VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “KLINIKHOAKS” SEBAGAI MEDIA KAMPANYE PENANGGULANGAN HOAKS PADA MASYARAKAT JAWA TIMUR

Authors

  • Nugrahardi Ramadhani Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya https://orcid.org/0000-0002-7517-0253
  • Didit Prasetyo
  • Naufan Noordyanto
  • Aeysha Theona Shafira
  • Arya Yudhi Wijaya
  • Imam Wahyudi Farid

DOI:

https://doi.org/10.33633/andharupa.v10i03.9110

Keywords:

Hoaks, ILM, Klinikhoaks, Media Kampanye

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas video iklan layanan masyarakat (ILM) sebagai media kampanye dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya hoaks, dengan fokus pada penggunaan platform Klinikhoaks milik Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur. Masalah utama penelitian ini berakar pada penyebaran hoaks yang meningkat signifikan sejak pandemi COVID-19, yang berdampak pada berbagai aspek sosial, politik, dan ekonomi. Untuk itu, penelitian ini mengusulkan penggunaan ILM dengan genre komedi musikal sebagai media kampanye edukatif yang memadukan unsur hiburan dan pesan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Responden dipilih dari berbagai kalangan profesi di Jawa Timur, dan data dikumpulkan melalui kuisioner tertutup yang mengukur pemahaman responden sebelum dan sesudah menonton ILM. Selain itu, dilakukan uji publik dengan 37 responden untuk menilai tingkat efektivitas ILM melalui skala liker 1-5. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk melihat perbedaan pemahaman dan sikap responden setelah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ILM ini efektif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap situs Klinikhoaks dan bahaya hoaks, dengan peningkatan pengetahuan sebesar 56% setelah penayangan video. Sebagian besar responden juga menyatakan bahwa pesan dalam ILM tersampaikan dengan jelas, dan 66% responden menganggap ILM tersebut sangat menarik.

Author Biography

Nugrahardi Ramadhani, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya

Department Visual Communication DesignInstitut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

References

. M., Yanuarsari, D. H., & Pratiwi, M. R. (2018). Iklan Layanan Masyarakat Dan ResponKhalayak. Islamic Communication Journal, 2(2), 219. https://doi.org/10.21580/icj.2017.2.2.2170 Bafadhal,

O. M., & Santoso, A. D. (2020). Memetakan Pesan Hoaks Berita Covid-19 Di Indonesia Lintas Kategori, Sumber, Dan Jenis Disinformasi. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(02), 235. https://doi.org/10.30813/bricolage.v6i02.2148

Diskominfo. (2016). KEDUDUKAN, SUSUNAN ORGANISASI, URAIAN TUGAS DAN FUNGSI SERTA TATA KERJA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PROVINSI JAWA TIMUR. June.

Kominfo. (2019). Ahmad Dhani: Saya akan Potong Kemaluan Jika Jokowi Menang. https://www.kominfo.go.id/content/detail/19896/hoaks-ahmad-dhani-saya-akan-potong-kemaluan-jika-jokowi-menang/0/laporan_isu_hoaks

McFadden, C. (n.d.). A brief timeline of YouTube’s history and its impact on the internet. Interesting Engineering, Inc. https://interestingengineering.com/culture/youtubes-history-and-its-impact-on-the-internet

Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D., ,.غسان, د

Taniredja, T., Faridli, E. Miftah., & Harmianto, S. (2016). PERGESERAN NILAI MORAL DALAM DRAMA KOMEDI MUSIKAL “BIDADARI MERAH PUTIH” KARYA YUSEF MULDIYANA. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.

Nugrahardi Ramadhani, Rabendra Yudistira, Nurina Orta Darmawati, Didit Prasetyo, Putri Dwitasari, R. P. K. (2022). Bagian Articles Gamifikasi Upaya Menangkal Hoaks Terhadap Informasi Vaksinasi Covid-19 di Social Media dalam Scope Keluarga. Sewagati, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.12962/j26139960.v6i1.143

Nugroho, S. E. (2019). Siaran pers “Meningkatnya Dominasi Hoaks Politik Jelang Pemilu.” Mafindo. https://www.mafindo.or.id/2019/03/16/siaran-pers-meningkatnya-dominasi-hoaks-

politik-jelang-pemilu/

Nurdiana, A., Marlina, R., & Adityasning, W. (2021). Berantas Hoax Seputar Vaksin Covid-19 Melalui Kegiatan Edukasi dan Sosialisasi Vaksin Covid-19. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 489–495. https://doi.org/10.35568/abdimas.v4i1.1175

Psikologi Sains, M., Psikologi Universitas Gadjah Mada, F., Sosio Humaniora Bulaksumur, J., & Istimewa Yogyakarta, D. (n.d.). BENAR ATAU SALAH?: PENGARUH MUSIK LATAR FILM TERHADAP EMOSI DAN PENILAIAN MORAL Syuraswati Muhiddin. Pengaruh Musik Latar Film Terhadap Emosi Dan Penilaian Moral Proyeksi, 16(1), 25–40.

Rohit Shewale. (2023). YouTube Statistics For 2023 (Demographics & Usage). Demand Sage.

Tinarbuko, S. (2017). Semiotika Tanda Verbal dan Tanda Visual Iklan Layanan Masyarakat. Panggung, 26(2), 181–194. https://doi.org/10.26742/panggung.v26i2.175 Wahyudi, L., &

Kusuma, M. R. P. (2021). Perancangan Motion Graphic Iklan Layanan Masyarakat : Stop Tolak Pemakaman Korban Covid-19. Desain Komunikasi Visual Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 6(2), 297. https://doi.org/10.25124/demandia.v6i2.3483

Downloads

Published

2024-09-30