METODE DESAIN DARI BRAND MENJADI MASKOT BERDASARKAN ADAPTASI METODE ALINA WHEELER KE DALAM MODEL 5M

Authors

  • Erik Armayuda Universitas Trilogi
  • Reven Pragadeva Institut Teknologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.33633/andharupa.v6i02.3622

Abstract

AbstrakMaskot memiliki peran penting dalam sebuah pendekatan emosional dari sebuah instansi, atau lembaga baik komersil maupun non komersil. Sebagai keilmuan yang mengakomodasi kajian perancangan maskot, terutama dalam proses pembelajaran, belum ada panduan baku proses perancangan maskot secara metodologis. Untuk itu diperlukan sebuah acuan baku yang bisa digunakan dalam proses perancangan maskot yang sistematis dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Paper ini bertujuan untuk memberikan satu alternatif metode perancangan yang runtut yang diformulasikan dari metode komparasi teori brand, dan perancangan karakter. Mengingat konteks maskot dan keilmuan desain komunikasi visual memiliki irisan dengan keilmuan marketing, maka paper ini juga mengacu pada rujukan strategis dalam perancangan sebuah brand oleh Alina Wheeler. Dengan mengadaptasi metode mendesain brand tersebut, penulis menerjemahkan setiap tahapnya dan mengadaptasi istilah di dalamnya dan menariknya ke dalam konteks perancangan maskot dengan fokus pembahasan ke dalam perumusan strategi visual. Untuk memberikan gambaran yang spesifik, penelitian ini juga memberikan studi kasus yang menunjukan tahapan penerapan model. Dari proses adaptasi tersebut maka dirumuskanlah model 5M; 1) Merumuskan kata kunci, 2) Merumuskan brief persona maskot 3) Merumuskan brief bentuk dan siluet, 4) Merumuskan gestur, 5) Merumuskan pengemasan media.  Penulis berharap model 5M tersebut dapat dijadikan acuan dalam proses perancangan maskot khususnya dalam konteks pembelajaran desain.  Kata Kunci: 5M, Alina Wheeler, brand, maskot, metode AbstractThe mascot has a significant role in an emotional approach from both commercial and non-commercial institutions. There are no official standard guidelines in the design process. For this reason, a standard reference is needed that can be used in the process that is systematic and scientifically justified. This paper aims to provide a coherent alternative design method formulated by the comparative method of brand theory and character design. Mascot and visual communication design science have a slice with marketing science, therefor this paper also refers to the design of a brand by Alina Wheeler. By adapting the brand design method, the writer translates each stage and adapts the terms and draws it into the context of the design of the mascot with the focus of discussion into the formulation of visual strategies. This research also provides the design stages of applying the model. From the adaptation process a 5M model was formulated; 1) Formulate keywords, 2) Formulate the mascot persona brief 3) Formulate the shape and silhouette briefs, 4) Formulate gestures, 5) Formulate media packaging. The author hopes that the 5M model can be used as a reference in the mascot design process, especially in the context of design learning.  Keywords: brand transformation, design methods, mascot design

Author Biographies

Erik Armayuda, Universitas Trilogi

Lecturer at Visual Communicaton of Design, Trilogi University

Reven Pragadeva, Institut Teknologi Bandung

Magister student at ITB

References

Armayuda, E. (2016): Pendekatan Gaya Visual Topeng Malangan Sebagai Adaptasi Dalam Perancangan Karakter Virtual, Jurnal Desain, 3(3), 175-188.

Armayuda, E. Kurniawan, O., Lin, R. (2018). Book of proceedings of the 7th International Ergonomics Conference – Ergonomics 33-42, Zadar, Croatia

Armayuda, E., (2019). Journal of Arts and Humanitites. Vol.08, 57-74

Hsu, C. H, Lin, R.T., & Chiu W. K. (2004). Taiwanese aboriginal product design. International Innovation Design Symposium Thesis, 157-164.

Kochhar, D., & Singh, P.P., (2019). International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE), Vol7, 265-268

Komninos, A. (2020). Norman's Three Levels of Design. Retrieved July 20, 2020, from https://www.interaction-design.org/literature/article/norman-s-three-levels-of-design

Mohanty, S.S., (2014), IJCEM International Journal of Computational Engineering & Management, Vol. 17, 42-44

Norman, D. A. (2002). The design of everyday things. New York: Basic Books

Rustan, S., (2009). Mendesain Logo. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Roger, S. (2010). Level Up. United Kingdom, Chicester: Wiley.

Tubik Studio, (2019). The Power of Mascots in Branding and UI Design, [online] Available at: <https://uxplanet.org/the-power-of-mascots-in-branding-and-ui-design-5973d12be955> [Accessed 17 March 2020]

Wheeler, A. (2009), Designing Brand Identity, John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey

Yadav, P., (2017). A Study of Young Consumer’ Perception on Mascout Design Characteristic with Reference to Indian Food Brand. a thesis: Department of design Indian Institute of Technology Guwahati, Assam, India

Downloads

Published

2024-07-04