Logo dan Signage sebagai Identitas Visual (Studi Kasus: Stadion Gelora Bandung Lautan Api)

Authors

  • Federico Doriana Pratama Desain Komunikasi Visual, Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom
  • Wirania Swasty Desain Komunikasi Visual, Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.33633/andharupa.v4i02.1598

Abstract

AbstrakStadion Gelora Bandung Lautan Api sebagai kasus studi merupakan stadion terbesar di Kota Bandung yang dirancang berstandar internasional dan diklaim menjadi stadion termegah se-Indonesia. Stadion yang mampu menampung 72.000 orang ini adalah salah satu potensi yang luar biasa bagi Bandung. Menjadi stadion terbesar di Jawa Barat, signage memiliki peranan penting agar memudahkan pengunjung untuk menuju ke lokasi yang akan dituju dengan cepat dan tepat. Beberapa area pada Stadion Bandung Lautan Api belum memiliki signage yang informatif, selain itu desain signage juga belum menunjukan konsistensi dan ciri khas dari stadion. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Adapun analisis data menggunakan matriks perbandingan. Hasil akhir berupa perancangan signage Stadion Gelora Bandung Lautan Api yang informatif dan menunjukkan identitas bangunan stadion maupun identitas Kota Bandung. Perancangan ini diharapkan dapat membantu pengunjung Stadion Gelora Bandung Lautan Api menemukan informasi atau arah sehingga mudah menuju tempat yang mereka inginkan dengan cepat dan tepat selama berada di dalam dan luar stadion. Kata Kunci: identitas visual, signage, Stadion Gelora Bandung Lautan Api AbstractGelora Bandung Lautan Api Stadium as a case study is the largest stadium in Bandung designed internationally and claimed to be the grandest stadium in Indonesia. The stadium that can accommodate 72,000 people is one of the tremendous potential for Bandung. Being the largest stadium in West Java, signage has an important role to facilitate visitors to get to the location to be addressed quickly and precisely. Some areas at Gelora Bandung Lautan Api Stadium have no informative signage, moreover the signage design has not shown the consistency and characteristic of the stadium. The data collection used are observation, interview, questionnaire and literature study. The data analysis used comparison matrix. The result of the design of signage Gelora Bandung Lautan Api Stadium that informative and show the identity of the building and Bandung identity. This design is expected to help visitors to find information or directions easyly to get to where they want quickly and precisely while inside and outside the stadium. Keywords: visual identity, signage, Gelora Bandung Lautan Api Stadium

References

Calori, C., 2007. Signage and Wayfinding Design: A Complete Guide to Creating Environmental Graphic Design Systems. California: John Wiley & Sons, Inc.

Gibson, D., 2009. The Wayfinding Handbook: Information Design for Public Places. New York: Princeton Architectural Press.

Kusrianto, A., 2009. Pengantar Desain Komunikasi Visual. s.l.:Andi.

Opik. (2017, 6 April). Wawancara pribadi

Rahmat, A. (2017, 15 Maret). Wawancara pribadi

Riduwan, 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Alfabeta: Bandung

Rustan, S., 2009. Mendesain Logo. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Whitbeard, D., 2009. The Design Manual. s.l.:University of New South Wales Press.

Waskito, E. (2017, 10 Maret). Wawancara pribadi

Downloads

Published

2024-07-04