Perancangan Buku Jurnal Pembelajaran 'Bermain Dengan Serioeus' : Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Metodologi Desain

Authors

  • Siti Nurannisaa P. B Fakulas Seni Rupa dan Desain, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Tarumanagara Jl. S. Parman No. 1 Jakarta Barat 11440 Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33633/andharupa.v3i02.1327

Abstract

Abstrak Media pembelajaran merupakan salah satu faktor dalam mendukung keberhasilan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam proses desain, khususnya pada jurusan Desain Komunikasi Visual. Jurnal Pembelajaran digunakan sebagai media pembelajaran, penelitian ini dilakukan berdasarkan studi kasus di Mata Kuliah Desain Metodologi. Jurnal digunakan sebagai media dalam kegiatan dikelas, aktivitas instruksional dirancang berupa jurnal pembelajaran bernama 'Bermain Dengan Serioeus'. Jurnal pembelajaran adalah kumpulan catatan, pengamatan, pengalaman dan bahan lainnya yang relevan dan terkait selama periode waktu proses pembelajaran. Pembelajaran melalui refleksi pengalaman, mengembangkan kompetensi siswa dalam memahami proses desain. Penelitian ini merupakan pengembangan research and development (R&D model) yang bertujuan menghasilkan produk berupa prototipe desain media pembelajaran Jurnal Pembelajaran. Data diambil dari hasil observasi  dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Jurnal pembelajaran memiliki potensi yang baik untuk meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dengan materi pelajaran, mendorong dan memberdayakan siswa untuk membangun pembelajaran mereka sendiri dan lebih reflektif dalam studi. Dengan media ini diharapkan siswa lebih mudah memahami bagaimana melihat pengalamannya sendiri dalam proses desain. Kata Kunci: jurnal, pembelajaran, desain, proses, kreatifAbstractLearning media is one factor in supporting the success in the learning process. This research aims to develop instructional tools in the design process, especially on the Visual Communication Design majors. Learning Journal used as a medium in the learning process, this research is based on case studies in Design Methodology course. Journals are used as a medium in class activities; instructional activity is designed as a learning journal called ‘Bermain Dengan Serioeus’. Learning Journal is a collection of notes, observations, experiences and other relevant materials and associated during the period of the learning process. Learning through reflection experience, develop student competencies in understanding the process of design and creative thinking. This research is a research and development (R & D model) which aims to produce a prototype design of instructional Learning Journal media. The main data captured from the results of observations and analyzed descriptively qualitative. Learning journal has a good potential to increase student interest and involvement with the subject, encourage and empower students to build their own learning and more reflective in the study. This medium is expected students more easily understand how to look at their own experience in the design process.Keywords: journal, learning, design, process, creative

References

Ambrose, G. & Harris, P., 2010. Design Thinking. London: AVA Publishing.

Ausubel, D. P., 1960. The Use of Advance Organizers in the Learning and Retention of Meaningful Verbal Material. Journal of Educational Psychology, Vol 51(5),pp. 267-272.

Lawson, B., 1980. Bagaimana Cara Berpikir Desainer (How Designers Think). Yogyakarta & Bandung : Jalansutra.

Lew, D. N. M. & Schmidt, H. G., 2011. Writing to learn: can reflection journals be used to promote self-reflection and learning?. Higher Education Research & Development, 30:4, pp.519-532, DOI: 10.1080/07294360.2010.512627.

Moon, J. A., 2006. Learning Journals. New York : Routledge.

Park, C., 2003. Engaging Students in the Learning Process: the learning journal. Journal of Geography in Higher Education, Vol.27.No.2, pp.183–199, DOI: 10.1080/0309826032000107496.

Sadiman, A., 2009. Media Pendidikan, Pengertian, Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Warsita, B., 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2024-07-04