Terapan Estetika Sunda pada Suvenir Angklung di Saung Angklung Udjo

Authors

  • Erline Anasthasia D Bandung Institute of Technology
  • Moh Eka Lesmana Magister Desain, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.33633/andharupa.v8i02.4520

Abstract

AbstrakEstetika Sunda merupakan nilai keindahan yang hadir pada latar budaya masyarakat Sunda. Unsur ini memegang peranan penting dan tidak dapat dilepaskan dalam berbagai aspek kebudayaan Sunda, termasuk di dalamnya perancangan dan penciptaan berbagai artefak kebudayaan Sunda. Penelitian ini ditujukan untuk mengungkap bagaimana peranan dan penerapan estetika Sunda pada produk suvenir Saung Angklung Udjo (SAU) saat ini. Hal ini karena suvenir menjadi bagian penting dalam sistem kepariwisataan yang juga erat dan seringkali menjadi benda yang merepresentasikan suatu tempat ataupun kebudayaan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis estetika Sundan dan tinjauan tentang suvenir. Hasil penelitian berupa kajian yang menjelaskan bagaimana peranan estetika Sunda pada bentuk, fungsi, nilai dan makna kebudayaan pada suvenir di Saung Angklung Udjo. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi referensi dalam merancang dan melihat bagaimana unsur kebudayaan dapat tetap dipertahankan dan diterapkan pada objek khususnya suvenir.   Kata Kunci: Estetika Sunda, Saung Angklung Udjo, Suvenir  AbstractSundanese aesthetics value is present in cultural background of the Sundanese people. Sundanese aesthetics plays an important role and cannot be separated in various aspects of Sundanese culture, including the design and creation of various Sundanese cultural artifacts. This study aims to reveal how the role and application of Sundanese aesthetics at this time in the souvenir products of Saung Angklung Udjo (SAU). Souvenirs are an important part of the tourism system which is also closely related and often becomes objects that represent a place or a culture, because of that reason souvenirs at Saung Angklung Udjo (SAU) are the right objects of research in revealing the role of Sundanese aesthetics at present time. The research method used is descriptive qualitative with the Sundanese aesthetic analysis approach and a review of souvenirs. The result of the research is a study that explains how the role of Sundanese aesthetics in the form, function, value and meaning of culture in souvenirs at Saung Angklung Udjo. The results of this research can later become a reference in designing and seeing how cultural elements can be maintained and applied to objects, especially souvenirs. Keyword:  Sundanese aesthetics, Saung Angklung Udjo, Souvenir 

References

Atmojo, Wahyu Tri. 2009. Seni Kerajinan Cenderamata Sebagai Seni Wisata Berbasis Seni Etnis Batak Guna Mendukung Kepariwisataan Di Sumatera Utara. Jurnal BAHAS, No 74TH XXXVI (2009).

Drajat, T. M. 2012. Kajian Kriya Berbahan Asal Bambu Tasikmalaya. Thesis Universitas Trisakti.

Hume, David. 2014. Tourism Art and Souvenirs: The material culture of tourism. Oxford: Routledge.

Jamaludin. 2011. Konsep Estetika Dalam Budaya Rupa Sunda Sebuah Kajian Awal. Disampaikan dalam International Seminar on Reforming and Transforming Sundanese Culture, Faculty of Letters Universitas Padjadjaran Jatinangor Bandung. Pada 9-10 Januari 2011.

Rusnandar, Nandang. 2015. Tradisi Mendirikan Imah Gede Dan Rumah Warga Di Kasepuhan Sinar Resmi Kabupaten Sukabumi. Jurnal Patanjala, vol.7 no.1 maret 2015: 97-112.

Sopandi A., Abdurahman R., Rusiana I., Suryana T, 1987. Peralatan Hiburan dan Kesenian Daerah Jawa. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah: Jakarta.

Sumardjo, Jacob. 2015. Sunda: pola rasionalitas budaya. Penerbit Kelir. Bandung.

Timothy, Dallen J. 2005. Shopping tourism, retailing, and leisure. Clevedon, UK: Channel View Publications.

Downloads

Published

2024-06-16

Issue

Section

Articles