Studi Komparatif: Advertising Objective Media Sosial Tiktok Tiket.Com dan Traveloka pada Masa Pandemi Covid 19

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33633/andharupa.v9i02.7930

Abstract

AbstrakManfaat media sosial Tiktok tidak hanya berfungsi hiburan bagi penggunanya namun juga memiliki fungsi bagi perusahaan mendistribusikan konten terkait informasi dan bahkan promosi iklan di dalamnya. Tiket.com dan Traveloka sebagai online travel agent (OTA) terpopuler di Indonesia yang pada massa pandemi Covid 19 tetap mempromosikan brandnya di media social Tiktok dengan perpaduan pesan audio dan visual. Konten dalam media sosial Tiktok menjadi alternatif menghabiskan waktu bagi masyarakat pada saat itu yang dipaksa dan terpaksa berdiam di dalam rumah. Bagi produsen isi dari konten ini dapat digunakan sebagai alat untuk menyampaikan informasi produk atau brand kepada kalangan masyarakat. Penelitian yang menganalisis tujuan periklanan; memberikan informasi (informative), membujuk (persuasive), mengingatkan (reminding), dan nilai tambah (adding value), dengan metode penelitian komparatif dengan teknik analisis isi kuantitatif dari dua akun official Tiktok Tiket.com dan Traveloka. Hasilnya terdapat perbedaan tujuan periklanan signifikan atara dua akun Tiket.com dan Traveloka dengan nilai chi-square 13,58. Dimana terjadi perbedaan di dalam postingan akun kedua official yaitu Tiket.com banyak memunculkan konten yang bersifat persuasif, sedangkan Traveloka cenderung lebih banyak memunculkan konten yang bersifat informatif. Kata Kunci: analisis isi kuantitatif, covid 19, periklanan, studi komparatif, tiket.com, tiktok, traveloka AbstractThe benefits of Tiktok social media not only function as entertainment for its users but also have a function for companies to distribute content related to information and even advertising promotions in it. Tiket.com and Traveloka as the most popular online travel agent (OTA) in Indonesia, which during the Covid 19 pandemic mass continued to promote their brands on Tiktok social media with a combination of audio and visual messages. Content on Tiktok social media became an alternative to spending time for people at that time who were forced and forced to stay at home. For producers, the content of this content can be used as a tool to convey product or brand information to the public. Research that analyzes advertising objectives; providing information (informative), persuading (persuasive), reminding (reminding), and adding value (adding value), with a comparative research method with quantitative content analysis techniques from two official Tiktok accounts Tiket.com and Traveloka. The result is that there are significant differences in advertising objectives between the two Tiket.com and Traveloka accounts with a chi-square value of 13.58. Where there are differences in the account posts of the two official accounts, namely Tiket.com raises a lot of persuasive content, while Traveloka tends to raise more informative content.  Keywords: advertising, comparative study, quantitative content analysis, tiket.com, tiktok, traveloka

Author Biography

Ratih Hasanah Sudradjat, Telkom University

Dosen Ilmu Komunikasi

References

Ahmad, Jumal (2018) “Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis)”. Jurnal Research Gate. Vol. 5. No. 1-20.

Utami, A, D. V., Nujiana,S. Hidayat D. (2021), Aplikasi Tiktok Menjadi Media Hiburan Bagi Masyarakat Dan Memunculkan Dampak Ditengah Pandemi Covid-19, Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 4, No. 1, Februari 2021

Bungin, Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Cahyaningsih, A. (2012). Twitter dan marketing public relations [Universitas Sebelas Maret. Surakarta]. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/30405Twitter-Dan-Marketing-Public-Relations-Analisis-Isi-Tweet-Post-Dalam-Akun-Twitter-Solo-Paragon-Hotel-And-Residences-Dan-The-Sunan-Hotel-Solo-Periode-4-Mei-4-Agustus-2012

Cao, X., Qu, Z., Liu, Y., & Hu, J. J. (2021). How the destination short video affects the customers’ attitude: The role of narrative transportation. Journal of Retailing and Consumer Services, 62(June), 102672.

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu- Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Flourney, D, M., (1989). Analisa Isi Surat Kabar-Surat Kabar Indonesia. Gadjamada University Press, Yogyakarta

Suyanto, F, A., Saridewi, D, A, L. (2021). Video Atraktif sebagai Media Promosi Pariwisata Aman dan Nyaman di Tengah Pandemi COVID-19 (Attractive Video as Promotion Media for a Comfortable and Safe Tourism during COVID-19 Pandemi)

Hayes, C., Stott, K., Lamb, K. J., & Hurst, G. A. (2020). “Making Every Second Count”: Utilizing Tiktok and Systems Thinking to Facilitate Scientific Public Engagement and Contextualization of Chemistry at Home. Journal of Chemical Education.

Prasetyo (2021), Pemanfaatan Media Sosial Pada Destinasi Wisata di Masa Pandemi Covid-19, Kapita Selekta Pariwisata (KSP), Vol. 1, No. 1, September 2021, pp. 101?112.

Istighfarina, N., Hasanah, R, S. (2017), Analisis Isi Daya Tarik Pesan Iklan Berdasarkan Elemen Print Ad pada Iklan Sabun Mandi di Majalah Femina. Jurnal Komunikasi, Vol. 9, No. 1, Juli 2017, Hal 44 - 52

Kesuma, S., & Tamburian, D. (2021). Resepsi Remaja terhadap Konten @BotakTiktok di Media Sosial Tiktok. Koneksi, 5(1), 182.

Kriyantono, Rahmat., (2006) Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana, hal. 57

Krippendorf, K., (1991) Content Analysis: an introduction ot its Methodology, SAGE Publucations, 34-37.

Pamungkas, Adi (2022), Narasi Dan Representasi Kearifan Lokal Dalam Video Promosi Pariwisata The Heartbeat of Toba, Jurnal desain komunikasi visual dan multimedia, vol. 8, no 3.

Pradiatiningtyas, D. (2015). Analisa Buying Behavior Pada Online Travel Agent. Jurnal Khasanah Ilmu, 6 No 2(2), 56–61.

Rizal, A. (2020, November 7). Demi Promosikan Artis, Tiktok Beli Hak Cipta Musik Sony Music. Infokomputer. https://infokomputer.grid.id/read/122416109/demi-promosikan-artis-Tiktok-beli-hak-cipta-musik-sony-music#:~:text=Aplikasi Tiktok menjalin kesepakatan kerja, memilih lagu yang lebih beragam.

SensorTower. (2020). Top Apps Worldwide for March 2020 by Downloads. Https://Sensortower.Com/. https://sensortower.com/blog/top-apps-worldwidemarch-2020-by-downloads

Setiawan, N. (2018). Statistika Nonparametrik Untuk Penelitian Sosial Ekonomi Peternakan. 101.http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2009/03/statistika_nonparametrik.pdf

Simon P. Anderson and R Renault (2006) Advertising Content, The American Economic Review, Vol. 96, No. 1, pp. 93-113

Winarso, B. (2021). Apa Itu Tiktok dan Apa Saja Fitur-fiturnya? Dailysocial.Id. https://dailysocial.id/post/apa-itu-tik-tok

Zebua, F. (2018, February 22). Laporan DailySocial: Survey Online Travel Agencies (OTA) 2018. Dailysocial.Id. https://dailysocial.id/post/laporan-dailysocial-survey-online-travel-agencies-ota-2018

Downloads

Published

2024-06-19

Issue

Section

Articles