PERANCANGAN VISUAL BRANDING DESA WISATA SITALANG DALAM MEMBENTUK IDENTITAS DESTINASI BERBASIS EKOWISATA
DOI:
https://doi.org/10.33633/andharupa.v10i03.11372Keywords:
agrowisata, ekowisata, Iden?tas, Sitalang,visual brandingAbstract
Pada masa kini sebuah desa berlomba-lomba untuk menunjukkan ja? dirinya sebagai desa wisata. Berkunjung ke wisata alam seper? di desa yang dikemas sedemikian rupa menjadi tren masa kini dengan menjual nilai keindahan alam tak tergan?kan. Wisata agro Sitalang adalah sebuah kawasan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Karena berada disepanjang hamparan sawah yang sangat indah. Se?ap akhir pekan akan menjadi magnet baru yang banyak dikunjungi banyak kalangan dari anak-anak,dewasa hingga orang tua. Keunikan dan keindahan alam yang natural ini, menarik untuk di-branding dan dipromosikan pada masyarakat luas dalam berbagai platform media, termasuk media visual dan online. Peneli?an ini dilakukan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada pada iden?tas agrowisata Sitalang melalui visual branding. Visual branding ini mencakup perancangan logo dan juga beberapa media pendukung seper? billboard, seragam, maskot, merchandise, dan juga x-banner. Pada dasarnya perancangan ini bertujuan untuk menciptakan citra berupa iden?tas visual dikarenakan saat ini agrowisata Sitalang belum memiliki citra yang hendak disampaikan kepada audiens. Perancangan visual branding agrowisata Sitalang ini menggunakan pendekatan kualita?f sebagai metode pengumpulan datanya. Data diperoleh peneli? dengan melakukan observasi, wawancara, dan focus group discussion,dokumentasi . Untuk acuan perancangan logo menggunakan pendekatan teori dari David E. Carter, yang menyebutkan bahwasanya logo itu harus merepresentasikan perusahaannya. Setelah itu logo diaplikasikan pada beberapa media pendukung serta penambahan iden?tas berupa maskot untuk memperkuat citra agrowisata Sitalang.References
A, Shimp, Terence. 2003. Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: :Erlangga
A. A. Said. 2019. “Mendesain Logo.” 6.
“ADWI 2022.” 2022. htps://setkab.go.id/menparekraf-50-desa-wisata-terbaik-simbol-kebangkitan-ekonomi-indonesia/.
Alfiansyah, Alfiansyah, Hendra A, and Erna Muliana. 2022. “Fenomena Pedagang Liar Di Kota Lhokseumawe.” Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK) 1: 220–28.
Carter, David. E. 2005. Logo Redesigned: How 200 Companies Successfully Changed Their Image. New York: Harper Collins.
Creswell, John W. dan Creswell, J. David. 2018. Research Design Qualitative, Quantitative and Mix Methode Aproaches. California: SAGE Publica?ons.
Creswell, J. W. 2016. Research Design, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitaif, Dan Campuran. 4th Ed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Dani Arifudin, Ria Indriyani, Imamul Ihsan, Deuis Nur Astrida. 2023. “Peningkatan Brand Awareness Melalui Kegiatan Pela?han Visual Branding Sebagai Implementasi P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Tema Kewirausahaan.” BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4(3): 2049–58. htps://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/ar?cle/view/5891.
Disastra, Dwiky, and Dian Novita. 2022. “PENGARUH CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK (Studi Pada Pengguna Sepeda Motor Di Bandar Lampung).” SMART: Strategy of Management and Accounting through Research and Technology 2(1): 55–66. htp://jim.teknokrat.ac.id/index.php/smart/issue/archive.
“Ecotourism Is The Solu?on To Overtourism.” 2019. htps://ecotourism.org/.
Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Narimastiti, Fatonah. 2020. “Pengaruh agrowisata D’Kandang Amazing Farm.” : 117. htps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/50104.
Nasution. 2009. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
Nofiarli. 2018. “The Development of Ecotourism Model at Natural Atractions of Tete Batu Village in East Lombok. Sumatra.” Journal of Disaster, Geography and Geography Education 2(1): 184-190.
Rustan, Surianto. 2013. Mendesain Logo. Jakarta.: PT Gramedia Pustaka Utama.
Triyono, Agus. 2021. Metode Penelitian Komunikasi. 1st ed. Yogyakarta: Pustaka Bintang Madani. htps://scholar.google.co.id/cita?ons?view_op=view_cita?on&hl=id&user=H-rH3FgAAAAJ&authuser=1&cita?on_for_view=H-rH3FgAAAAJ:CHSYGLWDkRkC.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).