Gambar Imajinasi Anak-Anak sebagai Aset dalam Pengembangan Animasi Edukasi
DOI:
https://doi.org/10.33633/andharupa.v9i4.9452Abstract
AbstrakImajinasi anak-anak sebagai aset berharga, dapat dioptimalkan melalui penciptaan animasi edukatif berbasis gambar. Penelitian ini mengeksplorasi transformasi gambar anak-anak menjadi animasi, dengan fokus pada perkembangan kreativitas dan pemahaman mereka. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik partisipatif yang meliputi sesi ideation dan aktivitas kreatif kolaboratif. Teknik ini diterapkan untuk melibatkan anak-anak secara aktif. Hasilnya Animasi 3D (Tiga Dimensi) yang dibuat tidak hanya mencerminkan imajinasi, tetapi juga menyampaikan nilai-nilai pendidikan yang kuat, terutama dalam menceritakan ulang cerita Timun Emas. Hasil penelitian ini berpotensi menjadi dasar untuk penelitian lebih lanjut mengenai peran animasi sebagai alat pendidikan dan dampaknya pada perkembangan kreativitas anak-anak. Kata Kunci: anak, animasi, edukasi, gambar, imajinasi AbstractChildren's imagination, as a valuable asset, can be optimized through the creation of image-based educational animations. This research explores the transformation of children's drawings into animation, focused on their development of creativity and understanding. Participatory methods, including ideation sessions and collaborative creative activities, are applied to actively engage children. The 3-dimensional animation result reflects either imagination and conveys strong educational values, especially in retelling the story of Timun Emas. The results of this research have the potential to be the basis for further research regarding the role of animation as an educational tool and its impact on the development of children's creativity. Keywords: animation, children, education, images, imaginationReferences
Adiwibawa, B. A. P., & Laksana, D. A. W. (2023). Potensi Karya Gambar Anak sebagai Basis Model Karakter 3D. In A. Putu Astri Lestari, S.E., M.M., M. S. Ni Wayan Nandaryani, S.Sn., M. . Ni Wayan Ardiarani Utami, S.T., M. . Ni Nyoman Sri Rahayu, S.T., M. S. Ngurah Adhi Santosa, S.Sn., M. S. I Gede Jaya Putra, S.Sn., & M. S. A.A. Ngurah Bagus Kesuma Yudha, S.S. (Eds.), SENADA 2023: Desain, Manajemen dan Teknologi sebagai Strategi Pengembangan Inovasi dalam Penguatan Identitas dan Industri Kreatif (Vol. 6, pp. 30–35). IDB Bali.
Adiwibawa, B. A. P., & Laksana, D. A. W. (2022). Teknik Fotografi Multiple Exposure Untuk Pengembangan Media Pembelajaran Seni Tari. In I. G. Y. Pratama, N. P. E. B. Lestari, N. W. Nandaryani, I. K. Setiawan, I. K. J. D. Putra, A. A. N. G. S. Buana, & N. W. A. Utami (Eds.), Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Desain & Aplikasi Bisnis Teknologi (SENADA) (Vol. 5, pp. 42–47). IDB Bali.
Andrius. (2016). Artists Turn Their Children’s Drawings Into Jewelry To Preserve Their Creativity. Www.Demilked.Com. https://www.demilked.com/artists-turn-children-doodles-into-jewelry-yasemin-erdin-ozgur-karavit/
Danuri Muhamad. (2019). Perkembangan Dan Transformasi Teknologi Digital. Infokam, 15(2), 116–123.
Dewi, A. K. (2023). Pelatihan dan Penyusunan Media Pembelajaran Digital Menggunakan Perangkat Lunak Sederhana di Pusat Pengembangan Kompetensi Jalan , Perumahan dan PIW. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(1), 418–425.
Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59–65.
Fahmi, F., & Rantika, C. (2021). Pendidikan Anak dalam Persepsi Masyarakat. Industry and Higher Education, 3(1), 1689–1699.
Frisca, F. (2016). Menghidupi 10 Coretan Anak yang Diubah Jadi Kalung Unik. Www.Fimela.Com. https://m.fimela.com/lifestyle/read/2563287/menghidupi-10-coretan-anak-yang-diubah-jadi-kalung-unik
Geraldy, H., & Rahmatuti Maghfiroh, L. (2021). Penerapan Klasifikasi Kueri untuk Meningkatkan Efektivitas Mesin Pencari (Implementation of Query Classification to Improve Effectiveness of Search Engine). In L. K. Sari, E. Nurmawati, & C. Sumarni (Eds.), Seminar Nasional Official Statistics (pp. 1012–1018). Politeknik Statistika STIS.
istimewa. (2018). Keren! Lukisan Khayalan Anak SD yang Menjadi Nyata. Inet.Detik.Com. https://inet.detik.com/fotoinet/d-3805807/keren-lukisan-khayalan-anak-sd-yang-menjadi-nyata
Johnson, K. (2014). The Monster Project 2014. Katiemadethatdesign.Myportfolio.Com. https://katiemadethatdesign.myportfolio.com/the-monster-project-2014
Kuspiyah, H. R., Amaliah, K., Mustofa, M. I., & Ramadhani, D. (2021). Visualisasi Karakter Video Animasi 2D Legenda Pulau Kemaro. Informatika, 6(3), 145–149.
Lawe, I. G. A. R., Irfansyah, I., & Ahmad, H. A. (2020). Animasi sebagai Media Pendidikan Karakter Berbasis Tri Kaya Parisudha untuk Anak-Anak. Mudra Jurnal Seni Budaya, 35(2), 242–249.
Lee, S. J., & Reeves, T. C. (2007). Edgar Dale: A significant contributor to the field of educational technology. In R. E. West (Ed.), Foundations of Learning and Instructional Design Technology (Vol. 47, Issue 6, pp. 56–59). Birmingham Young University.
Nancy, Y., & Koesno, D. (2023, August). Sejarah Animasi di Indonesia dan Nama Kartun Pertamanya. Tirto.Id. https://tirto.id/sejarah-animasi-di-indonesia-dan-nama-kartun-pertamanya-gPgD
Parid, M., & Alif, A. L. S. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Tafhim Al-’Ilmi, 11(2), 266–275.
Sarrahdiba, T. U. Y., & Perdana, B. B. (2017). Perancangan Animasi Motion Grafis sebagai Media Pengenalan Budaya dan Kesenian Wayang Golek. Sketsa, 4(1), 63–70.
Sitompul, B. (2022). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13953–13960.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran (M. A. Salmulloh (ed.); PERTAMA). PEDAGOGIA.
Susanto, F., Prasiani, N. K., & Darmawan, P. (2022). Implementasi Internet of Things Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Imagine, 2(1), 35–40.
Taruna, O. (2019). Kelahiran Timun Mas - 45s (p. https://www.youtube.com/watch?v=7IEy1pTWlOU). youtube.com. https://www.youtube.com/watch?v=7IEy1pTWlOU
Utami, D. (2011). Efektifitas Animasi Dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1), 44–52.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).