ANALISIS PENGGUNAAN TIPOGRAFI SPASIAL SANS SERIF DALAM RUANG PUBLIK TAMAN TEMATIK KOTA BANDUNG

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i01.3804

Abstract

AbstrakPenggunaan tipografi spasial tiga dimensi sebagai media informasi sudah lazim adanya, bahkan di kota Bandung pada setiap taman saat ini menggunakan pendekatan kreatif environmental tipografi. Ruang publik taman kota selain berperan sebagai paru-paru kota juga berperan sebagai ruang interaksi masyarakat, sangat baik untuk psikologis masyarakat dan memberikan sensasi modern. Taman kota yang ada di kota Bandung hampir sering dijumpai menggunakan pendekatan tipografi spasial Sans Serif seperti pada; Taman Tegal Lega, Taman Lansia, Taman Fotography, Taman Petpark, Taman Superhero, dan Taman lainnya. Objek tipografi sans serif tiga dimensi diamati secara deskriptif terhadap karakteristik huruf secara keterbacaan, legibility, keterlihatan dan kejelasannya dengan metode pencarian data melalui observasi objek tipografi pada display nama identitas taman. Permanfaatan tipografi sans serif pada ruang publik kota hanya bersifat fungsional sebagai penguat identitas semata tidak ditujukan sebagai penguat karakter kultural maupun simbolis. Kata kunci: ruang publik, sans serif, taman kota Bandung, tipografi spasial AbstractThe use of three-dimensional spatial typography as a medium of information was commonly used, even in the city of Bandung in every park using a creative approach to environmental typography. Apart from its role as city lungs, public space city parks also became a space for the community to interact, psychological healing in the city community, and providing a modern sensation. City parks in Bandung are often using the spatial typographic approach of Sans Serif as; Tegal Lega Park, Senior Park, Photography Park, Petpark Park, Superhero Park, and other Parks. Three-dimensional sans serif typographical objects are observed descriptively to the characteristics of letters in readability, legibilities, visibility, and clarity with data search methods through the observation of typography objects on the display of park identity names. The utilization of  Sans Serif typographic in public spaces is only functional as an identity and it's not intended as a cultural or symbolic character booster. Keywords: Bandung city park, public space, sans serif, spatial typography

References

de León, A. B., Saorin, J. L., de la Torre-Cantero, J., Meier, C., & Cabrera-Pardo, M. (2019). Flexible 3D printed molds for educational use. Digital fabrication of 3D tipografi. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 15(13), 4–16.

de Villiers, R. (2015). Consumer brand enmeshment: Tipografi and complexity modeling of consumer brand engagement and brand loyalty enactments. Journal of Business Research, 68(9), 1953–1963.

Fakhruddin, D., Sachari, A., & Haswanto, N. (2019). Pengembangan Desain Informasi dan Pembelajaran Aksara Jawa melalui Media Website. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 5(01), 1–23.

Fleischman, K. (2016). Lettering and Signage in the Urban Environment of North Queensland’s Capital: Tropical Flair or Univernacular? ETropic: Electronic Journal of Studies in the Tropics, 10, 83–95.

Freska Ilmiajayanti, D. I. K. D. (2015). Persepsi Pengguna Taman Tematik Kota Bandung Terhadap Aksesibilitas dan Pemanfaatannya. 1(1), 21–30.

Isnandar, A. R., & Wantoro, W. (2016). Analisis Tipografi pada Logotype Band Forgotten. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 2(02), 121–136.

Jaganath, Thejas. The Importance of Public Spaces. medium.com. https://medium.com/@thejas009/the-importance-of-public-spaces-5bb49ba6c000. Project for Public Space. 2018.

Khawaja, H. (2015). Public Spaces under Threat : Scenes from Amman (Vol. 33, Issue 0) [ÉCOLE POLYTECHNIQUE DE L’UNIVERSITE FRANÇOIS RABELAIS DE TOURS]. www.polytech-univ-tours.fr

Kilic, E. (2012). 2D Environmental/Spatial Tipografi Practice for Graphic Design Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 3063–3067.

Kim, S., & Choi, S. (2016). Automatic generation of 3D tipografi. SIGGRAPH 2016 - ACM SIGGRAPH 2016 Posters, 1–2.

Naufan Noordyanto. (2019). Fungsi Tanda Identitas Area Berwujud Tipografi Tiga Dimensi Di Daerah Istimewa Yogyakarta Jurnal. JURNAL TUGAS AKHIR, 4(1), 75–84.

Noordyanto, N. (2017). Studi Tipografi Kawasan Di Yogyakarta. DeKaVe, 9(1), 65–84.

Nursaiman, D. (2012). Relasi Enviromental Tipografi, Public Space Dan Gaya Hidup. Visualita, 4(1), 42–57.

Palm, K. (2018). Design and use of 3D tipografi for indoor Augmented Reality mobile applications.

Puentes-Rivera, Y. (2018). WHISPERS OF MEMORY, MURMURS OF HISTORY ACOUSTIC MONU-MEMORIALS IN PUBLIC SPACES. Bauhaus-Universität Weimar.

Puspitasari1, C. (2018). Taman Sebagai Ruang Bermain Di Dalam Kota : Perancangan “ Taman Maen .”

Ruki, U. A., & Nediari, A. (2014). PENERAPAN TIPOGRAFI DALAM SISTEM SIGNAGE PADA INTERIOR RUANG PUBLIK. 5(9), 822–832.

Rustan, Surianto (2011). Font & TIPOGRAFI. Ed 1, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Sagala, Anendawaty Roito and Prasetyo, Adityas and Syakur, Dwi Abdul and Amania, Nur Rahmah and Radnawati, Daisy and Syahadat, Ray March and Putra, P. T. (2017). Perencanaan Taman Kota sebagai Salah Satu Atribut Kota Hijau di Kecamatan Gedebage, Bandung. Vitruvian: Jurnal Arsitektur, Bangunan, & Lingkungan, 6(3), 85–90.

Wantoro, W., & Kasmana, K. (2017). Perancangan Font Tapych Berbasis Karakter Visual Motif Tapis Lampung. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 3(01), 81–91.

White Clouds. (2019). https://www.whiteclouds.com/large-letters/fineartamerica2020https://fineartamerica.com/featured/the-famous-giant-letters-of-amsterdam-georgi-djadjarov.html

Zhang, L. U. (2017). Wayfinding streetscapes.

Downloads

Published

2024-07-04