ASPEK COMPETENCY CIRCLE-P SELEBGRAM DALAM MENGKONTRUKSI PERSONAL BRANDING UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN DARING AUDIENCE PADA ENDROSEMENT

Authors

  • Siti Sa'adah Institut Teknologi Bandung
  • Intan Rizky Mutiaz Institut Teknologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.33633/andharupa.v10i02.6426

Abstract

Instagram sebagai media sosial yang memiliki ekosistem tersendiri mampu menjadi mediumbagi para selebgram untuk mengkontruksi dirinya sekaligus memonetisasinya melaluikesepakatan dukungan komersial. Penelitian ini mengulas konsep personal branding yangdikontruksi selebgram, konten endorsement produk fesyen, dan keterlibatan daring audienceuntuk mengidentifikasi hubungan antara personal branding selebgram dan kontenendorsement selebriti instagram dalam menciptakan dan meningkatkan keterlibatan daringaudience. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji personal branding selebgram melalui kontenendorsement di Instagram yang mempengaruhi keterlibatan daring audience denganmenggunakan pendekatan kualitatif yang didasarkan pada observasi, dokumentasi, danwawancara kepada audience. Metode penelitian yang dilakukan adalah studi kasus danreception studies dengan pendekatan deskriptif komparatif dengan melakukan observasi,dokumentasi imej, dan wawancara. Hasil penelitian yaitu; selebgram mengkontruksi diridengan cara membangun personal branding Circle-P aspek competency pada profil diri secarakeseluruhan, yaitu meliputi: beda autentik (internal dan eksternal), menjadi diri sendiri(ketekukan melatih diri, kegigihan menemukan keberuntungan), asosiasi reputasi, personality(VAK, pikiran, tindakan, kontrol), dan penampilan diri (outfit dan gesture).

Author Biographies

Siti Sa'adah, Institut Teknologi Bandung

Siti Sa'adah Sumedang, 15 Sepetember 1993

Intan Rizky Mutiaz, Institut Teknologi Bandung

Dr. Intan Rizky Mutiaz. M.Ds Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung

References

Haroen, Dewi. (2014). Personal Branding:Kunci Kesuksesan Berkiprah di Dunia Politik.

Jakarta: Gramedia

Wasesa, Silih Agung (2018): Personal Branding Code, Noura, Jakarta Selatan.

Dina Najib H.A, S. F., Daud, I., & Rosa, A. (2019). PENGARUH TRUSTWORTHINESS,

EXPERTISE DAN ATTRACTIVENESS CELEBRITY ENDORSER DI INSTAGRAM

TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK HIJAB (Studi Kasus pada Akun

Instagram @gitasav). Jembatan : Jurnal Ilmiah Manajemen, 16(1), 13–30.

https://doi.org/10.29259/jmbt.v16i1.9250

Hardilawati, W. L., Binangkit, I. D., & Perdana, R. (2019). Endorsement: Media

Pemasaran Masa Kini. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera

Batam), 7(1), 88.

Hartini, S. (2016). Efektifitas Endorsment pada Media Sosial Instagram pada Produk

Skin Care. Bina Insani ICT Journal, 3(1), 234339.

Instagram by Tama Leaver Tim Highfield Crystal Abidin (z-lib. (n.d.).

Luarn, P., Lin, Y. F., & Chiu, Y. P. (2015). Influence of Facebook brand-page posts on

online engagement. Online Information Review, 39(4), 505–519.

https://doi.org/10.1108/OIR-01-2015-0029

Moore, K., & McElroy, J. C. (2012). The influence of personality on Facebook usage,

wall postings, and regret. Computers in Human Behavior, 28(1), 267–274.

https://doi.org/10.1016/j.chb.2011.09.009

Puter, C. P. A. (2018). Pengaruh Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan

Pembelian. 9(2).

Putri, G. H., & Patria, B. (2018). Pengaruh Endorsement Selebriti Instagram terhadap

Minat Beli Remaja Putri. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology

(GamaJPP), 4(1), 33. https://doi.org/10.22146/gamajpp.45347

Putri, N. T. (Universitas T. (2018). PERSONAL BRANDING SELEBGRAM MELALUI AKUN

INSTAGRAM ( STUDI DESKRIPTIF PADA AKUN @ NADYAROSMANIA ) PERSONAL

BRANDING SELEBGRAM THROUGH INSTAGRAM ACCOUNTS ( DESCRIPTIVE STUDY

ON @ NADYAROSMANIA ACCOUNT ) Nabila Triyani Putri Program Studi Ilmu

Komunikasi Fa. Dialektika, 5(2), 84 pages.

http://journal.unla.ac.id/index.php/dialektika/article/view/281

Sabate, F., Berbegal-Mirabent, J., Cañabate, A., & Lebherz, P. R. (2014). Factors

influencing popularity of branded content in Facebook fan pages. European

Management Journal, 32(6), 1001–1011.

https://doi.org/10.1016/j.emj.2014.05.001

Santoso, A. (2017). Pengaruh Konten Post Instagram Terhadap Online Engagement:

Studi Kasus pada Lima Merek Pakaian Wanita. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1), 50–

Ramadhan, B., Data Internet di Indonesia dan Perilakunya Tahun 2020, Teknoia,

https://teknoia.com/data-internet-di-indonesia-dan-perilakunya-880c7bc7cd19,

(11 Maret 2021).

Rumyeni, Penerimaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Kota Pekanbaru, Jurnal

Ilmu Komunikasi, 8 (2), pp. 117-132, Dec 2017.

Ikhsan, M., Survei: 5 Media Sosial Paling Populer di Dunia Baca artikel CNN Indonesia

"Survei: 5 Media Sosial Paling Populer di Dunia,

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200819154002-185-537377/survei-

-media-sosial-paling-populer-di-dunia, (11 Maret 2021).

Dahono, Y., Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021,

https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-ini-media-sosial-palingpopuler-

di-indonesia-20202021, (11 Maret 2021).

Iman, M., Pengguna Instagram di Indonesia Didominasi Wanita dan Generasi Milenial,

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/06/14/pengguna-instagram-diindonesia-

didominasi-wanita-dan-generasi-milenial, (11 Maret 2021).

Anonim, Instagram Users In Indonesia, NapoleonCat,

https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2021/01/, (3

November 202).

Feby, Maksimalkan Penggunaan Konten Instagram, OESMAN,

https://oesman.id/maksimalkan-penggunaan-konten-instagram/, (18 September

.

McGurk, S., What is Social Media Engagament and Why it Matters for your Business,

http://blog.fusionfarm.com/what-is-social-media-engagement-and-whyitmatters-

for-your-business, (10 Maret 2021).

Mulyono, H., Profil dan Biodata Dwi Handayani: Suami, Tanggal Lahir, Umur, Zigi.id,

https://hits.zigi.id/profil-dan-biodata-dwi-handayani-suami-tanggal-lahir-umur-

, (23 September 2021).

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles