DESAIN USER INTERFACE WEBSITE RESMI KWKC (KAMPUNG WISATA KREATIF CIGADUNG, BANDUNG) MENGGUNAKAN METODE UCD (USER CENTERED DESIGN)
DOI:
https://doi.org/10.33633/andharupa.v10i02.10471Abstract
Industri kreatif menjadi salah satu pilar utama pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya Kota Bandung. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Bandung menghadirkan Kampung Wisata Kreatif sebagai upaya pengembangan pariwisata dengan konsep Community Based Tourism (CBT), salah satunya adalah KWKC (Kampung Wisata Kreatif Cigadung). KWKC merupakan kawasan wisata kreatif dan seni budaya dengan konsep CBT yang berlokasi di kelurahan Cigadung, Bandung. KWKC telah memiliki website resmi, tetapi berdasarkan hasil survei, website KWKC memiliki kekurangan pada tiga aspek desain user interface, yaitu tema website yang kurang menarik, tampilan informasi yang kurang informatif, dan fitur yang belum memenuhi kebutuhan pengguna. Pada penelitian ini dilakukan perancangan ulang user interface website KWKC dengan menggunakan metode user-centered design (UCD). Berdasarkan hasil perancangan user interface baru dan survei akhir kepada pengguna, didapati bahwa perancangan ulang yang dilakukan pada aspek redesain tema website, tampilan informasi yang lebih baik, dan penambahan fitur baru, didapati bahwa 96% responden menyetujui bahwa visual desain baru secara keseluruhan lebih menarik dibanding dengan desain sebelumnya, 93% responden menyetujui bahwa desain baru lebih menarik dan informatif dibandingkan dengan desain sebelumnya.References
Aurelya, S., Hotiah, S., Aminah, S., Nofiani, D., Manajemen, J., Ekonomi, F., Bisnis, D., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Timur, J. (2022). STRATEGI PROMOSI MENGGUNAKAN SOSIAL MEDIA UNTUK MENGOPTIMALKAN BRANDING DESA WISATA. In Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2, Issue 2). https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/karya_jpm/index
Adhanisa, C., Anna Fatchiya, dan, & Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, D. (2017). EFEKTIVITAS WEBSITE DAN INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI KAWASAN WISATA BERBASIS MASYARAKAT The Effectiveness of The Website And Instagram as a Means of Promotion in Community Based Tourism Area. 1(4), 451–466. http://ejournal.skpm.ipb.ac.id/index.php/jskpm/article/view/119http://ejournal.skpm.ipb.ac.id/index.php/jskpm
David, J., & Rosanto, S. (2023). ANALISA PENERAPAN COMMUNITY BASED TOURISM PADA DESA WISATA: KAMPUNG WISATA KREATIF CIGADUNG, JAWA BARAT. JURNAL FUSION, 3(08). https://doi.org/10.54543/fusion.v3i05.348
Paneru, B., Paneru, B., Poudyal, R., & Shah, K. B. (2024). Exploring the Nexus of User Interface (UI) and User Experience (UX) in the Context of Emerging Trends and Customer Experience, Human Computer Interaction, Applications of Artificial Intelligence. International Journal of Informatics, Information System and Computer Engineering, 5(1), 102–113.
Ridho, A. L., Dwi, D., Suwawi, J., & Riskiana, R. R. (2023). Redesigning the User Interface of a University Laboratory Website Using the User-Centered Design Approach. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika Dan Komputer, 4(1), 378–387. https://doi.org/10.30865/klik.v4i1.1172
Rosyid, M. H., & Ramadhani, R. A. (2023). MEMBANGUN INDUSTRI KREATIF BERKELANJUTAN: TANTANGAN DAN PELUANG DI ERA MODERN. Robbani: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Ekonomi Islam, 2(1). https://jurnal.fossei.org/
Saputra, F., Khaira, N., & Saputra, R. (2023). Pengaruh User Interface dan Variasi Produk terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Literature). JKIS, 1(1). https://doi.org/10.38035/jkis.v1i1
Tobing, G. B. R. L., Adinata, P. V., Pranatasari, F. D., & Kristia, K. (2023). The Impact of Sales Promotion, User Interface and User Experience Design on Shopee App Users’ Repurchase Intentions. International Journal of Engineering and Management Sciences, 8(3), 90–104. https://doi.org/10.21791/ijems.2023.027
Wijaya, A. D., Saeroji, A., Prasetyo, J. S., & Agfianto, T. (2020). STRATEGI PEMASARAN BERBASIS WEBSITE DI KAMPUNG WISATA BALUWARTI SURAKARTA. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1043–1048.
Data Indonesia. (2023, July 12). Pengguna smartphone Indonesia terbesar keempat dunia pada 2022. Retrieved January 7, 2024, from https://dataindonesia.id/telekomunikasi/detail/pengguna-smartphone-indonesia-terbesar-keempat-dunia-pada-2022
Hendriyani, I. G. A. D. (2023). Siaran Pers: Menparekraf: “ICREFS 2023” Jadi Pemacu Ekonomi Kreatif Indonesia. https://www.kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-menparekraf-icrefs-2023-jadi-pemacu-ekonomi-kreatif-indonesia
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. 2021 . Industri Kreatif dan Digital: Kembangkan Potensi, Gerakkan Ekonomi, dan Ciptakan Lapangan Kerja. [Online] (Updated 09 Mar 2021) URL : https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/2449/industri-kreatif-dan-digital-kembangkan-potensi-gerakkan-ekonomi-dan-ciptakan-lapangan-kerja) [Diakses pada 23 Maret 2024]
Wirdayanti, A., Asri, A., Anggono, B. D., Hartoyo, D. R., Indarti, E., Gautama, H., S, H. E., Harefa, K., Minsia, M., Rumayar, M., Indrijatiningrum, M., Susanti, T., & Ariani, V. (2021). Pedoman Desa Wisata. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia. https://www.ciptadesa.com/2021/06/pedoman-desa-wisata.html
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).