, dan layoutwebsite secara umum. Adanya desain ulang website Visit JawaTengah ini dilakukan agar menjadi lebih informatif dankomunikatif, sehingga lebih menarik dan lebih ramah pengguna

References

Beaird, J. (2010). The Principles of Beautiful Web Design. Canada: SitePoint Pty Ltd.

Erawan, L. (2013, 07 10). Prinsip Dan Kaidah Desain Web. Retrieved from iSlideDocs:

https://islidedocs.com/document/file-2013-10-07-16-48-48-lalang-erawan-m-kom-prinsip-dankaidah-

desain-web

Garrett, J. J. (2011). The Elements of User Experience: User-centered Design for the Web.

Berkeley: New Riders.

Green, T. (2015). Uxpin Content Wireframing for Responsive Design. Mountain View: UXPin Inc.

Hamzah, Y. I. (2013). Potensi media sosial sebagai sarana promosi interaktif bagi pariwisata

Indonesia. Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 1-9.

Hidayah, N. (2019). Pemasaran Destinasi Pariwisata. Bandung: Alfabeta.

Krishnasari, E. D. (2018, 06). PERANCANGAN REDESAIN ANTARMUKA LANDING PAGE

WEB INABLUES BERBASIS DESAIN WEB RESPONSIF. Incomtech, 31-37.

Kuswanto, H. (2017, 05). Analisis Prinsip Layout and Composition pada Web Design Perusahaan

PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk dan PT. FIF Group berdasarkan Buku “The Principle of

Beautiful". Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 1-6.

Larasati, I. (2010, 06 25). Kajian Web Usability MyHobbyTown.com (Bagian 4 dari 4). Retrieved

from Computer Science IPB: http://innel07.student.ipb.ac.id/2010/06/25/kajian-web-usabilitymyhobbytown-

com-bagian-4-dari-4/

Marcotte, E. (2011). Responsive Web Design. New York: A Book Apart.

Miller, B. A. (2011). Above the Fold: Understanding the Principles of Successful Web Site Design.

United States: HOW Books.

Ogedebe, P. M., & Jacob, B. P. (2012, 06). Software Prototyping: A Strategy to Use. ARPN Journal

of Systems and Software, 219-221.

Oktasari, I. N., & Yogananti, A. F. (2019). PERANCANGAN ULANG UX/UI PADA WEBSITE

MTARGET UNTUK MENAMBAH PENGALAMAN PENGGUNA. Retrieved from CITRAKARA:

http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/2604

Olga, R. (2015). Website Redesign: Improving User Experience and User Interface on the

Havusport Website (Thesis). Finland: University of Applied Science.

Rizkinaswara, L. (2019, 04 07). Pentingnya Teknologi dalam Sektor Pariwisata. Retrieved from

https://aptika.kominfo.go.id/: https://aptika.kominfo.go.id/2019/04/pentingnya-teknologi-dalamsektor-

pariwisata/

Rubin, J., & Chisnell, D. (2008). Handbook of Usability Testing: How to Plan, Design, and

Conduct Effective Tests. Canada: Wiley Publishing.

Sani, K. (2014). Perceptual Human Computer Interaction / Interface Menggunakan Teknik

Computer.

Segara, A. (2019, 01). Penerapan Pola Tata Letak (Layout Pattern) pada. Jurnal Magenta, 452-456.

Soebagyo. (2012, Desember). STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA. Jurnal Liquidity,

-154.

Suteja, B. R., & Harjoko, A. (2008). PERANCANGAN USER INTERFACE E-LEARNING

BERBASIS WEB. Seminar Nasional Informatika 2008 (semnasIF 2008) (pp. 36-46). Yogyakarta:

jurnal.upnyk.ac.id.

TelkomUniversity. (2016, 01 03). Aplikasi Desain Web: Prinsip Desain dan Layout. Retrieved 03

, 2020, from Telkom University: http://tambunan.staff.telkomuniversity.ac.id/files/2016/01/3-

PRINSIPDESAIN-LAYOUT-SELEKSI-lagi.pdf

Warmayana, I. G. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata. JURNAL

PARIWISATA BUDAYA, 81-92.

Yogananti, A. F. (2015). PENGARUH PSIKOLOGI KOMBINASI WARNA DALAM WEBSITE.

Andharupa, Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 45-48.

Downloads

Published

2020-09-15

How to Cite

Zahra, W. K., & Yogananti, A. F. (2020). REDESAIN WEBSITE VISIT JAWA TENGAH. CITRAKARA, 2(2), 162–173. https://doi.org/10.33633/ctr.v2i2.4896