PERANCANGAN VISUAL BRANDING DESA WISATA SITALANG DALAM MEMBENTUK IDENTITAS DESTINASI BERBASIS EKOWISATA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33633/andharupa.v10i03.11372

Keywords:

agrowisata, ekowisata, Iden?tas, Sitalang,visual branding

Abstract

Pada masa kini sebuah desa berlomba-lomba untuk menunjukkan ja? dirinya sebagai desa wisata. Berkunjung ke wisata alam seper? di desa yang dikemas sedemikian rupa menjadi tren masa kini dengan menjual nilai keindahan alam tak tergan?kan. Wisata agro Sitalang adalah sebuah kawasan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Karena berada disepanjang hamparan sawah yang sangat indah. Se?ap akhir pekan akan menjadi magnet baru yang banyak dikunjungi banyak kalangan dari anak-anak,dewasa hingga orang tua. Keunikan dan keindahan alam yang natural ini, menarik untuk di-branding dan dipromosikan pada masyarakat luas dalam berbagai platform media, termasuk media visual dan online. Peneli?an ini dilakukan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada pada iden?tas agrowisata Sitalang melalui visual branding. Visual branding ini mencakup perancangan logo dan juga beberapa media pendukung seper? billboard, seragam, maskot, merchandise, dan juga x-banner. Pada dasarnya perancangan ini bertujuan untuk menciptakan citra berupa iden?tas visual dikarenakan saat ini agrowisata Sitalang belum memiliki citra yang hendak disampaikan kepada audiens. Perancangan visual branding agrowisata Sitalang ini menggunakan pendekatan kualita?f sebagai metode pengumpulan datanya. Data diperoleh peneli? dengan melakukan observasi, wawancara, dan focus group discussion,dokumentasi . Untuk acuan perancangan logo menggunakan pendekatan teori dari David E. Carter, yang menyebutkan bahwasanya logo itu harus merepresentasikan perusahaannya. Setelah itu logo diaplikasikan pada beberapa media pendukung serta penambahan iden?tas berupa maskot untuk memperkuat citra agrowisata Sitalang.

Author Biography

Agus - Triyono, Dian Nuswantoro University

.

References

A, Shimp, Terence. 2003. Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: :Erlangga

A. A. Said. 2019. “Mendesain Logo.” 6.

“ADWI 2022.” 2022. htps://setkab.go.id/menparekraf-50-desa-wisata-terbaik-simbol-kebangkitan-ekonomi-indonesia/.

Alfiansyah, Alfiansyah, Hendra A, and Erna Muliana. 2022. “Fenomena Pedagang Liar Di Kota Lhokseumawe.” Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK) 1: 220–28.

Carter, David. E. 2005. Logo Redesigned: How 200 Companies Successfully Changed Their Image. New York: Harper Collins.

Creswell, John W. dan Creswell, J. David. 2018. Research Design Qualitative, Quantitative and Mix Methode Aproaches. California: SAGE Publica?ons.

Creswell, J. W. 2016. Research Design, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitaif, Dan Campuran. 4th Ed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Dani Arifudin, Ria Indriyani, Imamul Ihsan, Deuis Nur Astrida. 2023. “Peningkatan Brand Awareness Melalui Kegiatan Pela?han Visual Branding Sebagai Implementasi P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Tema Kewirausahaan.” BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4(3): 2049–58. htps://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/ar?cle/view/5891.

Disastra, Dwiky, and Dian Novita. 2022. “PENGARUH CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK (Studi Pada Pengguna Sepeda Motor Di Bandar Lampung).” SMART: Strategy of Management and Accounting through Research and Technology 2(1): 55–66. htp://jim.teknokrat.ac.id/index.php/smart/issue/archive.

“Ecotourism Is The Solu?on To Overtourism.” 2019. htps://ecotourism.org/.

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Narimastiti, Fatonah. 2020. “Pengaruh agrowisata D’Kandang Amazing Farm.” : 117. htps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/50104.

Nasution. 2009. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.

Nofiarli. 2018. “The Development of Ecotourism Model at Natural Atractions of Tete Batu Village in East Lombok. Sumatra.” Journal of Disaster, Geography and Geography Education 2(1): 184-190.

Rustan, Surianto. 2013. Mendesain Logo. Jakarta.: PT Gramedia Pustaka Utama.

Triyono, Agus. 2021. Metode Penelitian Komunikasi. 1st ed. Yogyakarta: Pustaka Bintang Madani. htps://scholar.google.co.id/cita?ons?view_op=view_cita?on&hl=id&user=H-rH3FgAAAAJ&authuser=1&cita?on_for_view=H-rH3FgAAAAJ:CHSYGLWDkRkC.

Downloads

Published

2024-10-31