Gambar Imajinasi Anak-Anak sebagai Aset dalam Pengembangan Animasi Edukasi

Authors

  • Deddy Award Widya Laksana Universitas Dian Nuswantoro https://orcid.org/0000-0002-0804-2796
  • Andreas Slamet Widodo Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Sebelas Maret
  • Deny Tri Ardianto Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.33633/andharupa.v9i4.9452

Abstract

AbstrakImajinasi anak-anak sebagai aset berharga, dapat dioptimalkan melalui penciptaan animasi edukatif berbasis gambar. Penelitian ini mengeksplorasi transformasi gambar anak-anak menjadi animasi, dengan fokus pada perkembangan kreativitas dan pemahaman mereka. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik partisipatif yang meliputi sesi ideation dan aktivitas kreatif kolaboratif. Teknik ini diterapkan untuk melibatkan anak-anak secara aktif. Hasilnya Animasi 3D (Tiga Dimensi) yang dibuat tidak hanya mencerminkan imajinasi, tetapi juga menyampaikan nilai-nilai pendidikan yang kuat, terutama dalam menceritakan ulang cerita Timun Emas. Hasil penelitian ini berpotensi menjadi dasar untuk penelitian lebih lanjut mengenai peran animasi sebagai alat pendidikan dan dampaknya pada perkembangan kreativitas anak-anak. Kata Kunci: anak, animasi, edukasi, gambar, imajinasi AbstractChildren's imagination, as a valuable asset, can be optimized through the creation of image-based educational animations. This research explores the transformation of children's drawings into animation, focused on their development of creativity and understanding. Participatory methods, including ideation sessions and collaborative creative activities, are applied to actively engage children. The 3-dimensional animation result reflects either imagination and conveys strong educational values, especially in retelling the story of Timun Emas. The results of this research have the potential to be the basis for further research regarding the role of animation as an educational tool and its impact on the development of children's creativity. Keywords: animation, children, education, images, imagination

Author Biographies

Deddy Award Widya Laksana, Universitas Dian Nuswantoro

Mahasiswa pasaca Sarja S-2 Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas MaretDosen Animasi Udinus saat ini berpangkat Lektor UDINUS 

Andreas Slamet Widodo, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Sebelas Maret

Dosen Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Sebelas Maret

Deny Tri Ardianto, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Sebelas Maret

Dosen Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Sebelas Maret

References

Adiwibawa, B. A. P., & Laksana, D. A. W. (2023). Potensi Karya Gambar Anak sebagai Basis Model Karakter 3D. In A. Putu Astri Lestari, S.E., M.M., M. S. Ni Wayan Nandaryani, S.Sn., M. . Ni Wayan Ardiarani Utami, S.T., M. . Ni Nyoman Sri Rahayu, S.T., M. S. Ngurah Adhi Santosa, S.Sn., M. S. I Gede Jaya Putra, S.Sn., & M. S. A.A. Ngurah Bagus Kesuma Yudha, S.S. (Eds.), SENADA 2023: Desain, Manajemen dan Teknologi sebagai Strategi Pengembangan Inovasi dalam Penguatan Identitas dan Industri Kreatif (Vol. 6, pp. 30–35). IDB Bali.

Adiwibawa, B. A. P., & Laksana, D. A. W. (2022). Teknik Fotografi Multiple Exposure Untuk Pengembangan Media Pembelajaran Seni Tari. In I. G. Y. Pratama, N. P. E. B. Lestari, N. W. Nandaryani, I. K. Setiawan, I. K. J. D. Putra, A. A. N. G. S. Buana, & N. W. A. Utami (Eds.), Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Desain & Aplikasi Bisnis Teknologi (SENADA) (Vol. 5, pp. 42–47). IDB Bali.

Andrius. (2016). Artists Turn Their Children’s Drawings Into Jewelry To Preserve Their Creativity. Www.Demilked.Com. https://www.demilked.com/artists-turn-children-doodles-into-jewelry-yasemin-erdin-ozgur-karavit/

Danuri Muhamad. (2019). Perkembangan Dan Transformasi Teknologi Digital. Infokam, 15(2), 116–123.

Dewi, A. K. (2023). Pelatihan dan Penyusunan Media Pembelajaran Digital Menggunakan Perangkat Lunak Sederhana di Pusat Pengembangan Kompetensi Jalan , Perumahan dan PIW. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(1), 418–425.

Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59–65.

Fahmi, F., & Rantika, C. (2021). Pendidikan Anak dalam Persepsi Masyarakat. Industry and Higher Education, 3(1), 1689–1699.

Frisca, F. (2016). Menghidupi 10 Coretan Anak yang Diubah Jadi Kalung Unik. Www.Fimela.Com. https://m.fimela.com/lifestyle/read/2563287/menghidupi-10-coretan-anak-yang-diubah-jadi-kalung-unik

Geraldy, H., & Rahmatuti Maghfiroh, L. (2021). Penerapan Klasifikasi Kueri untuk Meningkatkan Efektivitas Mesin Pencari (Implementation of Query Classification to Improve Effectiveness of Search Engine). In L. K. Sari, E. Nurmawati, & C. Sumarni (Eds.), Seminar Nasional Official Statistics (pp. 1012–1018). Politeknik Statistika STIS.

istimewa. (2018). Keren! Lukisan Khayalan Anak SD yang Menjadi Nyata. Inet.Detik.Com. https://inet.detik.com/fotoinet/d-3805807/keren-lukisan-khayalan-anak-sd-yang-menjadi-nyata

Johnson, K. (2014). The Monster Project 2014. Katiemadethatdesign.Myportfolio.Com. https://katiemadethatdesign.myportfolio.com/the-monster-project-2014

Kuspiyah, H. R., Amaliah, K., Mustofa, M. I., & Ramadhani, D. (2021). Visualisasi Karakter Video Animasi 2D Legenda Pulau Kemaro. Informatika, 6(3), 145–149.

Lawe, I. G. A. R., Irfansyah, I., & Ahmad, H. A. (2020). Animasi sebagai Media Pendidikan Karakter Berbasis Tri Kaya Parisudha untuk Anak-Anak. Mudra Jurnal Seni Budaya, 35(2), 242–249.

Lee, S. J., & Reeves, T. C. (2007). Edgar Dale: A significant contributor to the field of educational technology. In R. E. West (Ed.), Foundations of Learning and Instructional Design Technology (Vol. 47, Issue 6, pp. 56–59). Birmingham Young University.

Nancy, Y., & Koesno, D. (2023, August). Sejarah Animasi di Indonesia dan Nama Kartun Pertamanya. Tirto.Id. https://tirto.id/sejarah-animasi-di-indonesia-dan-nama-kartun-pertamanya-gPgD

Parid, M., & Alif, A. L. S. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Tafhim Al-’Ilmi, 11(2), 266–275.

Sarrahdiba, T. U. Y., & Perdana, B. B. (2017). Perancangan Animasi Motion Grafis sebagai Media Pengenalan Budaya dan Kesenian Wayang Golek. Sketsa, 4(1), 63–70.

Sitompul, B. (2022). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13953–13960.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran (M. A. Salmulloh (ed.); PERTAMA). PEDAGOGIA.

Susanto, F., Prasiani, N. K., & Darmawan, P. (2022). Implementasi Internet of Things Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Imagine, 2(1), 35–40.

Taruna, O. (2019). Kelahiran Timun Mas - 45s (p. https://www.youtube.com/watch?v=7IEy1pTWlOU). youtube.com. https://www.youtube.com/watch?v=7IEy1pTWlOU

Utami, D. (2011). Efektifitas Animasi Dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1), 44–52.

Downloads

Published

2024-06-19