Keterlibatan Ilustrasi dan Warna sebagai Stimulus Visual dalam Konsep ‘Interaksi Ruang Belajar’ pada Sekolah Dasar Kelas 1–3 Di Bali
DOI:
https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i2.4276Abstract
AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi adanya kebutuhan ruang belajar yang dapat berperan sebagai medium interaksi bagi anak usia Sekolah Dasar Kelas 1–3 di Bali. Adapun permasalahannya adalah kebutuhan sebuah konsep interaksi ruang belajar yang memberikan stimulasi visual dalam mendukung proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah menciptakan konsep interaksi ruang yang menghasilkan respon dari sebuah stimulus visual yang memiliki tahapan organisme (perhatian, pengertian, dan penerimaan) serta dapat mendukung capaian pembelajaran. Analisis kualitatif dengan metode prosedural dalam penelitian ini diawali dengan tahap pengumpulan data mengenai warna dan ilustrasi yang mampu memberikan efek rangsang visual bagi anak. Hasil analisis kemudian menjadi landasan berpikir dalam menciptakan sebuah konsep interaksi ruang belajar. Hasil penelitian menyatakan bahwa konsep interaksi ruang belajar harus memiliki nilai interaksi. Nilai tersebut dihasilkan melalui penerapan konsep interaksi ruang belajar yang bersifat tematik. Prinsip tematik mengacu pada upaya untuk meningkatkan motivasi serta menumbuhkan minat belajar anak dalam pencapaian tujuan pembelajarannya. Kata Kunci: anak sekolah dasar, Bali, interaksi, ruang tematik AbstractThis research was motivated by the need for a learning space that can act as an interaction medium for elementary school-aged children in grades 1-3 in Bali. The problem is the need for a concept of learning space interaction that provides visual stimulation in supporting the learning process. The research objective is to create a spatial interaction concept that produces a response from a visual stimulus that has an organism stage and can support learning outcomes. In this research, qualitative analysis with procedural methods began with collecting data about colors and illustrations that can provide visual stimulation effects for children. The results of the analysis became the basis of thinking in creating a concept of learning space interaction. The outcome of the research stated that the concept of learning space interaction must have interaction value. This value emerges through the application of the thematic learning space interaction concept. Thematic principles refer to efforts to increase motivation and foster children's interest in learning in achieving their learning goals. Keywords: Bali, interaction, primary school children, thematic spaceReferences
Ajhuri, K. F. (2019). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.
Atteng, R. E., Kumurur, V. A., & Wuisang, C. E. (2016). Produk Rancangan Urban Desain : Pendekatan Konsep “Marriage Old And New” Pada Perancangan Kawasan Wisata Religi Schwarz Di Langowan – Minahasa. Media Matrasain, 13(2), 15-29.
Bali, M. M. (2017). Model Interaksi Sosial dalam Mengelaborasi Keterampilan Sosial. Jurnal Pedagogik, 4(2), 211-227.
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai - Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Pendidikan Anak, 6 (2), 203 - 213.
Collins, H. (2010). Tacit and Explicit Knowledge. Chicago: The University of Chicago Press.
Evertson, C. M., & Emmer, E. T. (2015). Manajemen Kelas Untuk Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Fibrianie, E., & Cahyadi, D. (2017). Identification of Design and Development Needs for Preschool-aged Children’s Educational Bags. Panggung, 27 (4), 344 - 352.
Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2017). Kesesuaian Konteks Dan Ilustrasi Pada Buku Bergambar Untuk Mendidik Karakter Anak Usia Dini. Pendidikan Karakter, 7 (2), 158 - 169.
Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2018). Kesesuaian Konteks Dan Ilustrasi Pada Buku Bergambar Untuk Mendidik Karakter Anak Usia Dini. Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8 (1), 41 - 50.
Hanisha, F., Djalari, Y. A., & Hutama, K. (2018). Bahasa Visual, Gambar Anak dan Ilustrasi pada Buku Cergam Anak. Seni & Reka Rancang, 1(1), 63 - 82.
Hardianto, A. W. (2019). Analisis Stimulus-Organism-Response Model Pada "Dove Campaign For Real Beauty" 2004-2017. Jurnal Transaksi, 11(1), 65-79.
Julianto, I. N. (2019). Nilai Interaksi Visual dalam Perkembangan Medium Komunikasi pada Era Revolusi Industri 4.0. Senada. 2, pp. 26 -30. Denpasar: IDB Bali.
Kurniawan, D. (2018). Komunikasi Model Laswell dan Stimulus-Organism-Response dalam Mewujudkan Pembelajaran Menyenangkan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 60-68.
Latifa, U. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. Academica, 1(2), 185 - 195.
Massey, J. (2017). How to Illustrate a Children's Book. Retrieved Agustus 28, 2019, from Artist and Illustrator: https://www.artistsandillustrators.co.uk
Nurannisaa, S. (2017). Menghadapi Generasi Visual; Literasi Visual Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 48-59.
Pamungkas, A. S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Pada Materi Bilangan Bagi Mahasiswa Calon Guru SD. Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 228 - 240.
Prima, E. (2019). Perbedaan Biologis dalam Pembelajaran dan Dampak dari Gerakan Fisik pada Otak Anak. Yinyang, 14(2), 271-290.
Rosarian, A. W., & Dirgantoro, K. P. (2020). Upaya Guru Dalam Membangun Interaksi Siswa Melalui Metode Belajar Sambil Bermain. Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 146-163.
Sudarti, D. O. (2019). Kajian Teori Behavioristik Stimulus Dan Respon Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Tarbawi, 16(2), 55-72.
Sunarto. (2017). Estetika Dalam Konteks Pendidikan Seni. Jurnal Refleksi Edukatika, 7(2), 102 - 110.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103 - 114.
Woolfolk, A. (2017). Educational Psychology. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).