PERANGKAP VISUAL IKLAN POP UP DI SMARTPHONE

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33633/andharupa.v6i02.3357

Abstract

AbstrakKehidupan masyarakat perkotaan seperti tidak terpisahkan dengan penggunaaan smartphone. Perangkat ini memfasilitasi penggunaan berbagai perangkat lunak yang sekarang lebih akrab disebut aplikasi yang berperan memudahkan berbagai urusan mulai dari pemesanan tiket, paket wisata, toko online, hantaran makanan , dan perawatan teknis telepon seperti pembersih file dan antivirus. Aplikasi ini dapat diunduh dari penyedia seperti app gallery atau playstore, baik secara gratis maupun berbayar. Aplikasi yang gratis ketika digunakan tiba-tiba muncul iklan dan pengguna sering terjebak menekan tombol beli, mainkan game atau install, padahal tidak menyukai iklan ini. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana cara iklan pop up menjebak pengguna secara visual dan respon  pengguna terhadap fenomena ini. Menggunakan metode penelitian visual dengan instrumen observasi visual terhadap sampel, wawancara kepada ahli dan kuesioner kepada pengguna. Dari hasil trianggulasi data didapatkan hasil bahwa iklan pop up yang lebih mementingkan exposure dan sebaran cenderung menjebak pengguna smartphone, padahal pengguna tidak ingin membeli produk yang diiklankanKata kunci : aplikasi, iklan pop up, smartphone AbstractThe life of urban society is inseparable from the use of smartphones. This device facilitates the use of various software that are now more familiarly called applications. The applications that play a role in abridging the numerous matters ranging from ticket reservations, tour packages, online shops, food delivery, and telephone technical maintenance such as file cleaners and antivirus. This application can be download from providers such as gallery apps or play store, both free and paid. Applications that are free when used suddenly appear ads and users are often stuck pressing the buy button, play the game, or install, even though they do not like this ad. This research is to find out how to pop up ads visually trap users and user responses to this phenomenon. This research used visual research methods with visual observation instruments on samples, interviews with experts, and questionnaires to users. From the results of the triangulation of data, the results show that pop upads that are more concerned with exposure and distribution tend to trap smartphone users, even though users do not want to buy the advertised product.Keywords: application, pop up ads, smartphone

References

Altstiel, T., Grow, J., & Jennings, M. (2020). Advertising creative : Strategy, Copy, Design (4th ed.). SAGE Publications.

Ammarie, R. H., & Nurfebiaraning, S. (2019). Pengaruh Iklan Pop upBukalapak Versi Pahlawan Pada Youtube Terhadap Sikap Khalayak. Jurnal Manajemen Komunikasi, 2(2), 78.

Ayu Saraswati. (2014). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN IKLAN POP UPDIHINDARI. Universitas Diponegoro, Semarang.

Joseph, J. LaViola. 2011. 3D User Interface. New York: Addison-Wesley Proffesional.

Levinson, D., & Schlatter, T. (2013). Visual usability : principles and practices for designing digital applications. Morgan Kaufmann imprint of Elsevier.

Rose, G., 2001. Visual Methodologies, An Introduction to the Interpretation of Visual Materials, London : Sage Publications.

Satzinger, J.W., Jackson, R.B., & Burd, S.D. 2012. System Analysis and Design in A Changing World. Boston: Course Technology.

Slamet, H., Rachma, N., & Hufron, M. (2018). Pengaruh iklan Pop upYoutube dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli dengan Kesadaran Merek sebagai Variabel Intervening. E-Jurnal Riset Manajemen, 82–94.

Soewardikoen, D. W. 2015. Visualisasi Iklan Indonesia Era 1950-1957. Edisi 2. Yogyakarta: Calpulis.

Soewardikoen, D. W. (2019). Metodologi Penelitian Visual dari Seminar ke Tugas Akhir. In Yogyakarta : PT. Kanisius. PT Kanisius.

Soewardikoen, D. W., & Tohir, M. (2019). Soewardikoen, D.W., Tohir M., 2019, Iklan Pop up di Telpon Pintar, Bandung : Laporan Penelitian Dasar dan Terapan Batch 2 tahun 2019, PPM Universitas Telkom.

van Leeuwen, T., & Kress, G. 2006. Reading Images: The Grammar of Visual Design. London: Routledge.

Yusantiar, R., & Soewardikoen, D. W. (2018). Perancangan Identitas Visual untuk Promosi Pariwisata Kabupaten Rembang. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 4(02), 207–220.

Downloads

Published

2024-07-04