“PARENTING IBU BISA!” : PENYUTRADARAAN MAGAZINE SHOW TV

Authors

  • Apriani Dwi Resmiyati
  • Ranang Agung Sugihartono

DOI:

https://doi.org/10.33633/andharupa.v10i02.8712

Keywords:

penyutradaraan, televisi, magazine show, parenting, penelitian artistik

Abstract

Abstrak Fenomena ibu-ibu muda yang membutuhkan panduan dalam mengasuh anak menjadi tema penting untuk diangkat dalam program televisi. Penelitian artistik ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana program magazine show dirancang dan disutradarai dengan topik parenting. Penciptaan program ini dengan konsep penyutradaraan what people want and need to see dan dikreasi menggunakan SOP produksi televisi yaitu praproduksi, produksi, dan pascaproduksi. Penelitian artistik ini menghasilkan sebuah program acara magazine show berjudul Ibu Bisa! episode Sabtu Bersama Ibu dengan topik parenting yang terdiri atas enam rubrik dan disajikan dalam empat segmen. Program Ibu Bisa! berhasil diproduksi melalui pemilihan topik yang tepat, penentuan narasumber berkompenten, dan penerapan konsep visual (warna, animasi, supers text) yang dikemas sebagai kesatuan bentuk (form) dan isi (content). Sehingga, program ini dapat menjadi tayangan menarik dan memberikan nilai tambah bagi penonton ibu-ibu muda dalam memahami dan mengaplikasikan parenting.   Kata Kunci: Penyutradaraan, televisi, magazine show, parenting , penelitian artistik   Abstract The phenomenon of young mothers preparing to raise children becomes an interesting theme to be presented in television programs. This artistic research aims to describe how magazine show programs are designed and directed with the topic of parenting. The creation of this program uses the concept of directing “what people want and need to see” and is created using television production SOPs, namely pre-production, production and post-production. This artistic research resulted in a magazine show program titled Ibu Bisa! the ‘Saturday with Mother’ (Sabtu Bersama Ibu) episode with the topic of parenting which consists of six rubrics and is presented in four segments. Ibu Bisa! program successfully produced through selecting the right topic, determining competent sources, and applying visual concepts (colors, animations, supers text) which is packaged as a unified form and content. So, that this program can become an interesting show and provide added value for viewers of young mothers in understanding and applying parenting.   Keywords: directing, television, magazine show, parenting

References

Afrilia, A. M. (2017). Penggunaan New Media di Kalangan Ibu Muda sebagai Media Parenting Masa Kini. Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, 1(1), 31–42.

Bignell, Jonathan & Woods, Faye. (2023) An Introduction to Television Studies. 4th Edition. London: Routledge.

CAP. (n.d.). Use of Superimposed Text in Television Advertising: Advertising Guidance (Broadcast). London: The Committee of Advertising Practice (CAP).

Collie, C. (2012). The Business of TV Production. Cambridge University Press.

Datacolor. (2020). Create Your Dream Nursery with ColorReader EZ. (2020, October 2). Datacolor-ColorReader. https://www.datacolor.com/colorreader/blog/create-your-dream-nursery-with-colorreader-ez/

Feldman, R. (2015). The Adaptive Human Parental Brain: Implications for Children’s Social Development. Trends in Neurosciences, 38(6), 387–399.

Huda, A. (2019). Cara Mudah Belajar Desain Grafis (Corel Draw, Photoshop dan Sablon Digital). UNP PRESS.

Novliadi, F., Safrin, Ramadhani E. (2023). Membangun Komunikasi Orang Tua Dan Anak Melalui Program Parenting Di TK Ar-Rahman, Desa Tadukan Raga, Kecamatan STM Hilir, Deli Serdang. KomunikA Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 19 No. 01.

Pangestu, Ravik Dwi. (2019). Penyutradaraan Magazine D’Tail Episode Wedangan Pendopo dengan Komposisi Split Screen. ISI Surakarta

Putra, R. W. (2021). Pengantar Desain Komunikasi Visual dalam Penerapan. Penerbit Andi.

Prayudhani, Oktaviana. (2019). Kemampuan Kognitif-Nonkognitif dan Labor Market Outcomes: Studi Empiris Menggunakan Data IFLS 2014. Jurnal Ketenagakerjaan, 14 (2), 98 - 111

Santrock, J. W. (2020). Child Development: An Introduction 15th Edition. McGraw-Hill Education.

Supriyono, A., Idrus, S. I., Buana, I. C., Sihombing, I. N., Noviar, M. H. (2019). Modul Presentasi dengan Infografis. Bidang Perencanaan Diklat DPR RI.

Syuhudi, M. I. (2022), Berbagi Kuasa: Kesetaraan Peran Suami Istri dalam Rumah Tangga. Mimikri; Jurnal Agama dan Kebudayaan, 8(1), 207 – 229.

Wicaksono, Bagas Radityo., Agustrijanto. (2022). Evaluasi Produksi Video UMKM Jasijuka di Facebook. Jurnal Mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis, 8(2), 2216 - 2227

Wijaya, Erris; Rahmanto, Andre & Muhammad, Albert. (2022). Preferensi Media Para Millenial terhadap Televisi Konvensional (Free To Air) dan Layanan Video Berlangganan (Over The Top). ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, Vol.08 No.04, p. 447- 465

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles