City Branding melalui Media Tiktok di Provinsi Jawa Timur

Totok Wahyu Abadi

Abstract


Abstrak

City branding adalah aktivitas pemasaran yang dilakukan institusi untuk memperkenalkan identitas kota kepada masyarakat agar lebih mudah diingat dan populer. Media yang dapat digunakan untuk mempopulerkan identitas kota salah satunya adalah TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh media TikTok, motivasi penggunaan media sosial, dan user generated content (UGC) terhadap city branding kabupaten/kota di Jawa Timur. Konsep dasar yang digunakan adalah teori media sosial TikTok dari Kaplan & Haenlein, teori motivasi penggunaan media dari Mc Quail, dan teori City branding Hexagon dari Simon Anholt. Hipotesis penelitian ini menyatakan bahwa media TikTok, motivasi penggunaan media sosial, dan UGC berpengaruh secara simultan, partial, dan positif terhadap city branding kabupaten/kota di Jawa Timur. Penelitian kuantitatif eksplanatif ini menggunakan sampel sejumlah 207 pengguna aplikasi TikTok sebagai responden di Jawa Timur. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi city branding kabupaten/kota di Jawa Timur adalah kualitas media TikTok sebagai media promosi, motivasi penggunaan medsos, dan UGC.  Pengaruh ketiga variabel tersebut terhadap city branding yaitu 23 persen dan sisanya 77 persen dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak dimodelkan oleh penelitian ini. Kebaruan penelitian ini adalah media sosial menjadi determinasi dan efektif sebagai media komunikasi marketing city branding kabupaten/kota yang memiliki potensi pariwisata.

 

Kata Kunci: city branding, motivasi pengguna, tiktok, user generated content (UGC)


 

Abstract

City branding is a marketing activity carried out by institutions to introduce the city's identity to the public so that it is more memorable and famous. TikTok is one of the media that can be used to popularize city identity. This study aims to analyze and explain the influence of TikTok media, motivation to use social media, and user-generated content on the city branding of districts/cities in East Java. The basic concepts used are TikTok social media theory from Kaplan & Haenlein, Mc Quail's theory of media use motivation and Simon Anholt's City branding Hexagon theory. This research hypothesis states that TikTok media, motivation to use social media, and UGC simultaneously, partially, and positively affect the city branding of districts/cities in East Java. This explanatory quantitative research used a sample of 207 TikTok application users as respondents in East Java. The results of this study show that the factors that influence the city branding of districts/cities in East Java are the quality of TikTok media as a promotional medium, motivation to use social media, and UGC. The influence of the three variables on city branding is 23 percent, and the remaining 77 percent is influenced by other factors not modeled by this study. The novelty of this research is that social media is determinant and effective as a marketing communication medium for city branding in districts/cities with potential tourism.

 

Keywords: city branding, tiktok, user motivation, user-generated content (UGC)


Full Text:

PDF

References


Alifrahmi, & N, R. (2021). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Pengunjung Wisata Atlantis Water Adventure Ancol Di Jakarta Utara. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1).

Anindyo, S. A., & Khairina, H. (2020). City branding Kecamatan Poncokusumo Sebagai Kawasan Desa Wisata Di Kabupaten Malang City branding Of Poncokusumo As A Tourism Area OF. 8, 99–107.

Aprilia, S., & Rachmawati, I. (2020). Pengelolaan User-Generated Content sebagai Strategi Promosi dalam Membentuk Brand Image. Prosiding Manajemen Komunikasi, 446–448.

Aulia, A. R., & Yulianti, A. L. (2019). Pengaruh City branding “A Land Of Harmony” Terhadap Minat Berkunjung Dan Keputusan Berkunjung Ke Puncak, Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) 1,2, 3(3), 71.

Azhari, S., & Ardiansah, I. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial TikTok Sebagai Platform Pemasaran Digital Produk Olahan Buah Frutivez (@ hellofrutivez ). 10(1), 222–229.

BPS Provinsi Jawa Timur. (2020). Statistik Pariwisata Provinsi Jawa Timur 2020.

Chan, A. (2021). City Image : City branding and City Identity Strategies. 10(1), 330–341.

Chris Heuer dalam Solis. (2010). Engage: The Complete Guide for Brands and Businesses to Build, Cultivate, and Measure Success in the New Web. New Jersey.

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial TikTok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71.

Dianda Mayreena Wibowo, V., Luh Ramaswati Purnawan, N., & Dewa Ayu Sugiarica Joni, I. (2020). Motif Mengunggah Video TikTok ke Dalam Media Sosial Instagram di Kalangan Remaja di Kota Denpasar. 1–9.

Dwitania, F. S., & Pratiwi, A. (2022). Media Sosial Sebagai Media Penyebaran Informasi COVID-19 Oleh Diskominfo Kota Depok (Social Media as A Media for Information Dissemination of Covid-19 Through Diskominfo Kota Depok). Jurnal Sains Terapan, 12(1), 1–20.

Era Purike, Astriana Baiti, & Nur Azizah. (2022). Sikap Pengguna Media Sosial Terhadap Informasi Publik Yang Disampaikan Pemerintah Melalui Media Daring Dan Media Sosial. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, 1(1), 84–94.

Farida, F., Zulaikha, Z., & Putro, H. E. (2020). Desentralisasi Wisata Religi Indonesia Melalui City branding Wisata Kabupaten Bangkalan Madura. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(02), 223.

Gautama, V. A. (2022). User Generated Content pada TikTok dan Penggunaannya di Kalangan Muda. 6(4), 2394–2406.

Gunawan, L. (2016). Motif dan Kepuasan Masyarakat Surabaya dalam Menonton Program Dialog “Titik Tengah” di Metro TV Jawa Timur. JURNAL E-KOMUNIKASI, 4(1).

Handoko, L. A., Hermansyah, P., Kharisma, N., & Septiyana, T. O. (2015). Kota Reyog sebagai City branding Kabupaten Ponorogo (Analisa Akun Instagram @Pariwisata). Prosiding Simposium Nasional, 918–930.

Hasanah. (2022). Pariwisata Jatim Naik 5000 Persen di Tahun 2022. https://rri.co.id/surabaya/daerah/79928/pariwisata-jatim-naik-5000-persen-di-tahun-2022#:~:text=Beberapa diantaranya ialah Kawah Ijen,Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang).

Hilman, Y. A., Megantari, K., Studi, P., Pemerintahan, I., Ponorogo, U. M., Studi, P., Komunikasi, I., & Ponorogo, U. M. (2018). Model City branding Sebagai Strategi Penguatan Pariwisata Lokal Provinsi Jawa Timur. Komunikasi Dan Kajian Media. http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/784/717

Intyaswono, S., Yulianto, E., & Mawardi, M. K. (2016). Peran Strategi City branding Kota Batu Dalam Trend Peningkatan Kunjungan Wisatawan Mancanegara. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|, 30(1). administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id

Isdarmanto, I. (2020). Strategi Branding Pengembangan Industri Pariwisata 4.0 Melalui Kompetitif Multimedia di Era Digital. Journal of Tourism and Creativity, 4(1), 1.

Istanto. (2015). Peranan Media Sosial Dalam Pendidikan. Jurnal Ilmiah WUNY, 16(6), 39.

Luthfi, A., & Widyaningrat, A. I. (2018). Konsep city branding sebuah pendekatan “the city brand hexagon” pada pembentukan identitas kota. Seminar Nasional Manajemen Dan Bisnis, 3(2013), 315–323. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/9178

M. Kaplan, A., & HaenLein, M. (2010). User Of The World, Unite! The. Challenges and Opportunities Of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68.

Marta, R., Havifi, I., & Safril, F. A. (2022). Model Komunikasi City branding Pariwisata Sumatera Barat Di Tengah Adaptasi Kebiasan Baru Pandemi Covid-19. Jurnal Niara, 15(1), 112–124.

Mcquail. (1991). Teori Komunikasi Massa Mcquail. Erlangga.

Muslimah, T., Dida, S., & Setiyanti, Y. (2021). City branding Pariwisata Dalam Media Sosial. 22–45.

Mustari, N., Hartaman, N., Audrina Sahrir, V., Rahmi Aulia, N., & Atirah H, S. (2021). Branding Pariwisata dalam Pengembangan Objek Wisata di Kabupaten Majene. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(2), 282–293.

Ngurah Triyana, I. G. (2018). Media Sosial dama Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Guna Widya, 79–90. https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/GW/article/view/614

Ningrum, R. K., & Prihantoro, E. (2020). Pengaruh Intensitas Dan Motif Penggunaan Media Instagram Terhadap Kepuasan Mendapatkan Informasi Followers Akun @soloinfo. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi (JRMDK) Vol., Vol. 2 No.(2), 60–67.

Obiyanto, A. (2022). Motif Bermain Game Online Studi Kasus Pada Remaja Desa Sumbersari Banyuwangi. Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(1), 1–17.

Prakoso, B. D., & Marlena, N. (2020). Pengaruh City branding Dan Media Sosial Instagramterhadap Keputusan Berkunjung Di Lumpur Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(1), 632–638.

Pramiyanti, A., Putri, I. P., & Nureni, R. (2014). Motif Remaja dalam Mengggunakan Media Baru (Studi pada Remaja di daerah sub-urban Kota Bandung). KomuniTi, VI(2), 95–103.

Purba, H. (2022). User Generated Content dan Pemanfaatan Media Sosial Dalam Perkembangan Industri Pariwisata : Literature Review. Professional, 9(2), 229–238.

Purwowibowo, P. (2020). Banyuwangi: Kota Festival Menuju Destinasi Wisata Indonesia Dan Dunia. Journal of Tourism and Creativity, 4(2), 95.

Rachman, A., Setiawati, L., & Rafdinal, W. (2021). Pengaruh Informasi UGC dari Media Sosial pada Minat Berwisata di Destinasi Wisata Jawa Barat. Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar Bandung, 4-5 Agustus 2021 Pengaruh, 4–5.

Rayinda, M. A., & Irwansyah. (n.d.). Pengaruh User Generated Content Terhadap Perilaku Para Foodie Pengguna Media Sosial.

Rusadi, S., & Wedayanti, M. D. (2019). Strategi City branding Oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Siak Dalam Peningkatan Daya Tarik Pariwisata. WEDANA: Jurnal Kajian Pemerintahan, Politik Dan Birokrasi, 5(2), 16–21.

Rusnali, A. N. A. (n.d.). Penggunaan User Generated Content ( Ugc ) TikTok Dalam Dunia Kesehatan. 49–56.

Ruth, D., & Candraningrum, D. A. (2020). Pengaruh Motif Penggunaan Media Baru TikTok terhadap Personal Branding Generasi Milenial di Instagram. Koneksi, 4(2), 207.

Sa’diya, L., & Andriani, N. (2018). Peran City branding Dan Event Pariwisata Dalam Menignkatkan Kunjungan Wisatawan. Kompetensi, 12(2), 258–265.

Saffitri, E. A., & Widati, E. (2022). Efektivitas Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial “Instagram” Yang Dilakukan Oleh Umkm Refiza. Jurnal USAHA, 3(1), 51–71.

Safriana, S., & Samatan, N. (2022). Pengaruh Motif Penggunaan Media Sosial Dan Kualitas Informasi Akun Instagram @Indozone.id Terhadap Kepuasan Followers Generasi Z Dalam Memperoleh Informasi. Jurnal Komunikasi Dan Media, 2(1), 17–25.

Saraswati, H. D., & Afifi, S. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Di Masa Pandemi Covid-19. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12(2), 138–155.

Sari, N. A., Bukhari, B., Usman, U., & Hamzah, P. K. (2019). Hubungan Motif dan Kepuasan Penggunaan Media Sosial Instagram di Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam Angkatan 2014-2017. AL MUNIR : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(2), 74–78.

Solomon, M. R., & Tuten, T. L. (2018). Social Media Marketing. In Sage Publications.

Sri Mulyani, Y. dkk. (2022). Pemanfaatan Media Sosial TikTok Untuk Pemasaran Bisnis Digital Sebagai Media Promosi. Penelitian Manfaat Media Sosial Untuk Pemasaran, 11(1), 3. http://stp-mataram.e-journal.id/JHI

Supriadi, D. & Agustin, H. (2019). Dampak Dinamika Komunikasi di Media Sosial terhadap Pelestarian Lingkungan Studi Kasus pada Kebijakan Penurunan Status Cagar Alam Kamojang dan Papandayan Dampak Dinamika Komunikasi di Media Sosial terhadap. Ultima Comm, 11(1), 69–91.

Syahreza, M. F., & Tanjung, I. S. (2018). Motif Dan Pola Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Unimed. Jurnal Interaksi, 2(1), 61–84.

Wahid, W. N. (2019). Strategi Pemasaran Pariwisata Melalui City branding Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lumajang. Administrasi Negara, 8, 1–9.

Willianti, C., & Oktavianti, R. (2019). Pengaruh Motif Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Followers @pluffyschoice). Prologia, 3(1), 47.




DOI: https://doi.org/10.33633/andharupa.v9i02.7911

Article Metrics

Abstract view : 410 times
PDF - 298 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by:

 

 

 

Andharupa Journal (p-ISSN: 2477 - 2852 | e-ISSN: 2477 - 3913) is published by Dian Nuswantoro University, Semarang. This Journal is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.