PERANCANGAN BUKU DESAIN KEMASAN ”BASIC OF PACKAGING”
DOI:
https://doi.org/10.33633/andharupa.v6i02.3390Abstract
AbstrakPerkembangan industri yang semakin pesat membuat para produsen produk mencoba mencari strategi yang tepat dalam menghadapi pesaingnya. Salah satu strategi yang tepat adalah dengan pemanfaatan desain kemasan, dimana desain kemasan merupakan bisnis kreatif yang berkaitan dengan bentuk, struktur, material, warna, dan elemen-elemen desain lainnya dengan informasi produk agar dapat dipasarkan. Hanya saja saat ini banyak kendala dalam pemanfaatannya, salah satunya adalah ketidaktahuan calon pengguna mengenai desain kemasan. Sehingga perlu adanya sebuah media informasi mengenai desain kemasan itu sendiri. Selain permasalahan yang disebutkan, perancangan sebuah buku kemasan memiliki peluang yang cukup baik. Hal ini terlihat dari pertumbuhan program studi Desain Komunikasi Visual di Indonesia yang cukup baik, sehingga mendorong adanya kebutuhan buku informasi kemasan untuk meningkatkan keilmuan dalam desain kemasan. Metode dalam penelitian perancangan ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang menggambarkan fakta secara sistematis sifat dari suatu objek, dengan desain penelitian tindakan peran serta (penelitian terapan) dengan partisipasi kontraktual. Prosedur penelitian dilakukan dengan mengumpulkan semua data obyek penelitian, yaitu sejarah dan pengenalan kemasan, prinsip kemasan, struktur, material dan dieline hingga studi kasus yang dibahas secara langsung. Hasil dari penelitian perancangan ini sebuah buku kemasan dengan judul “Basic of Packaging” berisikan muatan visual mengenai kemasan dengan menggunakan contoh studi kasus yang diangkat dari kemasan produk lokal.Kata Kunci: buku, desain kemasan, kemasan produk AbstractThe rapid growth of the industry leads the manufacturers to investigate the right strategy in dealing with competitors. One of the appropriate approaches is packaging design, which deals with the shape, structure, material, color. Thus, it also contains product information to be marketed. However, the ignorance of prospective users regarding the packaging design becomes one of the problems in its application. Therefore, the media information about the packaging design is needed. Aside from the problem has mentioned above, the book of the packaging design becomes a great opportunity. It can be seen from the growth of the Visual Communication Design study program in Indonesia, which encourages the need for a book of packaging design to improve science in that field. Hence, a descriptive qualitative method is applied, which systematically describes the facts of the nature of an object, and it is part of action research with contractual participation. The research procedure carried out by collecting all the data of research objects, namely the history and introduction of packaging, packaging principles, structure, material, Dieline, and case studies that discussed directly. The result of this research is a book of packaging that contains visual art with the title "Basic of Packaging" that uses a sample of case studies from local product packaging.Keywords: book, packaging design, product packagingReferences
Badan Pusat Statistik. (2018). Profil Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan, dan Toko Modern Tahun 2018. Jakarta.
DuPuis, S., & Silva, J. (2011). Package Design Workbook: The Art and Science of Successful Packaging. MA: Rockport Publishers.
Erlyana, Y. (2018a). Analisis Peranan Desain Kemasan Terhadap Brand Identity Dari Sebuah Produk Makanan Lokal Indonesia Dengan Studi Kasus: Produk Oleh-Oleh Khas Betawi “Mpo Romlah.” In National Conference of Creative Industry (pp. 1079–1097).
Erlyana, Y. (2018b). Perancangan Buku Informasi Tentang Jamu Sebagai Bentuk Pelestarian Warisan Budaya Indonesia. NARADA, Jurnal Desain Dan Seni, FDSK-UMB., 5(2), 99–110.
Erlyana, Y. (2019). Pengaruh Desain Kemasan Produk Lokal Terhadap Minat Beli Menggunakan Model VIEW: Studi Kasus Keripik Maicih. In Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA) (Vol. 2, pp. 302–308). Denpasar.
Indonesia, K. P. R. (2016, May). Kemasan Sebagai Daya Saing Produk. Warta Ekspor, 1–20. Retrieved from http://djpen.kemendag.go.id/app_frontend/admin/docs/publication/9781482466041.pdf
Julianti, S. (2014). The Art of Packaging; Mengenal Metode, Teknik, & Strategi Pengemasan Produk untuk Branding dan Hasil Maksimal (1st ed.). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Klimchuk, M. R., & Krasovec, S. A. (2012). Packaging Design: Successful Product Branding From Concept to Shelf (2nd ed.). New Jersey: Wiley.
Nirmala, I., Attamimi, A. N. R., & Alami, vivian E. (2018). Statistik Pendidikan Tinggi Tahun 2017. (F. Herdiyanto, Ed.) (1st ed., Vol. 1). Jakarta: Pusat Data dan Informasi IPTEK DIKTI.
Permadi, R. T., & Fauzi, M. (2011). Perancangan buku warisan budaya wayang kulit indonesia. Inosains, 6(2), 79–85. Retrieved from https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-3553-Tito-Permadi.pdf
Rizky Noor Alam. (2018). Optimisme E-commerce di 2018. Media Indonesia.
Silva, A. C., & Borges, M. M. (2016). Hybrid publishing design methods for technical books. The Electronic Library, 34(6), 915–926.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D) (22nd ed.). Bandung: Alfabeta.
Sumartono. (2017). Metodologi Penelitiana Kualitatif Seni Rupa dan Desain. Jakarta: Pusat Studi Reka Rancang Visual dan Lingkungan. Jakarta: FSRD Universitas Trisakti.
Szaky, T. (2018). The Future of Packaging: From Linear to Circular. Oakland: Berrett-Koehler Publishers.
Wahyudi, N., & Satriyono, S. (2017). Mantra Kemasan Juara. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).