Desain Logo sebagai Identitas Visual Aplikasi Jelajah Kampus Virtual (Jejakatua) UPN Veteran Jawa Timur

Tri Lathif Mardi Suryanto, Nur Cahyo Wibowo, Masnuna Masnuna

Abstract


Abstrak

Jelajah Kampus Virtual (Jejakatua) adalah aplikasi virtual tour kampus UPN “Veteran” Jawa Timur (UPNVJ) yang hadir sebagai media digital untuk memberikan layanan kampus yang baik dan prima. Aplikasi Jejakatua bisa diakses di website UPN “Veteran” Jatim melalui koneksi internet di mana saja dan kapan saja sehingga perlu adanya identitas visual untuk mempromosikan aplikasi Jejakatua kepada masyarakat yang membutuhkannya. Melalui perancangan logo, aplikasi Jejakatua diharapkan bisa dikenal masyarakat dan berfungsi sebagai tanda jaminan kualitas, mencegah peniruan atau pembajakan. Penelitian ini menggunakan dua tahapan yaitu tahap persiapan dan tahap penciptaan. Tahap persiapan meliputi pengumpulan data, analisis 5w+1H, dan sintesis. Tahap penciptaan meliputi pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Logo aplikasi Jejakatua dirancang sesuai aspek pembuatan logo yang meliputi efektivitas, teknik, warna, dan regulasi. Sehingga dapat tercipta sesuai kaidah desain dan memiliki kebaruan dan desain kekinian yang berbeda dengan logo lainnya dan mampu mencitrakan dirinya sebagai aplikasi virtual tour di lingkungan UPNVJ. Logo diimplementasikan di aplikasi Jejakatua dan media promosi seperti stationary dan merchandise. Media promosi tersebut dipublikasikan di laman resmi www.upnjatim.ac.id dan Instagram.

 

Kata kunci:  aplikasi, jejakatua, logo, UPN, virtual tour

 

Abstract

Jejakatua is a virtual tour application for UPN "Veteran" East Java (UPNVJ) campus as digital media to provide excellent campus services. Jejakatua application can be accessed on the UPNVJ website through an internet connection, anywhere and anytime, so that there is a need for a visual identity to promote the Jejakatua application to the people who need it. By designing the logo of Jejakatua, it can be known to the public and serves as a sign of quality assurance, preventing imitation or piracy. This study uses two methods: The preparation phase includes data collection, analysis of 5w + 1H, and synthesis. The creation phase covers pre-production, production, and post-production. Jejakatua application logo is designed according to the aspects of making a logo which includes effectiveness, technique, color, and regulation so that it can be created according to design rules and has a novelty and contemporary design that is different from other logos and can image itself as a virtual tour application in the UPNVJ environment. The logo is implemented in the Jejakatua application and promotional media such as stationery and merchandise. Then the promotional media was published on the official pages of www.upnjatim.ac.id and instagram.

 

Keywords: application, jejakatua, logo, UPN, virtual tour


Full Text:

PDF

References


Agustin, S. M., & Putra, S. J. (2020). Perancangan Identitas Visual dan User Interface Aplikasi JUALOMBOK. JTIM : Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 2(1), 50–58.

Anwar, Muhammad Syaiful. (2018). “Rancang Bangun Aplikasi Jelajah Virtual Panorama Berbasis Web Pada Universitas Pgri Madiun.” Journal Of Computer And Information Technology Vol. 2, No:12–15.

Aprillia, Ariesya; Nonie Magdalena. (2018). “Pengukuran Kualitas Layanan dalam Bidang Pendidikan Tinggi.” Manajemen Maranatha 18:11–22.

Colasante, Meg. (2011). Nicola Building Virtual Tour; Considering Simulation in the Equity of Experience Concept.

Harsono. (2016). Perancangan Merchandise sebagai Media Promosi Tempat Wisata Kolam Renang Marina Semarang, 3.

Hendrayana, A. S. (2014). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Citra Serta Dampaknya Pada Loyalitas Mahasiswa.” Riset Manajemen 3(2).

Maymun, A. Z., & Swasty, W. (2018). Identitas Visual Dan Penerapannya Pada Signage Untuk Kawasan Wisata Edukasi. Serat Rupa Journal of Design, 2(1), 01.

Mfc. (2017). Inilah Berbagai Varian Logo Telkom University. studentstelkomuniversity.com. Retrieved 15 December 2020, from https://studentstelkomuniversity.com/inilah-berbagai-varian-logo-telkom-university/2/

Rustan, Surianto. (2013). Mendesain Logo. 4th ed. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Septiningtyas, A., & Soewardikoen, D. W. (2018). Perancangan Identitas Visual Dan Promosi Sasirangan Banjarbaru. Demandia:Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan.

Sugiyono. (2018). “Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D.” in ke-26.

UPN. (2018). “Sejarah UPN ‘Veteran’ Jawa Timur.” Sejarah.

UPT, TIK. (2018). “UPN ‘Veteran’ Jawa Timur.” UPN “Veteran” Jawa Timur.

Vancha, Tony. (2010). “Teori Logo Beserta Elemennya.” Jurnal Unikom 10:14.

Wahyuningsih, Sri. (2013). Desain Komunikasi Visual. 1st ed. Madura: UTM Press.

Yusantiar, Renta, & Didit Widiatmoko Soewardikoen. (2018). “Perancangan Identitas Visual Untuk Promosi Pariwisata Kabupaten Rembang.” ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia 4(02):207–20.

Zuhri, A.M., & Lidya, C. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Library Based Community (Studi Kasus Komunitas Perpustakaan Jalanan Solo @Koperjas). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 27.




DOI: https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i2.3838

Article Metrics

Abstract view : 621 times
PDF - 481 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by:

 

 

 

Andharupa Journal (p-ISSN: 2477 - 2852 | e-ISSN: 2477 - 3913) is published by Dian Nuswantoro University, Semarang. This Journal is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.