PERANCANGAN REDESAIN USER INTERFACE WEBSITE KAMPUNG WISATA KREATIF CIGADUNG BANDUNG MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN

Authors

  • Zuhreini Amanda Telkom University
  • Moh. Isa Pramana Koesoemadinata Telkom University
  • Joko Rurianto
  • Bimahadi Ilmawan Ronggowarsito
  • Fatwa Amin Rais

DOI:

https://doi.org/10.33633/andharupa.v10i02.10471

Keywords:

community based tourism, metode UCD, web design, UI UX

Abstract

Abstrak Industri kreatif menjadi salah satu pilar utama pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya di Kota Bandung. Oleh karena itu, Kampung Wisata Kreatif telah dihadirkan oleh Pemerintah Kota Bandung sebagai upaya pengembangan pariwisata dengan konsep Community Based Tourism (CBT), salah satunya adalah KWKC (Kampung Wisata Kreatif Cigadung). KWKC merupakan kawasan wisata kreatif dan seni budaya dengan konsep CBT yang berlokasi di Kelurahan Cigadung, Bandung. Meskipun KWKC telah memiliki website resmi, hasil survei menunjukkan bahwa website tersebut masih memiliki kekurangan pada tiga aspek desain user interface, yaitu tema website yang kurang menarik, tampilan informasi yang kurang informatif, serta fitur yang belum memenuhi kebutuhan pengguna. Maka dari itu, perancangan ulang user interface website KWKC dilakukan dengan menggunakan metode user-centered design (UCD) agar manfaat website dapat lebih optimal. Aspek yang diperbaiki meliputi redesain tema website, tampilan informasi yang lebih baik, dan penambahan fitur baru. Berdasarkan hasil perancangan ulang user interface dan survei akhir kepada pengguna, 96% responden menyetujui bahwa desain visual yang baru secara keseluruhan lebih menarik, serta 93% responden menyetujui bahwa desain baru lebih menarik dan informatif dibandingkan desain sebelumnya.   Kata Kunci: community based tourism, metode UCD, web design, UI UX   Abstract The creative industry is one of the main pillars of Indonesia's economic growth, especially in the city of Bandung. Therefore, the Bandung City Government has introduced the Creative Tourism Village as an effort to develop tourism with the Community Based Tourism (CBT) concept, one of which is KWKC (Cigadung Creative Tourism Village). KWKC is a creative and cultural tourism area with a CBT concept located in Cigadung Village, Bandung. Even though KWKC has an official website, survey results show that the website still has shortcomings in three aspects of user interface design: a less attractive website theme, less informative information displays, and features that do not meet user needs. Therefore, the user interface of the KWKC website was redesigned using the user-centered design (UCD) method to optimize the website's benefits. The improvements included a redesign of the website theme, a better display of information, and the addition of new features. Based on the results of the user interface redesign and a final user survey, 96% of respondents agreed that the new visual design was overall more attractive, and 93% of respondents agreed that the improved design was more informative and engaging than the previous design.   Keywords:  community based tourism, UCD method, web design, UI UX

References

Adhanisa, C., & Fatchiya, A. (2017). The Effectiveness of The Website And Instagram as a Means of Promotion in Community Based Tourism Area. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 1(4), 451–466.

Aurelya, S., Hotiah, S., Aminah, S., Nofiani, D., Manajemen, J., Ekonomi, F., Bisnis, D., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Timur, J. (2022). Strategi Promosi Menggunakan Sosial Media Untuk Mengoptimalkan Branding Desa Wisata. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 112–117.

Dataindonesia.id. 2023. Pengguna smartphone Indonesia terbesar keempat dunia pada 2022. [Online] URL: https://dataindonesia.id/telekomunikasi/detail/pengguna-smartphone-indonesia-terbesar-keempat-dunia-pada-2022

[Diakses pada 7 Januari 2024]

David, J., & Rosanto, S. (2023). Analisa Penerapan Community Based Tourism Pada Desa Wisata: Kampung Wisata Kreatif Cigadung, Jawa Barat. Jurnal Fusion, 3(08), 810–823.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. 2023. Siaran Pers: Menparekraf: “ICREFS 2023” Jadi Pemacu Ekonomi Kreatif Indonesia. [Online] (Updated 6 Maret 2023) URL: https://www.kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-menparekraf-icrefs-2023-jadi-pemacu-ekonomi-kreatif-indonesia

[Diakses 7 januari 2024]

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. 2021 . Industri Kreatif dan Digital: Kembangkan Potensi, Gerakkan Ekonomi, dan Ciptakan Lapangan Kerja. [Online] (Updated 09 Mar 2021)

URL : https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/2449/industri-kreatif-dan-digital-kembangkan-potensi-gerakkan-ekonomi-dan-ciptakan-lapangan-kerja)

[Diakses pada 23 Maret 2024]

Paneru, B., Paneru, B., Poudyal, R., & Shah, K. B. (2024). Exploring the Nexus of User Interface (UI) and User Experience (UX) in the Context of Emerging Trends and Customer Experience, Human Computer Interaction, Applications of Artificial Intelligence. International Journal of Informatics, Information System and Computer Engineering, 5(1), 102–113.

Ridho, A. L., Dwi, D., Suwawi, J., & Riskiana, R. R. (2023). Redesigning the User Interface of a University Laboratory Website Using the User-Centered Design Approach. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika Dan Komputer, 4(1), 378–387.

Rosyid, M. H., & Ramadhani, R. A. (2023). Membangun Industri Kreatif Berkelanjutan: Tantangan Dan Peluang Di Era Modern. Robbani: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Ekonomi Islam, 2(1), 53–67.

Rurianto, J., & Ramantoko, G. (2017). The Influence Of Display Advertising Campaign Towards Intention To Buy From Telkomsel Subcribers (Study in Display Advertising Campaign Pt. Telkomsel 2017). The 5th International Seminar and Conference on Learning Organization (ISCLO) , 235–243.

Saputra, F., Khaira, N., & Saputra, R. (2023). Pengaruh User Interface dan Variasi Produk terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Literature). JKIS, 1(1).

Swasty, W., Putri, M. K., Koesoemadinata, M. I. P., & Gunawan, A. N. S. (2021). The effect of packaging color scheme on perceptions, product preferences, product trial, and purchase intention. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 23(1), 27-39.

Tobing, G. B. R. L., Adinata, P. V., Pranatasari, F. D., & Kristia, K. (2023). The Impact of Sales Promotion, User Interface and User Experience Design on Shopee App Users’ Repurchase Intentions. International Journal of Engineering and Management Sciences, 8(3), 90–104.

Wijaya, A. D., Saeroji, A., Prasetyo, J. S., & Agfianto, T. (2020). Strategi Pemasaran Berbasis Website Di Kampung Wisata Baluwarti Surakarta. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1043–1048.

Wirdayanti, A., Asri, A., Anggono, B. D., Hartoyo, D. R., Indarti, E., Gautama, H., S, H. E., Harefa, K., Minsia, M., Rumayar, M., Indrijatiningrum, M., Susanti, T., & Ariani, V. (2021). Pedoman Desa Wisata. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles