Perancangan Komik 360 sebagai Media Informasi tentang Pelecehan Seksual Cat Calling
DOI:
https://doi.org/10.33633/andharupa.v4i01.1544Abstract
AbstrakPerancangan komik 360 sebagai media informasi tentang pelecehan seksual “cat calling†bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang isu pelecehan seksual secara verbal berupa cat calling serta bertujuan untuk meningkatkan kepekaan masyarakat tentang kejadian yang dihadapi oleh perempuan di jalanan serta tempat umum berkaitan dengan isu ini. Adapun yang menjadi latar belakang tulisan ini adalah karena tingginya tingkat pelecehan seksual secara verbal yang dialami oleh perempuan, sehingga dibutuhkan sebuah media informasi yang dapat memberi informasi dan gambaran tentang isu ini sehingga kesadaran masyarakat dapat meningkat. Komik 360 pada penelitian ini menggabungkan teknologi virtual reality dengan format video 360 dan gaya gambar komik, sehingga dapat menjadi media informasi yang menarik untuk menyajikan realitas yang dihadapi oleh perempuan dalam kesehariannya menggunakan fasilitas umum. Perancangan ini diharapkan dapat meningkatkan kepekaan masyarakat berkaitan dengan isu ini sehingga di masa depan perempuan dapat merasa lebih aman dan terhindar dari pelecehan seksual cat calling di jalan maupun fasilitas umum. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hasil perancangan dapat dijadikan sebagai salah satu media informasi tentang pelecehan seksual cat calling. Kata Kunci: cat calling, komik 360, seksual  AbstractThe aims of 360 Comic as a medium of information for cat calling sexual harassment are to convey information to the public about verbal sexual abuse issue and increasing public sensitivity about the incidents that happens to women in streets and public places. The background of this study is due to the high level of verbal sexual abuse that is experienced by women. There should be a media that can provide information about this issue to increase public awareness. 360 Comic in this research combined 360 virtual reality video format and comic images style. This research can be an interesting media to present the reality that women faced in their daily activities at public facilities. This research is expected to increase the public awareness and women safety in street and public space. Result of the research shows that the comic 360 is able to become an information media about cat calling. Keywords: cat calling, 360 comic, sexualReferences
Adyatama, E. 2017. Women's March Jakarta Mengusung 8 Tuntutan untuk Pemerintah. (Update 4 Maret 2017) URL: https://tempo.co/read/news/2017/03/04/173852617/womens-march-jakarta-mengusung-8-tuntutan-untuk-pemerintah [Diakes pada 15 Maret 2017]
Dailymail.co.uk. 2015. Aspiring actress who was paid to star in 'Walking in NYC as a Woman' cat-calling video files $500K lawsuit against the director for 'violating her civil rights'. (Update 15 Juli 2015) URL: http://www.dailymail.co.uk/news/article-3161795/Aspiring-actress-paid-star-Walking-NYC-Woman-cat-calling-video-files-500K-lawsuit-against-director-violating-civil-rights.html [Diakses pada 15 Maret 2017]
Etherington, D. 2015. Facebook to Support Spherical Video in News Feed and Oculus. (Update 25 Maret 2015) URL: https://techcrunch.com/2015/03/25/facebook-to-support-spherical-video-in-news-feed-and-oculus/ [Diakses pada 15 Desember 2016]
Johana, M. & Widiyanti, A. 2007. Komik Sebagai Media Pengajaran Bahasa yang Komunikatif Bagi Siswa SMP. Lembaran Ilmu Pendidikan Vol. 36 No. 1 hal. 28-34.
Kapriani, D. R. & Lubis, D. P. 2014. Efektivitas Media Sosial untuk Gerakan Sosial Pelestarian Lingkungan. Jurnal Sosiologi Pedesaan, Vol. 2 No. 3 hal. 160-170.
Komnas Perempuan. 2009. Perempuan dalam Jeratan Impunitas: Pelanggaran dan Penanganan, Dokumentasi Pelanggaran HAM Perempuan Selama Konflik Bersenjata di Poso 1998-2005. Jakarta: Komnas Perempuan.
Laksono, A. 2004. Comic Strips: Media Kritik Sosial. Jurnal Sastra dan Bahasa, Vol 2 No. 2 hal. 183-193.
McCloud, S. 2001. Understanding Comics (Memahami Komik). Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
Offerman, L. R. & Malamut, A. B. 2002. When Leaders Harash: The Impact of Target Perception of Organization Leadership and Climate in Harassment Reporting and Outcomes. Journal of Applied Psychology, 87(5) pp. 885-893.
Qubicle.id. 2016. Revolusi KOMIK 360 di AngkRingan Malioboro!. (Update Agustus 2016) URL: https://qubicle.id/story/revolusi-komik-360-di-angkringan-malioboro [Diakses pada 15 Desember 2016]
Saputro, G. E., Haryadi, T., & Yanuarsari, D. H. 2016. Perancangan Purwarupa Komik Interaktif Safety Riding Berkonsep Digital Storytelling. ANDHARUPA, 2(2), 195–206.
Wattie, A. M. 2002. Kekerasan terhadap Perempuan di Ruang Publik: Fakta, Penanganan dan Rekomendasi. Yogyakarta: Pusat Studi Kebijakan dan Kependudukan & Ford Foundation.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).