Pengaruh Fungsi, Ukuran, dan Bentuk Jendela Kemasan serta Model Lipatan Kemasan terhadap Perilaku Pembelian

Authors

  • Hardman Budiarjo Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
  • Darwin Yuwono Riyanto Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
  • Ixsora Gupita Cinantya Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33633/andharupa.v3i01.1314

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilakukan untuk memperoleh temuan tentang pentingnya fungsi, ukuran, dan bentuk  jendela kemasan, serta model lipatan kemasan dalam mempengaruhi perilaku pembelian. Obyek penelitian yang digunakan adalah kemasan J.Pops baby dan kemasan Holland Bakery. Pemilihan obyek penelitian ini karena representatif terhadap desain kemasan yang merupakan inti dalam keilmuan desain produk kemasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui survey. Sedangkan teknik analisisnya menggunakan teknik analisis data Regresi Linear. Responden yang menjadi rujukan, berdomisili di Sidoarjo dan Surabaya dengan jumlah 106 konsumen. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa fungsi jendela kemasan memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian. Sedangkan ukuran jendela kemasan, bentuk jendela kemasan, dan model lipatan kemasan tidak memiliki pengaruh terhadap perilaku pembelian. Temuan ini memberikan masukan kepada desainer yang bergerak di bidang kreatif kemasan untuk lebih memfokuskan pada fungsi jendela kemasan dari pada bentuk dan ukuran jendela kemasan, serta bentuk lipatan kemasan.  Kata Kunci: Jendela kemasan, Model lipatan, Perilaku pembelian AbstractThis research was conducted to identify the importance of the function, size, and shape of the picture window and Packaging Folding Model that influencing buying behavior. Object of this research are J.Pops packaging and baby Holland Bakery packaging. This research uses a quantitative approach to data collection through surveys and data analysis using linear regression techniques. This research was conducted by 106 consumers domiciled in Sidoarjo and Surabaya. This research proves that only the window function packaging that has a positive and significant influence to the buying behavior. While the size of the packaging window, window shapes packaging and packaging folds models do not have an influence to the purchasing behavior. It advise designer who engaged in the field of creative packaging to focus more on function rather than shape and size of the windows packaging packaging folded models.  Keywords: Window Packaging, Folding Model, Buying behavior

Author Biographies

Hardman Budiarjo, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya

Dosen Desain Grafis dan Kepala Bagian Laboratorium, Fakultas Teknologi dan Informatika

Darwin Yuwono Riyanto, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya

Dosen Desain Grafis, Fakultas Teknologi dan Informatika

Ixsora Gupita Cinantya, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya

Dosen Desain Grafis, Fakultas Teknologi dan Informatika

References

Budiardjo, Hardman. 2016. The Impact of Packaging Design to Purchase Behavior through Brand Trust. International Journal of Business and Management Invention, Vol. 5-Issue 1-Version-1.

Priscilla Christy & J, Ellyawaty. 2015. Pengaruh Desain Kemasan (Packaging) Pada Impulsive Buying. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta Jalan Babarsari No. 43 – 44, Yogyakarta

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A. & Berry, L.L. 1988. SERVQUAL: A multi-ıtem scale for measuring consumer perceptions of service quality. Joumal of Retailing, Vol. 64, pp. 13-40.

Zehir, Cemal; Sahin, Azize; Kitapci, Hakan and Ozsahin, Mehtap. 2011. The Effects Of Brand Communication And Service Quality In Building Brand Loyalty Through Brand Trust. The Empirical Research On Global Brands , The 7th International Strategic Management Conference. Paris-France.

Hooley, G.I., Greenley, G.E., Cadogan, J.W. and Fahy, J. 2005. The Performance Impact Of Marketing Resources. Journal of Business Research, Vol. 58 No. 1, pp. 18-27.

Julianti, Sri. 2014. The Art Of Packaging: Mengenal Metode, Teknik, dan Strategi Pengemasan Produk untuk Branding dengan Hasil Maksimal. Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Husein Umar. 2007.Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi Kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Downloads

Published

2024-07-04