VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “KLINIKHOAKS” SEBAGAI MEDIA KAMPANYE PENANGGULANGAN HOAKS PADA MASYARAKAT JAWA TIMUR
Keywords:
Hoaks, ILM, Klinikhoaks, Media KampanyeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas video iklan layanan masyarakat (ILM) sebagai media kampanye dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya hoaks, dengan fokus pada penggunaan platform Klinikhoaks milik Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur. Masalah utama penelitian ini berakar pada penyebaran hoaks yang meningkat signifikan sejak pandemi COVID-19, yang berdampak pada berbagai aspek sosial, politik, dan ekonomi. Untuk itu, penelitian ini mengusulkan penggunaan ILM dengan genre komedi musikal sebagai media kampanye edukatif yang memadukan unsur hiburan dan pesan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Responden dipilih dari berbagai kalangan profesi di Jawa Timur, dan data dikumpulkan melalui kuisioner tertutup yang mengukur pemahaman responden sebelum dan sesudah menonton ILM. Selain itu, dilakukan uji publik dengan 37 responden untuk menilai tingkat efektivitas ILM melalui skala liker 1-5. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk melihat perbedaan pemahaman dan sikap responden setelah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ILM ini efektif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap situs Klinikhoaks dan bahaya hoaks, dengan peningkatan pengetahuan sebesar 56% setelah penayangan video. Sebagian besar responden juga menyatakan bahwa pesan dalam ILM tersampaikan dengan jelas, dan 66% responden menganggap ILM tersebut sangat menarik.References
. M., Yanuarsari, D. H., & Pratiwi, M. R. (2018). Iklan Layanan Masyarakat Dan ResponKhalayak. Islamic Communication Journal, 2(2), 219. https://doi.org/10.21580/icj.2017.2.2.2170 Bafadhal,
O. M., & Santoso, A. D. (2020). Memetakan Pesan Hoaks Berita Covid-19 Di Indonesia Lintas Kategori, Sumber, Dan Jenis Disinformasi. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(02), 235. https://doi.org/10.30813/bricolage.v6i02.2148
Diskominfo. (2016). KEDUDUKAN, SUSUNAN ORGANISASI, URAIAN TUGAS DAN FUNGSI SERTA TATA KERJA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PROVINSI JAWA TIMUR. June.
Kominfo. (2019). Ahmad Dhani: Saya akan Potong Kemaluan Jika Jokowi Menang. https://www.kominfo.go.id/content/detail/19896/hoaks-ahmad-dhani-saya-akan-potong-kemaluan-jika-jokowi-menang/0/laporan_isu_hoaks
McFadden, C. (n.d.). A brief timeline of YouTube’s history and its impact on the internet. Interesting Engineering, Inc. https://interestingengineering.com/culture/youtubes-history-and-its-impact-on-the-internet
Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D., ,.غسان, د
Taniredja, T., Faridli, E. Miftah., & Harmianto, S. (2016). PERGESERAN NILAI MORAL DALAM DRAMA KOMEDI MUSIKAL “BIDADARI MERAH PUTIH” KARYA YUSEF MULDIYANA. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.
Nugrahardi Ramadhani, Rabendra Yudistira, Nurina Orta Darmawati, Didit Prasetyo, Putri Dwitasari, R. P. K. (2022). Bagian Articles Gamifikasi Upaya Menangkal Hoaks Terhadap Informasi Vaksinasi Covid-19 di Social Media dalam Scope Keluarga. Sewagati, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.12962/j26139960.v6i1.143
Nugroho, S. E. (2019). Siaran pers “Meningkatnya Dominasi Hoaks Politik Jelang Pemilu.” Mafindo. https://www.mafindo.or.id/2019/03/16/siaran-pers-meningkatnya-dominasi-hoaks-
politik-jelang-pemilu/
Nurdiana, A., Marlina, R., & Adityasning, W. (2021). Berantas Hoax Seputar Vaksin Covid-19 Melalui Kegiatan Edukasi dan Sosialisasi Vaksin Covid-19. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 489–495. https://doi.org/10.35568/abdimas.v4i1.1175
Psikologi Sains, M., Psikologi Universitas Gadjah Mada, F., Sosio Humaniora Bulaksumur, J., & Istimewa Yogyakarta, D. (n.d.). BENAR ATAU SALAH?: PENGARUH MUSIK LATAR FILM TERHADAP EMOSI DAN PENILAIAN MORAL Syuraswati Muhiddin. Pengaruh Musik Latar Film Terhadap Emosi Dan Penilaian Moral Proyeksi, 16(1), 25–40.
Rohit Shewale. (2023). YouTube Statistics For 2023 (Demographics & Usage). Demand Sage.
Tinarbuko, S. (2017). Semiotika Tanda Verbal dan Tanda Visual Iklan Layanan Masyarakat. Panggung, 26(2), 181–194. https://doi.org/10.26742/panggung.v26i2.175 Wahyudi, L., &
Kusuma, M. R. P. (2021). Perancangan Motion Graphic Iklan Layanan Masyarakat : Stop Tolak Pemakaman Korban Covid-19. Desain Komunikasi Visual Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 6(2), 297. https://doi.org/10.25124/demandia.v6i2.3483
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).