ASPEK COMPETENCY CIRCLE-P SELEBGRAM DALAM MENGKONTRUKSI PERSONAL BRANDING UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN DARING AUDIENCE PADA ENDORSEMENT

Authors

  • Siti Sa'adah Institut Teknologi Bandung
  • Intan Rizky Mutiaz Institut Teknologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.33633/andharupa.v10i02.6426

Keywords:

konten endorsement, keterlibatan daring audience, personal branding, selebgram

Abstract

Abstrak Instagram sebagai media sosial yang memiliki ekosistem tersendiri mampu menjadi medium bagi para selebgram untuk mengkontruksi dirinya sekaligus memonetisasinya melalui kesepakatan dukungan komersial. Penelitian ini mengulas konsep personal branding yang dikontruksi selebgram, konten endorsement produk fesyen, dan keterlibatan daring audience untuk mengidentifikasi hubungan antara personal branding selebgram dan konten endorsement selebriti instagram dalam menciptakan dan meningkatkan keterlibatan daring audience. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji personal branding selebgram melalui konten endorsement di Instagram yang mempengaruhi keterlibatan daring audience dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang didasarkan pada observasi, dokumentasi, dan wawancara kepada audience. Metode penelitian yang dilakukan adalah studi kasus dan reception studies dengan pendekatan deskriptif komparatif dengan melakukan observasi, dokumentasi imej, dan wawancara.  Hasil penelitian yaitu; selebgram mengkontruksi diri dengan cara membangun personal branding Circle-P aspek competency pada profil diri secara keseluruhan, yaitu meliputi: beda autentik (internal dan eksternal), menjadi diri sendiri (ketekukan melatih diri, kegigihan menemukan keberuntungan), asosiasi reputasi, personality (VAK, pikiran, tindakan, kontrol), dan penampilan diri (Outfit dan gesture).   Kata Kunci: konten endorsement, keterlibatan daring audience, personal branding, selebgram   Abstract Instagram as a social media that has its own ecosystem can be a medium for celebrities to construct themselves as well as monetize it through commercial support deals. This study reviews the concept of personal branding constructed by celebgrams, fashion product endorsement content, and Online audience engagement to identify the relationship between personal branding celebgrams and Instagram celebrity endorsement content in creating and increasing Online audience engagement. This study aims to examine the personal branding of celebgrams through endorsement content on Instagram that affects the Online engagement of the audience using a qualitative approach based on observation, documentation, and interviews to the audience. The research methods carried out are case studies and reception studies with a comparative descriptive approach by making observations, image documentation, and interviews.  The findings obtained are; Celebgrams construct themselves by building personal branding Circle-P aspects of competency on the overall self-profile, which include: authentic differences (internal and external), being yourself (bending self, persistence in finding luck), reputation associations, personality (VAK, thoughts, actions, controls), and self-appearance (outfits and gestures).   Keywords: celebgram, endorsement content, online audience engagement, personal branding

References

Anonim, Instagram Users in Indonesia, NapoleonCat, https://napoleoncat.com/ stats/instagram-users-in-indonesia/2021/01/, (3 November 202).

Dahono, Y., Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021, https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-ini-media-sosial-paling-populer-di-indonesia-20202021, (11 Maret 2021).

Dina Najib H.A, S. F., Daud, I., & Rosa, A. (2019). Pengaruh Trustworthiness, Expertise Dan Attractiveness Celebrity Endorser Di Instagram Terhadap Purchase Intention Produk Hijab (Studi Kasus pada Akun Instagram @gitasav). Jembatan : Jurnal Ilmiah Manajemen, 16(1), 13–30.

Feby, Maksimalkan Penggunaan Konten Instagram, OESMAN, https://oesman.id/maksimalkan-penggunaan-konten-instagram/, (18 September 2021).

Hardilawati, W. L., Binangkit, I. D., & Perdana, R. (2019). Endorsement: Media Pemasaran Masa Kini. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), 88.

Haroen, Dewi. (2014). Personal Branding: Kunci Kesuksesan Berkiprah di Dunia Politik. Jakarta: Gramedia

Hartini, S. (2016). Efektifitas Endorsment pada Media Sosial Instagram pada Produk Skin Care. Bina Insani ICT Journal, 3(1), 234339.

Ikhsan, M., Survei: 5 Media Sosial Paling Populer di Dunia Baca artikel CNN Indonesia "Survei: 5 Media Sosial Paling Populer di Dunia, https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200819154002-185-537377/survei-5-media-sosial-paling-populer-di-dunia, (11 Maret 2021).

Iman, M., Pengguna Instagram di Indonesia Didominasi Wanita dan Generasi Milenial, https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/06/14/pengguna-instagram-di-indonesia-didominasi-wanita-dan-generasi-milenial, (11 Maret 2021).

Instagram by Tama Leaver Tim Highfield Crystal Abidin (z-lib. (n.d.).

Luarn, P., Lin, Y. F., & Chiu, Y. P. (2015). Influence of Facebook brand-page posts on Online engagement. Online Information Review, 39(4), 505–519.

McGurk, S., What is Social Media Engagament and Why it Matters for your Business, http://blog.fusionfarm.com/what-is-social-media-engagement-and-whyit-matters-for-your-business, (10 Maret 2021).

Mulyono, H., Profil dan Biodata Dwi Handayani: Suami, Tanggal Lahir, Umur, Zigi.id, https://hits.zigi.id/profil-dan-biodata-dwi-handayani-suami-tanggal-lahir-umur-3113, (23 September 2021).

Moore, K., & McElroy, J. C. (2012). The influence of personality on Facebook usage, wall postings, and regret. Computers in Human Behavior, 28(1), 267–274.

Puter, C. P. A. (2018). Pengaruh Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. 9(2).

Putri, G. H., & Patria, B. (2018). Pengaruh Endorsement Selebriti Instagram terhadap Minat Beli Remaja Putri. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 4(1), 33.

Putri, N. T. (Universitas T. (2018). Personal Branding Selebgram Melalui Akun Instagram ( Studi Deskriptif Pada Akun @ Nadyarosmania ) Personal Branding Selebgram Through Instagram Accounts ( Descriptive Study On @ Nadyarosmania Account ) Nabila Triyani Putri Program Studi Ilmu Komunikasi Fa. Dialektika, 5(2), 84 pages. http://journal.unla.ac.id/index.php/dialektika/article/view/281

Ramadhan, B., Data Internet di Indonesia dan Perilakunya Tahun 2020, Teknoia, https://teknoia.com/data-internet-di-indonesia-dan-perilakunya-880c7bc7cd19, (11 Maret 2021).

Rumyeni, Penerimaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Kota Pekanbaru, Jurnal Ilmu Komunikasi, 8 (2), pp. 117-132, Dec 2017.

Sabate, F., Berbegal-Mirabent, J., Cañabate, A., & Lebherz, P. R. (2014). Factors influencing popularity of branded content in Facebook fan pages. European Management Journal, 32(6), 1001–1011.

Santoso, A. (2017). Pengaruh Konten Post Instagram Terhadap Online Engagement: Studi Kasus pada Lima Merek Pakaian Wanita. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1), 50–54.

Wasesa, Silih Agung (2018): Personal Branding Code, Noura, Jakarta Selatan.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles