IDENTIFIKASI E-GOVERNMENT CHANNEL UNTUK RURAL AREA DI PALEMBANG

Darius Antoni, Albima Albima, Edi Supratman

Abstract


Perkembangan teknologi saat ini telah memberikan kemudahan dan kecepatan dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat. E-government adalah suatu bentuk penerapan penggunaan layanan teknologi informasi yang berbasis elektronik dan meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien. Gandus adalah salah satu Kecamatan di kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia, yang terletak di pinggiran kota dengan jarak tempuh dari Gandus ke pusat kota dapat mencapai 18 km serta akses jalan dan infrastruktur yang kurang baik menyulitkan masyarakat Gandus dalam melakukan dalam pengurusan administrasi pemerintahan. Hal ini menyebabkan banyaknya masyarakat di Kecamatan Gadus belum dapat merasakan dampak dari penerapan layanan pemerintah Kota Palembang.  Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis kebutuhan bentuk-bentuk layanan publik berbasis e-government bagi masyarakat kecamatan Gandus. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk mendapatkan gambaran kondisi saat ini dengan cara melakukan interview ke beberapa masyakarat dan tokoh masyarakat di Kecamatan Gandus.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat tiga jenis channel e-government prototype yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat yaitu, Website, Mobile dan Kiosk.  

 


Full Text:

PDF

References


D. Antoni, A. Pratiwijoani, M. I. Herdiansyah, and M. Akbar, "Information Technology Governance Profile in E-Government of Palembang," in 2018 Third International Conference on Informatics and Computing (ICIC), 2018, pp. 1-6.

L. Trisnawati, "Lihat Foto-foto Kerusakan Jalan di Kecamatan Gandus Makin Parah di Musim Hujan," in Tribunsumsel.com ed. Palembang, 2019.

R. Purboyo, "Jalan ke Objek Wisata Alquran Al Akbar Palembang Rusak Parah," in Bisnis.com, ed. Palembang, 2019.

B. Furuholt and Ø. Sæbø, "The role telecentres play in providing eâ€government services in rural areas: A longitudinal study of Internet access and eâ€government services in Tanzania," The Electronic Journal of Information Systems in Developing Countries, vol. 84, p. e12006, 2018.

J. W. Creswell, Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: SAGE Publications, 2009.

N. M. Ochara and T. Mawela, "Enabling social sustainability of e-participation through mobile technology," Information Technology for Development, vol. 21, pp. 205-228, 2015.

S. Chun, S. Shulman, R. Sandoval, and E. Hovy, "Government 2.0: Making connections between citizens, data and government," Information Polity, vol. 15, pp. 1-9, 2010.

D. Antoni, M. I. Herdiansyah, and M. Akbar, "Critical factors of transparency and trust for evaluating e-government services for the poor," in 2017 Second International Conference on Informatics and Computing (ICIC), 2017, pp. 1-6.


Article Metrics

Abstract view : 310 times
PDF - 435 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNASTIK 2019 diselenggarakan oleh : 

 Â