PERANCANGAN TYPEFACE SEBAGAI IDENTITAS VISUAL DIENG CULTURE FESTIVAL 2024

Authors

  • Aprian Dwi Nur Sembada Sebelas Maret University
  • Esty Wulandari Sebelas Maret University

Keywords:

Dieng Culture, fes?val budaya, iden?tas visual, typeface

Abstract

Dieng Culture Festival (DCF) merupakan festival budaya tahunan yang diselenggarakan di desa Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara. DCF memiliki konsep Community Based Tourism (CBT) yang dikelola langsung oleh warga setempat melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa. Keberlangsungan DCF perlu dirancang identitas visual yang sesuai dengan nilai budaya setempat. Identitas visual pada suatu festival harus dirancang semenarik mungkin karena menjadi titik kontak pertama dengan pengunjung. Salah satu media penyampaian identitas visual adalah dengan perancangan typeface. Typeface dinilai dapat mengekspresikan suatu entitas dengan baik sesuai kebutuhannya. Selain itu perancangan typeface secara khusus untuk keperluan tertentu dapat mengurangi biaya lisensi font. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengambilan data berupa wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi serta didukung dengan pengumpulan data secara kuisioner sebagai bagian dari kegiatan observai. Metode perancangan typeface menggunakan metode Designing Type yang dikembangkan Karen Cheng. Tujuan peneli?an ini adalah menciptakan typeface yang dapat digunakan sebagai identitas DCF 2024 dengan pendekatan ekspresionisme. Pada peneliitan berbasis budaya lokal diekspresikan pada desain typeface dengan penyesuaian praktis pada identitas visual DCF 2024.

References

Al Maida, K., & Suryaman, M. (2023). TRADISI RUWATAN RAMBUT GIMBAL DI DIENG:

SEBUAH KAJIAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES. SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi, 17(1).

Carter Rob, Maxa Sandra, Sander Mark, Meggs B. Philip, & Day Ben. (2018). Typographic

Design: Form and Communication (7th ed.). John Wiley & Sons.

Cheng, K. (2020). Designing Type (2nd ed.). Yale University Press.

Chrisanti, S. I. (2021). Persepsi Masyarakat Dieng Terhadap Ruwatan Rambut Gimbal:

Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Komunikasi Dan Media, 1(2), 147–155.

Dieng Pandawa. (2022). Dieng Culture Festival. URL: Htps://Diengpandawa.Com/Dieng-

Culture-Festival [DIakses Pada 9 Maret 2023].

Fauni, R. N., & Sukmayadi, T. (2022). Nilai-Nilai Kearifan Lokal yang Terkandung dalam

Dieng Culture Festival (DCF) di Banjarnegara untuk Membangun Karakter Bangsa.

Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 3(2), 92–105.

Meyrick, T., & Taffe, S. (2019). Authenticating typography in cultural festival brand marks. Rosilawati, Y., Daffa, N., & Ariya?, S. K. (2021). Promotion strategy of Dieng Culture Fes?valDCF) as sustainable tourism based on local community. E3S Web Conf., 316. htps://doi.org/10.1051/e3sconf/202131604012

Setiawan, A. (2018). Metodologi Desain. Artex.

Sihombing, D. (2017). Tipografi dalam Desain Grafis (Diperbarui). Penerbit PT Gramedia

Pustaka Utama.

Tinarbuko, S. (2010). Semiotika Komunikasi Visual. Jalasutra.

Unger, G. (2018). Theory of Type Design. naio10.

Victionary. (2022). Graphic Fest Spot-on Identities for Festivals & Fairs. viction:workshop

ltd.

Visit Jawa Tengah. (2023). Dieng Culture Festival Resmi Ditiadakan. URL:Htps://Visitjawatengah.Jatengprov.Go.Id/Id/Ar?kel/Dieng-Culture-Fes?val-2023-Resmi-Ditiadakan [Diakses Pada 24 Juli 2023].

Downloads

Published

2024-09-30