PROBLEMATIKA DAN STRATEGI REPRESENTASI TARI DALAM IKLAN DI INDONESIA

Authors

  • Dwiyasmono Dwiyasmono ISI Surakarta
  • Taufik Murtono ISI Surakarta https://orcid.org/0000-0002-2503-1044
  • Karyono Karyono Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Budi Setiyastuti Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Hartanto Hartanto Institut Seni Indonesia Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33633/andharupa.v10i02.9362

Keywords:

iklan, kearifan budaya, problematika representasi, seni tari

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika representasi tari dalam iklan di Indonesia. Tari dalam iklan Indonesia menjadi problematik karena cenderung dimaknai melalui kajian-kajian terkini sebagai hasil komodifikasi dan pemaksaan simbol-simbol dalam budaya untuk kepentingan komersial. Kondisi ini cukup memprihatinkan bagi kemajuan dunia seni, khusunya tari maupun iklan. Seni sebagai bagian dari budaya seharusnya lebih dapat bermakna sebagaimana mestinya dalam setiap sendi kehidupan, termasuk dalam penciptaan iklan. Metode studi literatur menjadi cara penelitian untuk mengungkap peran seni, dalam hal ini tari dalam iklan secara lebih beragam. Metode literature review dimaksudkan untuk mendapatkan pemahaman tersebut. Tahapan penelitian meliputi 1) merumuskan pertanyaan dan protokol inklusi dan eksklusi data tulisan, 2) menelusuri tulisan yang memenuhi syarat dari database jurnal ilmiah, 3) memilih data tulisan dengan cara mengekstrak data dan mengidentifikasi duplikasi data, 4) menganalisis data berdasarkan kuantitas dan kualitas tulisan sesuai kelompok-kelompok tema, 5) menyajikan data dalam matriks analisis, 6) menafsirkan hasil analisis dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian selain menunjukkan problematika representasi tari dalam iklan juga menyimpulkan strategi representasi berdasarkan kesetaraan melalui representasi budaya yang memberi pesan positif.   Kata Kunci: iklan, kearifan budaya, problematika representasi, seni tari   Abstract This study aims to determine the problems of dance representation in advertisements in Indonesia. Dance in Indonesian advertising is problematic because it tends to be interpreted through recent studies as the result of commodification and imposition of symbols in culture for commercial purposes. This condition is quite concerning for the progress of the art world, especially tariffs and advertisements. Art as part of culture should be able to achieve what it should in every delivery of life, including in the creation of advertising. The literature study method is a way of research to uncover the role of art, in this case dance in advertising in a more diverse way. The literature review method is intended to gain this understanding. The research stages include 1) preparing questions and protocols for inclusion and exclusion of written data, 2) searching for writings that meet the requirements from scientific journal databases, 3) selecting written data by extracting data and identifying duplicate data, 4) analyzing data based on the quantity and quality of writing according to the theme groups, 5) present the data in matrix analysis, 6) interpret the analysis results and draw conclusions. The research results, apart from showing the problematic representation of dance in advertisements, also conclude that the representation strategy is based on equality through cultural representation that gives positive messages.   Keywords: advertising, cultural wisdom, dance, representation problems

References

Adhirahma, L. (2021). Representasi Kebudayaan Indonesia dalam Iklan Rokok Gudang Garam. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Amadea, A. B., Hendiawan, T., & ... (2021). Penyutradaraan Dalam Perancangan Iklan Layanan Masyarkat Mengenai Imajinasi Pada Teman Tuli Yang Berkesenian. e-Proceeding of Art & Design, 8(6), 2337–2350.

Ananda, R. P. (2022). Analisis Semiotika Terhadap Iklan Sosis So Nice Versi “Dimanapun Kau Berada. repository.uir.ac.id.

Aprillyanto, M. A. (2022). Analysis of the Meaning of Local Cultural Symbols in the" Kuku Bima Ener-G North Sumatra Version" Advertisement on Television (Roland Barthes Semiotics Analysis …. Journal of Social Science and ….

Baiti, H. U. N., & Yanti, F. (2021). Relevansi Iklan Shopee COD: Sebuah Kajian Pragmatik. … : Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan ….

Dedees, A. R. (2013). Wacana Homo Nationalis dalam Iklan Minuman NutriSari Heritage. Jurnal Komunikasi.

Fahmi, A. (2021). Iklan Shopee Versi 11: 11 Dalam Perspektif Etika Pariwara Indonesia. repo.usni.ac.id.

Ginanjar, F. P. (2022). Objektifikasi Perempuan Sebagai Elemen Persuasif dalam Iklan: Kritik Terhadap Iklan Shopee 11.11 Big Sale Versi Tukul Arwana. CITRAWIRA: Journal of Advertising and Visual Communication, 3(1), 59–68.

Hall, S. (2020). The work of representation. In The applied theatre reader (hal. 74–76). Routledge.

Handayani, D. (2019). REPRESENTASI BUDAYA DALAM IKLAN:(Analisa Semiotika Iklan Marjan Versi Tari Betawi dan Sepatu Roda). Jurnal Budaya Nusantara, 3(1), 12–22.

Haryono, S. R., & Putra, D. K. S. (2017). Identitas budaya indonesia analisis semiotika roland barthes dalam iklan aqua versi temukan indonesiamu. In Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna. jos.unsoed.ac.id.

Hayati, W. N., Palupi, M. F. T., & ... (2023). Analisis Semiotika Pergeseran Maskulinitas Pada Iklan Shampoo Head &Shoulders Versi Joe Taslim X Fadil Jaidi. SEMAKOM

Hereyah, Y. (2012). Komodifikasi Budaya Lokal dalam Iklan: Analisis Semiotik pada Iklan Kuku Bima Energi versi Tari Sajojo. Prosiding Seminar Nasional Menggagas Pencitraan Berbasis Kearifan Lokal. Purwokerto: Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Jenderal Soedirman.

Hermawan, H. (2022). Penggunaan Seksualitas Wanita Dalam Iklan Televisi. 1(2), 112–118.

Hermawan, H., & Hamzah, R. E. (2017). Objektifikasi Perempuan dalam Iklan Televisi : Analisis Lintas Budaya terhadap Iklan Parfum Axe yang Tayang di Televisi Indonesia dan Amerika Serikat. Jurnal Kajian Media, 1(2), 166–176.

Humaira, A., Harahap, N., & ... (2022). Representasi Cultural Branding Iklan Shopee: Kajian Analisis Semiotika. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Indrayana, A. (2014). Analisis Wacana Kritis Komodifikasi Budaya Lokal pada Iklan Televisi (Studi Kasus Produk Frestea versi Hiphop Wedding). DeKaVe, 7(2), 35–46.

Iskandar, S. A. (2022). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Promosi Penjualan terhadap Impulse Buying pada E-commerce Shopee di Jakarta/Stanley Andhika Iskandar/26180194 …. eprints.kwikkiangie.ac.id.

Kristanto, D., Sushartami, W., & Irawanto, B. (2022). Realita Visualitas Generasi Z dalam Mise en Scene Iklan Shopee Men Sale. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 15(1), 1–15.

Marta, R. F., & Rieuwpassa, J. S. (2018). Identifikasi nilai kemajemukan Indonesia sebagai identitas bangsa dalam iklan Mixagrip versi keragaman budaya. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 37–50.

Mosco, V. (2009). The political economy of communication. The Political Economy of Communication.

Murtono, T., Soewarlan, S., Guntur, G., & Soewardikoen, D. W. (2022). Belajar dari Amatir: Kreativitas Komunitas Perancang Grafis Urun Daya. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 8(3), 309–323.

Murtono, T., Soewarlan, S., Soewardikoen, D. W., & Guntur, G. (2019). Meet the Others: Comprehending Crowdsourcing Graphic Design Practice in Indonesia. Arts and Design Studies, 6061, 16–26.

Nadya, N., Maryam, S., & Nadya W, R. (2020). Representasi Budaya Partiarki dalam Iklan Televisi Sariwangi Versi #maribicara. IKON, 24(1), 16–27.

Noor, F., & Wahyuningratna, R. N. (2017). Representasi sensualitas perempuan dalam iklan new era boots di televisi (kajian semiotika Roland Barthes). In … : Jurnal Sosial Dan Humaniora. journals.upi-yai.ac.id.

Nurseptianditha, A., Hartanto, D. A., & Rozi, R. F. (2022). Strategi Kreatif Iklan Parfum KENZO World Versi The New Fragrance. ROLLING.

Orasi, I. N. (2022). Makna Perempuan dalam Iklan Shopee 11.11 Big Sale Nikmati COD Gratis Tanpa Minimum Ongkir. Universitas Jenderal Soedirman.

Paramita, I. B. G. (2021). Mengelola Komunikasi Efektif Public Relation Sektor Pariwisata Di Bali Pada Masa Pandemi Covid-19. Communicare.

Paré, G., & Kitsiou, S. (2017). Methods for literature reviews. In Handbook of eHealth Evaluation: An Evidence-based Approach [Internet]. University of Victoria.

Permana, A. W., & Rosmiati, A. (2019). Kajian Semiotika Simbol Budaya Keraton Surakarta dalam Iklan Kuku Bima Ener-G Versi Visit Jawa Tengah. Kadera Bahasa, 11(1), 45–58.

Permana, G. (2018). Visualisasi Seni Sebagai Aspek Kreatif Periklanan. Jurnal Bahasa Rupa, 1(2), 108–114.

Pratiwi, D. P. E., Sulatra, I. K., & Kartiawan, I. K. (2021). Potret Budaya Bali Pada Iklan Pariwisata Bali Pasca Pandemi: Kajian Semiotik. Prosiding Seminar Nasional Linguistik Dan Sastra (SEMNALISA) 202, 37–46.

Putra, I. (2022). Analisis Konten Video Iklan Pada Aplikasi Tiktok Untuk Meningkatkan Brand Awareness. Nusantara Hasana Journal.

Qeis, M. I. (2014). Citraan Indonesia Dalam Iklan Televisi “Visit Indonesia Year 2008.” Deiksis, 6(01), 63–77.

Rahayu, N. T., Suryono, J., & ... (2021). Representasi Budaya Lokal Dalam Iklan Dan Wacana Sosial Korporasi. SEMNAS 2018: Publikasi Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Safarudin, S. (2021). Mistifikasi Prabowo-Sandi dalam Iklan Politik. PERSPEKTIF, 10(1), 255–264.

Santhi, D. (2021). Analisis Strukturalis pada Iklan M-Banking BCA Mobile di Televisi. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 2(1), 1-16.

Sulaiman, A. M., & Murtana, I. N. (2015). Strategi Visual Iklan Televisi Kuku Bima Energi Produksi Pt. Sido Muncul Semarang. Gelar: Jurnal Seni Budaya.

Suprayitno, A., & Chairul, D. (2021). Eksploitasi Tubuh Perempuan dalam Iklan Pompa Air Shimizu. Jurnal Audiens.

Susanto, D. A. (2016). Pemaknaan Iklan New Era Boots (Makna Penari Wanita Dan Binaraga Dalam Iklan New Era Boots). In Transformasi. ejurnal.unisri.ac.id.

Syafuddin, K., & Andreas, R. (2018). Komodifikasi Nasionalisme Dalam Iklan Sirup. Prosiding University Research Colloquium, 245–258.

Syahputra, R. (2023). Perancangan Video Promosi Ragam Seni Budaya Sanggar Kurai Saiyo Di Desa Pandai Sikek. Iam-Indonesia.

Templier, M., & Paré, G. (2015). A framework for guiding and evaluating literature reviews. Communications of the Association for Information Systems, 37(1), 6.

Valenciana, C., & Pudjibudojo, J. K. K. (2022). Korean Wave; Fenomena Budaya Pop Korea pada Remaja Milenial di Indonesia. Jurnal Diversita.

Wijaya, B. S. S., Kurniawati, L., Marta, R. F., & ... (2021). Menarasikan Pencak Silat pada Iklan Marjan 2011 dan 2018 dari Perspektif Chatman. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 130-140.

Zain, H. R., Jastisia, I., & Chidtian, A. S. C. R. El. (2022). Eksistensi Kisah Dewi Sri Dalam Kehidupan Modern Masyarakat Pedesaan Pada Iklan Marjan Edisi “Marjan, Rayakan Kemenangan.” repository.upnjatim.ac.id.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles