IDENTIFIKASI PENULARAN DIARE MENGGUNKAN METODE WEIGHTED PRODUCT (Studi Kasus : Desa Sumberagung Pringsewu)

Sri Ipnuwati, Trisnawati Trisnawati, Siti Mukodimah, Dian Kusmawati

Abstract


Penyakit diare masih masalah kesehatan masyarakat diindonesia karena angka kesakitan dan kematian yang ditimbulkan tergolong tinggi. Berdsarkan hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas, 2007). Berdasarkan Badan Pusat Statistik Pringsewu, kecamatan pringsewu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Pringsewu, provinsi Lampung, Indonesia dengan luas wilayah 625 Km2 dan penduk sebanyak 386,891 jiwa (2016). Kabupaten Pringsewu  pringsewu terdiri dari 9 kecamatan, 5 kelurahan dan 126 pekon. Penelitian ini dilakukan di desa sumberagung untuk menentukan wilayah potensi  diare di desa Sumberagung pringsewu menggunakan metode weighted product. Metode Weighted Product dipilih karena mampu  menyeleksialternatif terbaik dari sejumlah alternatif yang ada. Fungsi dari metode ini yaitu menentukan nilai bobot untuk setiap alternatif dan kriteria-kriteria penilaian yang telah ditentukan. Terdapat enam kriteria yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber air utama , Pengelolaan tempat sampah, jenis toilet/ pembuangan tinja, SPAL, sanitasi, kebiasaan mencuci tangan , Selain criteria juga digunakan nilai bobot kriteria untuk menentukan alternatif yang berpotensi terjangkit penyebaran diare dan dari perhitungan alternatif didapat  nilai terendah  yang terdapat pada V1,V2,V3,V8,V4 merupakan wilayah dengan nilai 5 alternatif terendah yang terdapat di wilayah sumberagung, dengan demikian Alternatif tersebut merupakan alternatif wilayah dengan potensi diare tertinggi di wilayah Sumberagung Pringsewu.


Full Text:

PDF

References


W. Wicaksono, J. Statistika, F. Sains, D. A. N. Matematika, and U. Diponegoro, “Pemodelan Multivariate Adaptive Regression Splines ( Mars ) Pada Faktor-Faktor Resiko Pemodelan Multivariate Adaptive Regression Splines ( Mars ) Pada Faktor-Faktor Resiko,†2014.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, “Diare,†p. 4204, 2018.

B. Hardhana et al., “Data Kasus Penderita Diare,†2017.

D. Mining and K. Clustering, “Penerapan Algoritma K-Means Clustering Untuk Pengelompokkan Penyebaran Diare Di Kabupaten Langkat,†pp. 108–119.

F. Dini, R. Machmud, and R. Rasyid, “Artikel Penelitian Hubungan Faktor Lingkungan dengan Kejadian Diare Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Kambang Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2013,†vol. 4, no. 2, pp. 453–461, 2013.

Arsyad,Muhamad. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Seleksi Calon Ketua Badan Eksektif Mahasiswa (BEM) STMIK Banjar Baru Dengan Metode Weighted Product (WP). Jurnal Bianglala Informatika. Vol. 4. No. 1. Hal 1- 9.

-----------------------. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Seleksi Calon Ketua Badan Eksektif Mahasiswa (BEM) STMIK Banjar Baru Dengan Metode Weighted Product (WP). Jurnal Bianglala Informatika. Vol. 4. No. 1. Hal 1- 9.

Khairina,Dyna Marisa, Dio Ivando, Septya Maharani. 2016. Implementasi Metode Weighted Product Untuk Aplikasi Pemilihan Smartphone Androit. Jurnal Infotel. Vol. 8. No. 1. Hal 16 – 23.

---------------------. 2016. Implementasi Metode Weighted Product Untuk Aplikasi Pemilihan Smartphone Androit. Jurnal Infotel. Vol. 8. No. 1. Hal 16 – 23.

https://pringsewukab.bps.go.id/

Diakses Pada Rabu, 15 November 2017 Pukul 10.00 WIB.

Fitriani (2015). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jenis Rambut Manusia Dengan Menerapkan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Pelita Informatika Budi Darma,No. IX,vol. 3.

Syafitri, Nur Arifah, Sutardi, Anita Puspita Dewi. 2016. Penerapan Metode Weighted Product Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Berbasis Web. Jurnal SemanTIK. Vol. 2. No. 1. Hal 169 – 176.

Marsono, Dkk. 2016. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pemasaran Rumah Berdasarkan Analisa Pelanggan Dengan Metode Weighted Product (WP) (Studi Kasus Perumahan Graha Pengabdian). Jurnal Ilmiah Saintikom. Vol. 15. No. 2. Hal 109 – 119.

Kusumadewi, Sri, Dkk. 2013. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta:Graha Ilmu.


Article Metrics

Abstract view : 437 times
PDF - 505 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNASTIK 2019 diselenggarakan oleh : 

 Â