Optimalisasi Sektor Pariwisata di Masa Pandemi Covid-19 menggunakan Animasi 3D

Debi Gusmaliza, Inda Anggraini, Angga Arizki

Abstract


Abstrak

Tahun 2020 dikenal sebagai tahun pandemi Coronavirus Disease atau Covid-19 yang telah menjangkiti banyak orang di berbagai belahan dunia. Dampak dari Covid-19 juga dirasakan oleh warga sekitar kota Pagar Alam terutama pada sektor pariwisata. Proses promosi yang biasa dilakukan dengan cara konvensional, yaitu melalui brosur dan dari mulut ke mulut, terhenti dengan adanya Covid-19. Hal ini menjadikan Kota Pagar Alam tidak dapat lagi melakukan berbagai aktifitas yang mendukung sektor pariwisata. Di tahun 2020 grafik angka jumlah pengunjung wisata di kota Pagar Alam cukup mengalami penurunan yang mengakibatkan berkurangnya pendapatan pengelola dari masing-masing wisata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan dan mengoptimalkan promosi agar pengunjung dari luar dapat melihat keindahan Kota Pagar Alam meskipun hanya dalam bentuk video animasi 3D. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Untuk mengukur tingkat keberhasilan animasi ini maka dilakukan uji alpha untuk menguji validitas produk kepada para Ahli Desain, Ahli Materi, Ahli Bahasa, dan Ahli Media. Hasil dari penelitian ini berupa video promosi animasi 3D dengan hasil validitas memiliki rata-rata nilai 3,8 valid yang berarti atau dikatakan program yang dihasilkan sudah lengkap dan di tampilan output program yang dihasilkan sudah memenuhi kebutuhan pemakai.

 

Kata Kunci: ADDIE, animasi 3D, Pagar Alam, promosi, wisata

 

Abstract

The year 2020 is one of the years that has so many unusual events like previous years, one of which is the Coronavirus Disease pandemic or better known as Covid-19 that has infected many people in various parts of the world. The purpose of this 3-dimensional animation promotional video is to increase innovation and creation in the delivery of information. Where the promotion of Pagar Alam city tourism is still there that uses conventional media such as brochures, stickers, pamphlets, and word of mouth that is still less effective to reach the younger generation and reach the wider community who like creative things. The author creates animated videos of travel promotions to multiply the creations of travel promotions and can reach other places. Data collection techniques using (Observation, Documentation, Interview, Literature Study). The system Development method used in this study using ADDIE. Where in ADDIE Development method there are 5 stages, namely, Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. To measure the success rate of this animation, an alpha test was conducted to test the validity of the product to Design experts, material experts, linguists, and media experts. The results of this study are three-dimensional animated promotional videos to make it more interesting. The result of the validity of the animated video created by the author has an average value of 3.8 valid which means that the resulting program is complete and the resulting program output has met the user's needs

Keywords: 3D animation, ADDIE, Pagar Alam City, promotion, tourism


Full Text:

PDF

References


Devy Dwi Fajri. (2020). Pelatihan Penerapan Protokol Kesehatan Karyawan Hotel di Masa Pelatihan Penerapan Protokol Kesehatan Karyawan Hotel di Masa Tatanan Normal Baru. Jurnal Jurnal Abdimas Pariwisata Abdimas Pariwisata Pelatihan, 1(2), 60–80.

Hanafri, M. I., Gustomi, L. F., & Susanti, H. (2018). Pengembangan Iklan Layanan Masyarakat Berbasis Animasi 2D Pada BPJS Ketenagakerjaan. Sisfotek Global, 8(1), 6.

Haris, F., & Hendrati, O. D. (2018). Pemanfaatan Augmented Reality untuk Pengenalan Landmark Pariwisata Kota Surakarta. Jurnal Teknoinfo, 12(1), 7.

Lies, U., Khadijah, S., Rukmana, E. N., Ningsih, A. S. R., Ariyan, P. M., Angelina, R. B., … Yuliani. (2020). Wisata Virtual Pada Perpustakaan Digital Selama Masa Pandemi Covid-19. Tornare - Journal of Sustainable Tourism Research, 2(3), 63–77.

Maulani, G., Sasongko, N. J., & Mulyana, A. (2016). Pengembangan Media Promosi Pariwisata Kota Tangerang Dalam Bentuk Video Digital Pada Dinas Porparekraf.

Putrawansyah, F. (2018). Operasi Windows Dan Software Pendukung Pada Mata Teknologi Pagar Alam, 09(02), 70–83.

Sandu Siyoto. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup). Seleman: Literasi Media Publishing.

Sasahang, N., Sambiran, S., & Kairupan, J. (2017). Optimalisasi Pengelolan Objek Pariwisata Pantai Baliranggeng Oleh Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Siau Tagulandang Biaro. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, 2, 2–9.

Setyani, A., Latifah, L., Martiyana, C., & Riyanto, S. (2017). ( ADDIE ) Untuk Pengembangan Media Edukasi Penanggulangan Gangguan Akibat Kekurangan Iodium ADDIE ( Analysis , Design , Development , Implementation , Evaluation ) Model for Media Development on Iodine Deficiency Disorders Prevention oleh Dinas Kesehatan. Media Gizi Mikro Indonesia, 8(2), 103–116.

Syafrizal, A., Erwadi, Y., & Enddika, Y. R. (2020). Pengenalan Objek Wisata Alam Di Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu Dengan Menggunakan Karakter 3D Adobe Premiere Dan Blender. Jurnal Pseudocode, VII(September), 134–142.




DOI: https://doi.org/10.33633/andharupa.v9i4.5082

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by:

 

 

 

Andharupa Journal (p-ISSN: 2477 - 2852 | e-ISSN: 2477 - 3913) is published by Dian Nuswantoro University, Semarang. This Journal is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.