REDESAIN WEBSITE VISIT JAWA TENGAH

Wiem Khalifa Zahra, Auria Farantika Yogananti

Abstract


Sektor Pariwisata Jawa Tengah mempunyai website pemasaran
wisata untuk menarik banyak wisatawan berkunjung ke Jawa
Tengah, yaitu visitjawatengah.jatengprov.go.id yang dikelola
oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa
Tengah, namun website ini tidak optimal, membuatnya tidak
muncul di halaman pertama pencarian Google dengan kata kunci
“Pariwisata Jawa Tengah” sejak 2018. Hal ini didukung dengan
pernyataan Bapak Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa
Tengah bahwa website tersebut terlihat kurang informatif, kurang
komunikatif, dan kaku, sehingga dapat disimpulkan perlu adanya
desain ulang untuk website Visit Jawa Tengah untuk menarik
lebih banyak pengunjung website. Pengumpulan data melalui
metode kuantitatif dengan beberapa responden untuk mencari
frekuensi dan presentase tanggapan mereka, juga melalui metode
kualitatif dengan wawancara beberapa staff dinas terkait, lalu data
tersebut dianalisis dengan teori 5W1H. Dari pengumpulan data
tersebut, didapatkan kesimpulan bahwa website Visit Jawa
Tengah perlu memperbaiki user interface website dan beberapa
elemen, yaitu tata letak konten foto, penambahan tampilan artikel
terpopuler, Google Maps, jumlah pengunjung website, dan layout
website secara umum. Adanya desain ulang website Visit Jawa
Tengah ini dilakukan agar menjadi lebih informatif dan
komunikatif, sehingga lebih menarik dan lebih ramah pengguna


Full Text:

PDF

References


Beaird, J. (2010). The Principles of Beautiful Web Design. Canada: SitePoint Pty Ltd.

Erawan, L. (2013, 07 10). Prinsip Dan Kaidah Desain Web. Retrieved from iSlideDocs:

https://islidedocs.com/document/file-2013-10-07-16-48-48-lalang-erawan-m-kom-prinsip-dankaidah-

desain-web

Garrett, J. J. (2011). The Elements of User Experience: User-centered Design for the Web.

Berkeley: New Riders.

Green, T. (2015). Uxpin Content Wireframing for Responsive Design. Mountain View: UXPin Inc.

Hamzah, Y. I. (2013). Potensi media sosial sebagai sarana promosi interaktif bagi pariwisata

Indonesia. Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 1-9.

Hidayah, N. (2019). Pemasaran Destinasi Pariwisata. Bandung: Alfabeta.

Krishnasari, E. D. (2018, 06). PERANCANGAN REDESAIN ANTARMUKA LANDING PAGE

WEB INABLUES BERBASIS DESAIN WEB RESPONSIF. Incomtech, 31-37.

Kuswanto, H. (2017, 05). Analisis Prinsip Layout and Composition pada Web Design Perusahaan

PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk dan PT. FIF Group berdasarkan Buku “The Principle of

Beautiful". Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 1-6.

Larasati, I. (2010, 06 25). Kajian Web Usability MyHobbyTown.com (Bagian 4 dari 4). Retrieved

from Computer Science IPB: http://innel07.student.ipb.ac.id/2010/06/25/kajian-web-usabilitymyhobbytown-

com-bagian-4-dari-4/

Marcotte, E. (2011). Responsive Web Design. New York: A Book Apart.

Miller, B. A. (2011). Above the Fold: Understanding the Principles of Successful Web Site Design.

United States: HOW Books.

Ogedebe, P. M., & Jacob, B. P. (2012, 06). Software Prototyping: A Strategy to Use. ARPN Journal

of Systems and Software, 219-221.

Oktasari, I. N., & Yogananti, A. F. (2019). PERANCANGAN ULANG UX/UI PADA WEBSITE

MTARGET UNTUK MENAMBAH PENGALAMAN PENGGUNA. Retrieved from CITRAKARA:

http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/2604

Olga, R. (2015). Website Redesign: Improving User Experience and User Interface on the

Havusport Website (Thesis). Finland: University of Applied Science.

Rizkinaswara, L. (2019, 04 07). Pentingnya Teknologi dalam Sektor Pariwisata. Retrieved from

https://aptika.kominfo.go.id/: https://aptika.kominfo.go.id/2019/04/pentingnya-teknologi-dalamsektor-

pariwisata/

Rubin, J., & Chisnell, D. (2008). Handbook of Usability Testing: How to Plan, Design, and

Conduct Effective Tests. Canada: Wiley Publishing.

Sani, K. (2014). Perceptual Human Computer Interaction / Interface Menggunakan Teknik

Computer.

Segara, A. (2019, 01). Penerapan Pola Tata Letak (Layout Pattern) pada. Jurnal Magenta, 452-456.

Soebagyo. (2012, Desember). STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA. Jurnal Liquidity,

-154.

Suteja, B. R., & Harjoko, A. (2008). PERANCANGAN USER INTERFACE E-LEARNING

BERBASIS WEB. Seminar Nasional Informatika 2008 (semnasIF 2008) (pp. 36-46). Yogyakarta:

jurnal.upnyk.ac.id.

TelkomUniversity. (2016, 01 03). Aplikasi Desain Web: Prinsip Desain dan Layout. Retrieved 03

, 2020, from Telkom University: http://tambunan.staff.telkomuniversity.ac.id/files/2016/01/3-

PRINSIPDESAIN-LAYOUT-SELEKSI-lagi.pdf

Warmayana, I. G. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata. JURNAL

PARIWISATA BUDAYA, 81-92.

Yogananti, A. F. (2015). PENGARUH PSIKOLOGI KOMBINASI WARNA DALAM WEBSITE.

Andharupa, Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 45-48.




DOI: https://doi.org/10.33633/ctr.v2i2.4896

Article Metrics

Abstract view : 91 times
PDF - 382 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

       

 

 

diterbitkan oleh:

Universitas Dian Nuswantoro
Jl. Imam Bonjol, No. 207, Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Telp :(024) 3575916

 

Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0