METAFORA VISUAL IKLAN SUSU ULTRA MILK X ITZY

Authors

  • Chairini Aisyah Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Handriyotopo Handriyotopo Institut Seni Indonesia Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33633/andharupa.v10i01.8457

Abstract

AbstrakIdol Korea Selatan dalam beberapa dekade terakhir menjadi trend di kalangan generasi muda khususnya di Indonesia sebagai kiblat dalam fashion dan kegiatan beraktivitas. Penggunaan idol korea sebagai duta merek tidak luput menjadi perhatian untuk menjadikan sebagai promosi pada iklan, terutama pada iklan di media televisi maupun media YouTube. Penelitian ini menarik perhatian terhadap pentingnya teks media umum dalam mengevaluasi aspek verbal dan visual terhadap iklan yang memanfaatkan idol Korea Selatan dalam mempromosikan korespondensi di Indonesia. Dalam iklan visual susu Ultra Milk X ITZY, generasi muda digambarkan memiliki kekuatan keberanian, kecerdasan, rasa cinta, keunikan, dan kekuatan dalam citra perempuan di setiap varian rasa susu Ultra Milk. Promosi ini juga dimaksudkan dalam rangka merayakan ulang tahun susu Ultra Milk ke-50. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dalam menemukan data-data yang dilakukan secara analisis deskriptif. Telaah data dalam penelitian ini menggunakan metode Apropriasi Minus One dengan memisahkan komponen pembentuk iklan seperti visual, audio atau musik, dan teks. Temuan penelitian ini adalah menjelaskan makna interpretasi dari pesan metafora iklan dengan hastag don’t stop your move yang dikampanyekan susu Ultra Milk berkolaborasi dengan idol Korean Pop ITZY sebagai duta merek pada tahun 2022 untuk mendorong generasi muda di Indonesia untuk terus aktif bergerak. Kata Kunci: Apropriasi Minus One, iklan, metafora visual, Susu Ultra Milk X Itzy AbstractIn the last few decades, South Korean idols have become a trend among the younger generation, especially in Indonesia, serving as a reference for fashion and daily activities. The use of Korean idols as brand ambassadors has garnered attention, particularly iin advertisements on television and YouTube. This research highlights the importance of analyzing public media texts to assess the verbal and visual aspects of advertisement that leverage South Korean idols to promote correspondence in Indonesia. In the visual advertisement for Ultra Milk X ITZY, the younger generation is portrayed as having the strengths of courage, intelligence, love, uniqueness, and power in the image of women for each variant of Ultra Milk. This promotion is also intended to celebrate the 50th anniversary of Ultra Milk. The research employs as qualitative research method to gather data, conducting descriptive analysis through the Minus One Appropriation method, which separates the components of the advertisement such as visual, audio or music, and text. The findings of this research explain the interpretative meaning of thee metaphorical messege in the advertisement with the hastag don’t stop your move, which was campaigned by Ultra Milk in collaboration with the K-Pop idol group ITZY as brand ambassadors in 2022. The aim is to encourage the younger generation in Indonesia to stay active and keep moving.Keywords: advertising, Minus One Appropriation, Ultra Milk X Itzy Milk, visual metaphor

Author Biography

Chairini Aisyah, Institut Seni Indonesia Surakarta

Mahasiswa Pascasarjana

References

Aisyah, C. (2023). Retorika Visual Iklan Ultra Milk X ITZY di Media YouTube. Institut Seni Indonesia Surakarta.

Anwar, R. P. (2014). The Effect of Korean Wave on Young Generation and Creative Industry in Indonesia. Masyarakat Modern Dan Multikulturalisme, 4(2), 65–89.

Bae, E. s. O., Chang, M., Park, E. S., & Kim, D. C. (2017). The effect of Hallyu on tourism in Korea. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 3(4).

De Beukelaer, C., & Spence, K.-M. (2018). Global Cultural Economy.

