Pengembangan dan Perancangan Multimedia Video Tutorial Perawatan Tangan dan Kaki
DOI:
https://doi.org/10.33633/andharupa.v8i04.6773Abstract
AbstrakKemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah berada di tahap digital yang membutuhkan inovasi media pembelajaran yang efektif dan efisien serta mampu menjadikan peserta didik tetap aktif dan mandiri. Multimedia video tutorial merupakan media pembelajaran yang mampu mendukung peserta didik tetap aktif dan mandiri tanpa batas waktu dan ruang serta membantu pengajar untuk memudahkan memberikan materi. Khususnya pada materi pembelajaran perawatan kuku tangan dan kaki sebagai bahan kesiapan peserta didik dalam melaksanakan praktik perawatan kuku tangan dan kaki masih menggunakan media Microsoft Powerpoint sehingga untuk kegiatan praktik belum bisa maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan identifikasi, membuat perencanaan dan pengembangan, melakukan validasi dan uji coba produk serta melakukan revisi. Pada proses merancang dan membuat serta mengembangkan multimedia video tutorial perawatan tangan dan kaki dilakukan validasi multimedia ke ahli materi dan ahli multimedia, serta melakukan uji coba kepada calon user. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Temuan dalam penelitian ini, multimedia yang dibuat termasuk kepada kategori “layak sekali” yang dikuatkan dengan hasil validasi oleh validasi ahli multimedia dan ahli materi serta calon user yang dengan harapan dapat dijadikan media pembelajaran perawatan tangan dan kaki. Kata Kunci: materi pembelajaran, multimedia, perawatan tangan dan kaki, video tutorial AbstractThe progress of science and technology is already at the digital stage which requires effective and efficient learning media innovation and is able to make students active and independent. Multimedia video tutorials are learning media that are able to support students to stay active and independent without time and space limits and help teachers to make it easier to provide material. Particularly in learning material for the care of fingernails and toenails as a material for the readiness of students to carry out practice of caring for fingernails and toenails, they still use Microsoft Powerpoint media so that practical activities cannot be maximized. The purpose of this research is to identify, plan and develop, validate and test products and make revisions. In the process of designing and creating and developing multimedia video tutorials on manicure and pedicure, multimedia validation was carried out to material experts and multimedia experts, as well as conducting trials to prospective users. The research method used in this study is Research and Development (R&D) using the ADDIE research model. The findings in this study, the multimedia created belongs to the "very feasible" category which is strengthened by the results of validation by the validation of multimedia experts and material experts as well as prospective users which are expected to be used as learning media for manicure and pedicure. Keywords: learning media, multimedia, pedicure and manicure, video tutorialReferences
Aktoriawan, Bima., Sulton., & Sulthoni. (2020). Pengembangan Multimedia Tutorial Materi Sistem Gerak Tubuh Manusia Untuk Memanfasilitasi Siswa Belajar Di Rumah. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan (JKTP), 3(3),317-329.
Almond, Elaine. (1992). Manicure, Pedicure and Advanced Nail Techniques. London: Macmillan Education UK.
Ananda, Sheina., & Jarot, Darma. (2009). Buku Pintar Menguasai Multimedia. Jakarta: Mediakita.
Anasari, T. (2009). Membuat Media Pembelajaran Pembuatan Blog Berbasis Multimedia Pada Smk Negeri 1 Gondang Sragen. Journal Speed, 1(3), 58.
Anindya, Koes. 20014. “Susu Dapat Membuat Kuku Kuat dan Cantik”. Alternatif Kecantikan dan Kesehatan edisi 26.
Ambardini, Rachmah Laksmi. (2009). Aktivitas Fisik Pada Lanjut Usia. UNY Journal.
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal. 3(1),35-43.
Cheppy Riyana. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3A1 UPI
Fikri, Hasnul., & Madona, Ade Sri. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. DI Yogyakarta: Samudra Biru (Anggota IKAPI)
Geminiawan, I. P. H. E., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2018). Karakteristik Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(2),91.
Kamau, P., Mugure, T., Njagi, S., & Mungai, W. (2015). Basic Manicure and Pedicure Skills.
Kusantati, Herni dkk. (2008). Tata Kecantikan Kulit Jilid 2 untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Depok: CV Arya Duta bersama Direktorat Pembinaan SMK, Kemendikbud.
Lendra, Made Dody., & Santoso, Totok Budi. (2009). Beda Pengaruh Kondisi Kaki Datar Dan Kaki Arkus Normal Terhadap Keseimbangan Statis Pada Usia 8-12 Tahun Di Kelurahan Karangasem, Surakarta. Jurnal Fisioterapi, 9(2).49-58.
Luvilla, Britya Maulidka Intar., Widyawati., & Armalina, Desy. (2019). Hubungan Pengetahuan Dan Perilaku Ibu Dengan Kejadian Biang Keringat Pada Bayi Dan Batita. Jurnal Kedokteran Diponegoro. 9(3).
Oka, G. P. A. (2017). Media Dan Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
One Mazhani., Sibanda, Laura., & Deurwaarder, Jan. (2015). Manicure And Pedicure. Francistown: Francistown College of Techincal & Vocational Education.
Ridwan, Vita Agustin., & Lutfiati, Dewi. (2020). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Ict Pada Materi Seni Melukis Kuku (Nail Art) Untuk Kelas XI SMK Negeri 8 Surabaya. Jurnal Tata Rias, 9(1).68-74.
Rukimin, Koderi. (2015). Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal FKIP UNS.
S, Dwi Ermavianti W., & Susilowati, Ani. (2019). Perawatan Tangan, Kaki, Nail Art, dan Rias Wajah Khusus dan Kreatif. Yogyakarta: ANDI.
Saputro, Budiyono. (2017). Manajemen Penelitian Dan Pengembangan (Research & Development). Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Sugihartini, Nyoman., & Yudiana, Kadek. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 15(2).277-286.
Setijani, M.G. (1995). Perawatan Tangan, Kaki, dan Rias Kuku. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen Dikmenjur.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sukmadinata. (2016). Metodologi Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Toselli, Leigh. (2008). Panduan Lengkap Manikur dan Pedikur. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Winaryono, Dwiwidya., & Setiawan, B.E. (2015). Pembangunan Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Fikih Kelas IV Di MI Miftahussalam Bandung Berbasis Desktop. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), 1(1).
Yulianingsih. Eva., Habsya, Chundakus., & Siswanto, Budi. (2017). Perancangan Multimedia Interaktif Sebagai Suplemen Bahan Ajar Mata Pelajaran Gambar Interior Bangunan Gedung. Indonesian Journal of Civil Engineering Education (IJCEE), 3(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).