ASPEK COMPETENCY CIRCLE-P SELEBGRAM DALAM MENGKONTRUKSI PERSONAL BRANDING UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN DARING AUDIENCE PADA ENDROSEMENT
DOI:
https://doi.org/10.33633/andharupa.v10i02.6426Abstract
Instagram sebagai media sosial yang memiliki ekosistem tersendiri mampu menjadi mediumbagi para selebgram untuk mengkontruksi dirinya sekaligus memonetisasinya melaluikesepakatan dukungan komersial. Penelitian ini mengulas konsep personal branding yangdikontruksi selebgram, konten endorsement produk fesyen, dan keterlibatan daring audienceuntuk mengidentifikasi hubungan antara personal branding selebgram dan kontenendorsement selebriti instagram dalam menciptakan dan meningkatkan keterlibatan daringaudience. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji personal branding selebgram melalui kontenendorsement di Instagram yang mempengaruhi keterlibatan daring audience denganmenggunakan pendekatan kualitatif yang didasarkan pada observasi, dokumentasi, danwawancara kepada audience. Metode penelitian yang dilakukan adalah studi kasus danreception studies dengan pendekatan deskriptif komparatif dengan melakukan observasi,dokumentasi imej, dan wawancara. Hasil penelitian yaitu; selebgram mengkontruksi diridengan cara membangun personal branding Circle-P aspek competency pada profil diri secarakeseluruhan, yaitu meliputi: beda autentik (internal dan eksternal), menjadi diri sendiri(ketekukan melatih diri, kegigihan menemukan keberuntungan), asosiasi reputasi, personality(VAK, pikiran, tindakan, kontrol), dan penampilan diri (outfit dan gesture).References
Haroen, Dewi. (2014). Personal Branding:Kunci Kesuksesan Berkiprah di Dunia Politik.
Jakarta: Gramedia
Wasesa, Silih Agung (2018): Personal Branding Code, Noura, Jakarta Selatan.
Dina Najib H.A, S. F., Daud, I., & Rosa, A. (2019). PENGARUH TRUSTWORTHINESS,
EXPERTISE DAN ATTRACTIVENESS CELEBRITY ENDORSER DI INSTAGRAM
TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK HIJAB (Studi Kasus pada Akun
Instagram @gitasav). Jembatan : Jurnal Ilmiah Manajemen, 16(1), 13–30.
https://doi.org/10.29259/jmbt.v16i1.9250
Hardilawati, W. L., Binangkit, I. D., & Perdana, R. (2019). Endorsement: Media
Pemasaran Masa Kini. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera
Batam), 7(1), 88.
Hartini, S. (2016). Efektifitas Endorsment pada Media Sosial Instagram pada Produk
Skin Care. Bina Insani ICT Journal, 3(1), 234339.
Instagram by Tama Leaver Tim Highfield Crystal Abidin (z-lib. (n.d.).
Luarn, P., Lin, Y. F., & Chiu, Y. P. (2015). Influence of Facebook brand-page posts on
online engagement. Online Information Review, 39(4), 505–519.
https://doi.org/10.1108/OIR-01-2015-0029
Moore, K., & McElroy, J. C. (2012). The influence of personality on Facebook usage,
wall postings, and regret. Computers in Human Behavior, 28(1), 267–274.
https://doi.org/10.1016/j.chb.2011.09.009
Puter, C. P. A. (2018). Pengaruh Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan
Pembelian. 9(2).
Putri, G. H., & Patria, B. (2018). Pengaruh Endorsement Selebriti Instagram terhadap
Minat Beli Remaja Putri. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology
(GamaJPP), 4(1), 33. https://doi.org/10.22146/gamajpp.45347
Putri, N. T. (Universitas T. (2018). PERSONAL BRANDING SELEBGRAM MELALUI AKUN
INSTAGRAM ( STUDI DESKRIPTIF PADA AKUN @ NADYAROSMANIA ) PERSONAL
BRANDING SELEBGRAM THROUGH INSTAGRAM ACCOUNTS ( DESCRIPTIVE STUDY
ON @ NADYAROSMANIA ACCOUNT ) Nabila Triyani Putri Program Studi Ilmu
Komunikasi Fa. Dialektika, 5(2), 84 pages.
http://journal.unla.ac.id/index.php/dialektika/article/view/281
Sabate, F., Berbegal-Mirabent, J., Cañabate, A., & Lebherz, P. R. (2014). Factors
influencing popularity of branded content in Facebook fan pages. European
Management Journal, 32(6), 1001–1011.
https://doi.org/10.1016/j.emj.2014.05.001
Santoso, A. (2017). Pengaruh Konten Post Instagram Terhadap Online Engagement:
Studi Kasus pada Lima Merek Pakaian Wanita. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1), 50–
Ramadhan, B., Data Internet di Indonesia dan Perilakunya Tahun 2020, Teknoia,
https://teknoia.com/data-internet-di-indonesia-dan-perilakunya-880c7bc7cd19,
(11 Maret 2021).
Rumyeni, Penerimaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Kota Pekanbaru, Jurnal
Ilmu Komunikasi, 8 (2), pp. 117-132, Dec 2017.
Ikhsan, M., Survei: 5 Media Sosial Paling Populer di Dunia Baca artikel CNN Indonesia
"Survei: 5 Media Sosial Paling Populer di Dunia,
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200819154002-185-537377/survei-
-media-sosial-paling-populer-di-dunia, (11 Maret 2021).
Dahono, Y., Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021,
https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-ini-media-sosial-palingpopuler-
di-indonesia-20202021, (11 Maret 2021).
Iman, M., Pengguna Instagram di Indonesia Didominasi Wanita dan Generasi Milenial,
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/06/14/pengguna-instagram-diindonesia-
didominasi-wanita-dan-generasi-milenial, (11 Maret 2021).
Anonim, Instagram Users In Indonesia, NapoleonCat,
https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2021/01/, (3
November 202).
Feby, Maksimalkan Penggunaan Konten Instagram, OESMAN,
https://oesman.id/maksimalkan-penggunaan-konten-instagram/, (18 September
.
McGurk, S., What is Social Media Engagament and Why it Matters for your Business,
http://blog.fusionfarm.com/what-is-social-media-engagement-and-whyitmatters-
for-your-business, (10 Maret 2021).
Mulyono, H., Profil dan Biodata Dwi Handayani: Suami, Tanggal Lahir, Umur, Zigi.id,
https://hits.zigi.id/profil-dan-biodata-dwi-handayani-suami-tanggal-lahir-umur-
, (23 September 2021).
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).