Faturahman, W. (2014). Penggunaan Metafora Visual Dalam Video Iklan Layanan Masyarakat Kick It Out. In Jurnal Rekam (Vol. 10, Issue 1).

Faturahman, W. (2019). Analisis Metafora Visual Pada Iklan Televisi Go-Jek Versi “Cerdikiawan” (Vol. 7, Issue 2).

Fiske, J.. (2004). Cultural And Communication Studies. Jalasutra.

Gusri, L. , A. E. , & D. R. S. (2020). Konstruksi Identitas Gender Pada Budaya Populer Jepang (Analisis Etnografi Virtual Fenomena Fujoshi pada Media Sosial). Medialog : Jurnal Ilmu Komunikasi.

Handriyotopo. (2019a). Domain Keris Sebagai Metafora Retorika Film Iklan Mandiri Securitas. Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada.

Handriyotopo. (2019b). METAFORA DAN JEJAK RETORIKA VISUAL KARYA.

Irayanti, I., Yasin, U., Afrilistiani, M., & Indraswari, R. N. (2022). Peran Keluarga Dalam Menumbuhkan Jiwa Nasonalisme Generasi Muda. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 12(1), 21–25.

Jeong, J.-S., Lee, S.-G., & Lee, S.-H. (2017). When Indonesians Routinely Consume Korean Pop Culture: Revisiting Jakartan Fans of the Korean Drama Dae Jang Geum. International Journal of Communication, 11, 2288–2307.

Jung, S. (2011). K-Pop, Indonesian Fandom, and Social Media. Transformative Works and Cultures.

Kennedy, J. E., & Soemanagara, R. D.. (2006). Marketing Communication - Taktik dan Strategi. PT Buana Ilmu Populer.

Krisyantono, R. (2013). Manajemen Periklanan: Teori dan Praktik. Universitas Brawijaya Press.

Lukitaningsih, A. (2013). Iklan yang Efektif Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), 116–129.

Mauluddin, M., Wahyudi, A. I., & Fitriani, S. R. (2021). Revolusi Mental Generasi Muda Indonesia Guna Menyiapkan Golden Age 2045 Dalam Telaah Al-Qur’an Surah Al-Rad Ayat 11(Studi Kajian Tafsir Tematik). In Jurnal Imu Al Quran dan Tafsir (Vol. 4).

Mulyana, D. (2010). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosdakarya.

Ningsih, H. G. (2019). Bangtan Soenyeondan (BTS) Music Video “Idol” As Korean Pop Culture . Universitas Panca Marga Probolinggo.

Palmer, A. (2004). Introduction to Marketing: Theory and Practice (3rd ed.). Oxford University Press.

Poerwadarminta. (1990). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Putri, L. A. (2020). Dampak Korea Wave Terhadap Prilaku Remaja Di Era Globalisasi. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 42–48.

Putri, M. ;, Narawati, C., Rebecca, ;, Lisnawaty, Y., & Pradita, U. (2022). Pengaruh Korean Waves Terhadap Fashion Remaja Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan, Seni, Sains Dan Sosial Humanioral, 1(1), 138–153.

Sakinah, R. N., Hasna, S., & Wayuningsih, Y. (2022). Pengaruh Positif Fenomena K-Pop Terhadap Karakter Generasi Muda di Indonesia. Journal on Education, 05(01), 735–745.

Santoso, F. C., Hadi, I. P., & Yoanita, D. (2020). Sikap Generasi Milenial Terhadap Pesan Budaya Korea Dalam Iklan Mie Sedaap Selection “Korean Spicy Chicken” Di Televisi. Jurnal E-Komunikasi, 8(2), 1–11.

Suprapto, R. (2017). Kajian Metafora Visual Dalam Iklan Televisi Produk Otomotif Tahun 2005-2007.

Topo, H., Lastoro, G. L., & Gustami, S. (2019). Apropriasi Metafora Film Iklan Mandiri Securitas. Capture : Jurnal Seni Media Rekam, 10(1), 27.

Downloads

Published

2024-06-19