DESAIN USER INTERFACE WEBSITE RESMI KWKC (KAMPUNG WISATA KREATIF CIGADUNG, BANDUNG) MENGGUNAKAN METODE UCD (USER CENTERED DESIGN)

Authors

  • Zuhreini Amanda Telkom University
  • Moh. Isa Pramana Koesoemadinata Telkom University
  • Joko Rurianto
  • Bimahadi Ilmawan Ronggowarsito
  • Fatwa Amin Rais

DOI:

https://doi.org/10.33633/andharupa.v10i02.10471

Abstract

Industri kreatif menjadi salah satu pilar utama pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya Kota Bandung. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Bandung menghadirkan Kampung Wisata Kreatif sebagai upaya pengembangan pariwisata dengan konsep Community Based Tourism (CBT), salah satunya adalah KWKC (Kampung Wisata Kreatif Cigadung). KWKC merupakan kawasan wisata kreatif dan seni budaya dengan konsep CBT yang berlokasi di kelurahan Cigadung, Bandung. KWKC telah memiliki website resmi, tetapi berdasarkan hasil survei, website KWKC memiliki kekurangan pada tiga aspek desain user interface, yaitu tema website yang kurang menarik, tampilan informasi yang kurang informatif, dan fitur yang belum memenuhi kebutuhan pengguna. Pada penelitian ini dilakukan perancangan ulang user interface website KWKC dengan menggunakan metode user-centered design (UCD). Berdasarkan hasil perancangan user interface baru dan survei akhir kepada pengguna, didapati bahwa perancangan ulang yang dilakukan pada aspek redesain tema website, tampilan informasi yang lebih baik, dan penambahan fitur baru, didapati bahwa 96% responden menyetujui bahwa visual desain baru secara keseluruhan lebih menarik dibanding dengan desain sebelumnya, 93% responden menyetujui bahwa desain baru lebih menarik dan informatif dibandingkan dengan desain sebelumnya.

References

Aurelya, S., Hotiah, S., Aminah, S., Nofiani, D., Manajemen, J., Ekonomi, F., Bisnis, D., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Timur, J. (2022). STRATEGI PROMOSI MENGGUNAKAN SOSIAL MEDIA UNTUK MENGOPTIMALKAN BRANDING DESA WISATA. In Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2, Issue 2). https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/karya_jpm/index

Adhanisa, C., Anna Fatchiya, dan, & Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, D. (2017). EFEKTIVITAS WEBSITE DAN INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI KAWASAN WISATA BERBASIS MASYARAKAT The Effectiveness of The Website And Instagram as a Means of Promotion in Community Based Tourism Area. 1(4), 451–466. http://ejournal.skpm.ipb.ac.id/index.php/jskpm/article/view/119http://ejournal.skpm.ipb.ac.id/index.php/jskpm

David, J., & Rosanto, S. (2023). ANALISA PENERAPAN COMMUNITY BASED TOURISM PADA DESA WISATA: KAMPUNG WISATA KREATIF CIGADUNG, JAWA BARAT. JURNAL FUSION, 3(08). https://doi.org/10.54543/fusion.v3i05.348

Paneru, B., Paneru, B., Poudyal, R., & Shah, K. B. (2024). Exploring the Nexus of User Interface (UI) and User Experience (UX) in the Context of Emerging Trends and Customer Experience, Human Computer Interaction, Applications of Artificial Intelligence. International Journal of Informatics, Information System and Computer Engineering, 5(1), 102–113.

Ridho, A. L., Dwi, D., Suwawi, J., & Riskiana, R. R. (2023). Redesigning the User Interface of a University Laboratory Website Using the User-Centered Design Approach. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika Dan Komputer, 4(1), 378–387. https://doi.org/10.30865/klik.v4i1.1172

Rosyid, M. H., & Ramadhani, R. A. (2023). MEMBANGUN INDUSTRI KREATIF BERKELANJUTAN: TANTANGAN DAN PELUANG DI ERA MODERN. Robbani: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Ekonomi Islam, 2(1). https://jurnal.fossei.org/

Saputra, F., Khaira, N., & Saputra, R. (2023). Pengaruh User Interface dan Variasi Produk terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Literature). JKIS, 1(1). https://doi.org/10.38035/jkis.v1i1

Tobing, G. B. R. L., Adinata, P. V., Pranatasari, F. D., & Kristia, K. (2023). The Impact of Sales Promotion, User Interface and User Experience Design on Shopee App Users’ Repurchase Intentions. International Journal of Engineering and Management Sciences, 8(3), 90–104. https://doi.org/10.21791/ijems.2023.027

Wijaya, A. D., Saeroji, A., Prasetyo, J. S., & Agfianto, T. (2020). STRATEGI PEMASARAN BERBASIS WEBSITE DI KAMPUNG WISATA BALUWARTI SURAKARTA. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1043–1048.

Data Indonesia. (2023, July 12). Pengguna smartphone Indonesia terbesar keempat dunia pada 2022. Retrieved January 7, 2024, from https://dataindonesia.id/telekomunikasi/detail/pengguna-smartphone-indonesia-terbesar-keempat-dunia-pada-2022

Hendriyani, I. G. A. D. (2023). Siaran Pers: Menparekraf: “ICREFS 2023” Jadi Pemacu Ekonomi Kreatif Indonesia. https://www.kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-menparekraf-icrefs-2023-jadi-pemacu-ekonomi-kreatif-indonesia

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. 2021 . Industri Kreatif dan Digital: Kembangkan Potensi, Gerakkan Ekonomi, dan Ciptakan Lapangan Kerja. [Online] (Updated 09 Mar 2021) URL : https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/2449/industri-kreatif-dan-digital-kembangkan-potensi-gerakkan-ekonomi-dan-ciptakan-lapangan-kerja) [Diakses pada 23 Maret 2024]

Wirdayanti, A., Asri, A., Anggono, B. D., Hartoyo, D. R., Indarti, E., Gautama, H., S, H. E., Harefa, K., Minsia, M., Rumayar, M., Indrijatiningrum, M., Susanti, T., & Ariani, V. (2021). Pedoman Desa Wisata. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia. https://www.ciptadesa.com/2021/06/pedoman-desa-wisata.html

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles